16 Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Segala Penyakit dan Kulit

Manfaat Daun Gempur BatuTanaman gempur batu atau dikenal juga dengan nama sambaing merupakan tanaman yang sudah digunakan sejak lama sebagai pengobatan herbal. Daun gempur batu juga aman untuk dikonsumsi karena mengandung banyak khasiat penting seperti vitamin C, B1, B2, protein, fosfor, tanin, natrium, ferum, kalium dan juga kalsium yang semuanya sangat dibutuhkan tubuh. Tanaman gempur batu memiliki batang beruas dengan bentuk bulat dan kasar, sedangkan daunnya memiliki tangkai pendek dengan bagian tepi bergerigi dan permukaan yang kasar. Daun ini memiliki efek antimikroba, diuretik, antioksidan dan juga laksatif yang biasanya diolah menjadi teh. Untuk mengetahui manfaat daun gempur batu selengkapnya, anda bisa membaca artikel yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kombinasi beberapa jenis vitamin dalam daun gempur batu berperan untuk mengurangi risiko penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam daun ini bisa menghambat aktivitas protein endothelin 1 yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah kecil dan akhirnya menyebabkan serangan jantung. Beberapa vitamin dalam daun gempur batu berguna untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga arteri supaya tetap stabil.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat antioksidan dan sifat diuretik sehingga ginjal bisa membuang lebih banyak sodium serta air dari tubuh untuk mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah. Air rebusan herbal ini bisa melindungi suplai oksida nitrat tubuh sehingga pembuluh darah bisa dikendurkan.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Untuk mencegah serangan patogen pada tubuh, maka sistem kekebalan tubuh harus ditingkatkan yang salah satu cara terbaiknya bisa didapatkan dengan minum air rebusan daun gempur batu. Selain melindungi sistem kekebalan tubuh, kandungan dalam daun ini juga bisa mengurangi tingkat alergi dan infeksi sehingga mempercepat proses penyembuhan luka bisa dipercepat.

  1. Mencegah Kanker

Khasiat lain yang bisa diperoleh dari air rebusan ini adalah sebagai solusi kanker karena askorbat dari vitamin C dalam daun ini bisa mengurangi volume tumor dan membunuh sel kanker.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis juga bisa dicegah dengan memanfaatkan daun gempur batu yang mengandung sifat anti inflamasi sebab bisa mencegah radang sendi dan mempertahankan sendi yang sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, protein dan kalsium dalam daun ini juga merupakan nutrisi penting untuk mencegah degenerasi makula terkait usia serta menurunkan risiko katarak dengan cara melawan stres oksidatif dan radikal bebas penyebab kerusakan molekuler di jaringan lensa mata.

  1. Mencegah Preeklamsia

Kombinasi antara sumber antioksidan, anti inflamasi dan juga anti bakteri dalam daun ini juga berperan aktif untuk mencegah dan mengobati preeklampsia atau tekanan darah tinggi yang terjadi selama masa kehamilan dengan cara memerangi stres oksidatif. Namun sebaiknya penggunaan harus dikonsultasikan dengan dokter sebab bisa bekerja juga sebagai penghenti kehamilan yang tidak direncanakan atau aborsi sebab bisa membuat rahim panas.

  1. Mengatur Gula Darah

Air rebusan daun gempur batu juga berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah di insulin penderita diabetes tipe 2 sekaligus mencegah kerusakan yang berhubungan dengan diabetes pada pembuluh darah, merangsang mekanisme insulin, mengurangi glukosa darah dan juga merawat penderita diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Gusi

Berkumur dengan air rebusan gempur batu juga bisa mencegah penyakit periodontal seperti gingivitis atau penyakit gusi parah dengan cara menguatkan jaringan ikat sehingga kapiler bisa lebih kuat sekaligus juga menjaga kesehatan gigi.

  1. Mengurangi Racun

Air rebusan daun gempur batu juga menjadi solusi bagus bagi perokok karena kemampuannya dalam mengurangi toksisitas timbal dan rokok. Dengan ini, maka kegunaan lain dari daun  gempur batu adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh khususnya yang terkandung dalam rokok.

  1. Mengobati Alergi

Alergi bisa terjadi karena tubuh melepaskan histamin yakni suatu bentuk biokimia. Nutrisi yang terkandung dalam daun ini akan mengurangi pelepasan histamin sehingga alergi bisa dicegah sekaligus mengatasi demam yang juga disebut dengan rhinitis alergi.

  1. Meningkatkan Energi

Daun gempur batu juga bertindak sebagai sumber energi sekaligus membantu dalam mengurangi rasa sakit sehingga air rebusan ini sangat baik dikonsumsi untuk pekerja keras atau seseorang yang sering berolahraga.

  1. Mengatasi Sunburn

Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai air rebusan herbal, namun daun ini juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi sunburn atau merawat kulit terbakar matahari karena mengandung antioksidan. Sedangkan jika diminum, maka akan membantu tubuh untuk mengurangi efek eritema akibat UVB atau kulit yang memerah.

  1. Memperbaiki Tekstur Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam daun gempur batu juga bisa meningkatkan manfaat kolagen sehingga sangat baik digunakan sebagai solusi kecantikan kulit seperti mempertahankan kelembapan, meningkatkan sirkulasi kulit, mencegah penuaan dini, mengurangi bintik hitam pada wajah, menjaga elastisitas kulit dan mencegah jerawat.

  1. Mengobati Infeksi Viral

Daun ini juga sangat efektif digunakan untuk mengatasi berbagai alergi dan juga mengobati infeksi lain seperti herpes, gondok, campak dan pneumonia virus karena kandungan antibiotik dalam daun ini yang juga berperan untuk menangkal radikal bebas berbahaya untuk mencegah virus.

  1. Memperbaiki Mood dan Menurunkan Berat Badan

Khasiat terakhir yang bisa anda dapatkan dari daun gempur batu adalah untuk memperbaiki mood sehingga suasana hati bisa lebih ditingkatkan dan juga untuk membantu dalam proses menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan oksidasi lemak tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme.

Manfaat daun gempur batu bisa dikonsumsi dengan cara minum air rebusan daun atau juga bisa melumatkan daun dan digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah pada kulit. Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi anda mengenai berbagai manfaat daun.