9 Manfaat Labu Siam Rebus untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ada banyak sekali jenis labu yang bisa anda jumpai di pasar tradisional hingga minimarket berbeda dengan manfaat baby pink, labu sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan menu makanan tradisional. Jenis- jenis labu tersebut di antara labu kuning, labu putih, labu Halloween, dan masih banyak lagi. Namun ada salah satu jenis labu yang sangat menarik perhatian banyak orang dilihat dari bentuk dan kegunaannya. Berbeda dengan jenis labu lainnya, labu yang satu ini sangat populer dikalangan masyarakat, harganya yang ekonomis dan merakyat merupakan salah satu daya tariknya di pasaran. Tak heran banyak orang yang ingin membeli ataupun menjualnya di pasar.

Labu siam merupakan jenis labu yang hampir bisa di temui di berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya dikenal dengan nama labu siam saja. Ada beberapa nama yang berbeda untuk setiap daerah di Indonesia berbeda jika anda melihat manfaat daun cakar ayam, mulai dari gondes hingga manisah. Bentuknya memang tidak menyerupai labu namun labu siam biasanya dikelompokkan dalam jenis sayuran di pasar. Perbedaan yang mencolok dari labu siam dibandingkan dengan cenis labu lainnya yaitu bentuk dan warnanya. Labu siam memiliki bentuk cenderung lonjong namun membulat dibagian ujungnya sedangkan warna kulit buah cenderung berwarna hijau tua saat muda dan akan menjadi hijau muda saat siap panen.

Biasanya labu siam dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan masakan berbumbu seperti sayur bening ataupun sayur pedas. Tentunya hal ini berbeda dengan jenis labu pada umumnya yang sering dijadikan sebagai olahan makanan dengan cita rasa manis. Berbeda dengan jenis labu lainnya, labu siam memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga rasanya lebih segar dengan tekstur yang renyah walaupun rasanya agak hambar. Selain dijadikan sebagai masakan, adapun cara alternatif untuk mengkonsumsi labu siam, caranya sangat mudah dan sederhana yaitu dengan merebusnya begitu saja. Labu siam rebus tidak hanya praktis tetapi juga menyehatkan, hal ini terkait dengan kandungan nutrisi yang ada pada labu siam rebus.

Kandungan Nutrisi Labu Siam Rebus

  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Vitamin A, B6, B12, C dan D

Banyaknya kandungan nutrisi pada labu siam rebus tentunya membuat bahan makanan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Ada berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari labu siam rebus berbeda dengan manfaat daun cengkeh , berikut kami sampaikan penjelasannya.

Manfaat Labu Siam Rebus

  1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi dapat anda atasi dan anda cegah dengan mengkonsumsi labu siam rebus setiap pagi dan malam.

  1. Menurunnkan Kolesterol

Bagi anda yang memiliki masalah sulitnya menurunkan kadar kolesterol berbeda dengan manfaat daun cabe, anda bisa mengkonsumsi labu siam rebus sebelum dan sesudah makan setiap harinya.

  1. Membantu Sistem Metabolisme Tubuh

Dengan kandungan nutrisi pada labu siam rebus, tentunya sangat baik untuk membantu sistem metabolisme tubuh anda agar lebih lancar dan cepat.


  1. Membakar Lemak

Bagi anda yang sedang diet sehat, sangat baik mengkonsumsi labu siam rebus karena akan membantu proses pembakaran lemak tubuh lebih cepat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dengan kemampuannya yang dapat membantu anda membakar lemak lebih cepat, otomatis berat badan anda juga akan menurun drastic.

  1. Mencegah Kanker

Labu siam rebus juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas, sehingga dengan mengkonsumsi labu siam rebus juga mampu mencegah penyakit kanker.

  1. Mengencangkan Kulit

Sebagian besar  orang terutama wanita pasti ingin memiliki kulit kencang dan terhindar dari kerutan di wajah berbeda dengan manfaat daun cecendet, untuk itu anda bisa mengkonsumsi labu siam rebus setiap pagi dan siang.

  1. Menghaluskan Kulit

Bagi anda yang memiliki kulit kasar karena sering melakukan banyak sekali aktivitas, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi labu siam rebus, hal ini karena labu siam memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dapat membuat kulit jadi lebih halus dan kenyal.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya mampu menghaluskan kulit saja, labu siam memiliki banyaksekali kandungan nutrisi yang dapat menutrisi kulit anda untuk membuat proses regenerasi sel lebih cepat sehingga anda akan terlihat awet muda.

Itulah berbagai manfaat dari labu siam rebus yang dapat kami sampaikan, masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya secara rutin. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran