8 Manfaat Mangga Alpukat Untuk Mata, Tubuh dan Kulit

Mangga alpukat yang merupakan salah satu produk unggulan dari para petani Kabupaten Pasuruan mempunyai banyak keunggulan seperti dari cara mengkonsumsinya yakni hanya cukup diputar dan tidak perlu dikupas seperti layaknya menyantap buah alpukat, daging buahnya yang jauh lebih tebal dibandingkan dengan jenis mangga lain serta legit dan lembut, memiliki kepadatan daging lebih bagus, mengandung serat kasar yang sedikit sehingga tidak mudah terselip pada sela gigi, kadar patinya yang lebih tinggi dibandingkan jenis mangga lain, sumber energi serta memiliki pohon yang sangat pendek hanya setinggi pundak orang dewasa saja. Selain memiliki banyak keunggulan dari tekstur daging buah, cara menyantap dan juga pohonnya, manfaat mangga alpukat ini juga ternyata sangat beragam seperti beberapa khasiat yang akan kami berikan kali ini.

  1. Mengatasi Anemia

Dalam mangga alpukat ini mengandung zat besi cukup yang sangat dibutuhkan penderita anemia. Mengkonsumsi buah ini secara teratur maka akan mencegah gejala anemia seperti mengatasi lelah sekaligus meningkatkan jumlah dari sel darah merah pada tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam mangga alpukat memiliki kandungan vitamin B6 yang banyak dan sangat dibutuhkan untuk menjaga sekaligus memperbaiki fungsi dari otak. Vitamin ini akan meningkatkan penggabungan neurotransmitter utama yang berguna untuk menentukan mood dan juga modifikasi pola tidur seseorang. Secara alami, buah mangga akan meningkatkan fungsi otak dan fungsi saraf secara efektif sehingga bisa mencegah konsumsi suplemen obat terlalu berlebihan sebab dengan mengkonsumsi buah mangga alpukat ini juga bisa meningkatkan konsentrasi sekaligus daya ingat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa diturunkan dengan mengkonsumsi mangga alpukat karena mengandung pektin. Selain itu, mangiferin yang juga merupakan salah satu senyawa dalam jenis mangga ini sangat baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh sehingga juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Mencegah Asma

Asam yang meskipun merupakan penyakit umum ini juga bisa berdampak membahayakan bagi tubuh. Mengkonsumsi mangga alpukat yang tinggi akan kandungan vitamin C ini sangat baik untuk mengurangi serangan asma sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata menjadi salah satu organ penting untuk manusia dan harus selalu dijaga kesehatannya. Vitamin A dan juga beta karoten yang ada dalam buah mangga alpukat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan secara khusus sangat dibutuhkan untuk mendukung fungsi dari retina serta menyehatkan otot dan saraf mata. Selain itu, dalam buah ini juga mengandung 2 jeis karotenois yakni lutein dan juga zeaxanthin yang sangat bagus untuk memperbaiki kesehatan mata.. Mangga alpukat juga mengandung karotenoid bernama cryptoxanthin yang ampuh untuk menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Mangga alpukat mengandung potassium yakni mineral utama yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengkonsumsi buah yang mengandung potassium cukup ini sangat baik untuk mencegah hipertensi dan baik untuk jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang menjadi organ terbesar pada manusia ini seringkali membuat sebagian orang mengabaikan kesehatan dari kulit tersebut. Mengkonsumsi mangga alpukat yang mengandung manfaat vitamin A untuk kulit ini dengan teratur sudah terbukti bisa melawan berbagai tanda penuaan kulit akibat UVB. Mangga mengandung karoten dan juga vitamin A yang semuanya ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit secara menyeluruh. Beta karoten sendiri juga merupakan agen photoprotective serta bisa menurunkan reaksi fotokimia di epidermis sehingga kulit akan terlindungi dari sinar ultraviolet berbahaya.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kombinasi dari vitamin A, vitamin C dan 25 jenis karotenoid yang ada dalam mangga alpukat juga sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Seperti jenis lainnya, manfaat mangga alpukat ternyata juga sangat berlimpah tidak hanya dalam mengatasi berbagai penyakit dalam namun juga untuk menjaga kesehatan kulit serta mata. Buah mangga ini menjadi pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan mineral serta vitamin dalam tubuh dengan cara yang unik dan sangat praktis.