7 Manfaat Sahur Dengan Pisang Selain Untuk Menahan Lapar

Selain nikmat dan mudah untuk dikonsumsi, buah pisang juga memiliki begitu banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya berwarna kuning, namun beberapa varietas pisang juga ada yang berwarna hijau, merah dan juga coklat ketika sudah matang. Beberapa kandungan yang ada dalam buah pisang diantaranya adalah tidak mengandung lemak, kolesterol dan sodium, tinggi akan vitamin C, B6, riboflavin, asam folat, niacin, fosfor, mangan, magnesium, kalsium dan juga tembaga. Lalu, apakah ada manfaat sahur dengan pisang yang bisa didapatkan?, berikut ini akan kami berikan beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi pisang secara teratur ketika menyantap makanan sahur selain banyak juga manfaat makan pisang sebelum tidur.

  1. Menjaga Mood dan Memori

Manfaat makan pisang setiap hari khususnya saat sahur sangat penting untuk menjaga mood atau suasana hati dan juga memori sehingga tetap beraktivitas dengan baik setiap hari meskipun sedang berpuasa. Asam amino triptofan dalam buah pisang yang menjadi komponen penting untuk meningkatkan suasana hati sekaligus daya ingat. Sedangkan magnesium dalam pisang akan mengendurkan otot yang bisa membuat anda tetap tenang selama sedang menjalani ibadah puasa.

  1. Mengenyangkan Perut Lebih Lama

Glikemia adalah konsentrasi gula dalam darah dimana dengan mengkonsumsi pisang ketika sahur nantinya bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara perlahan yang juga penting bagi anda penderita anemia selama sedang berpuasa. Sedangkan kandungan serat tinggi dalam pisang nantinya bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama sekaligus mengikat lemak yang tentunya sangat membantu untuk mencegah rasa lapar hingga waktu berbuka puasa tiba.

  1. Menjaga Kadar Elektrolit dan Cairan

Manfaat potasium yang ada dalam buah pisang sangat baik dikonsumsi untuk memperlebar pembuluh darah. Untuk itu mengkonsumsi pisang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah agar stress bisa dicegah selama sedang berpuasa. Sedangkan kandungan kalium dalam pisang juga akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan sehingga berbagai gangguan tubuh selama sedang berpuasa bisa dicegah.

  1. Menjaga Berat Badan

Manfaat karbohidrat dalam buah pisang tidak akan menaikkan glukosa terlalu cepat serta juga rendah akan kandungan lemak sehingga sangat aman dikonsumsi baik untuk sehari hari maupun saat sedang berpuasa. Sedangkan manfaat serat dalam pisang nantinya akan membantu menjaga berat badan tetap stabil sekaligus melancarkan proses metabolisme. Pastikan anda mengkonsumsi 2 buah pisang saat sahur untuk menjaga kesehatan tubuh anda selama menjalani ibadah puasa.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengkonsumsi pisang saat sahur juga sangat baik karena bisa membantu pergerakan usus halus, melancarkan proses mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tidak akan mengganggu tubuh selama sedang berpuasa.


  1. Mencegah Penyakit Maag

Selama sedang berpuasa, perut tidak akan terisi dengan makanan atau minuman dalam beberapa waktu hingga waktu berbuka sehingga banyak orang yang sering mengalami maag khususnya beberapa hari awal di bulan puasa. Kandungan kalium tinggi yang dalam buah pisang sangat baik dikonsumsi untuk solusi maag karena tekstur daging buah yang lembut akan melapisi dinding usus dan juga mukosa lambung sehingga peradangan bisa diminimalisir selama anda sedang berpuasa.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam pisang juga mengandung nutrisi sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin C dan juga vitamin B6 yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi pisang saat sahur, maka anda akan terhindar dari serangan penyakit karena bakteri atau virus yang bisa saja mengganggu ibadah puasa anda.

Dari ulasan diatas sudah terbukti jika ada begitu banyak manfaat sahur dengan pisang yang tidak hanya bisa menunda rasa lapar namun juga memastikan kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik dan tidak mengganggu ibadah puasa anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan