32 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari Untuk Kesehatan

Makan pisang setiap hari merupakan informasi yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda ketahui. Pisang merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat, khususnya sebagai makanan pencuci mulut. Buah pisang pun sepertinya tidak pernah absen pada acara acara kondangan dan acara syukuran lainnya. Mulai dari konsumsi besar-besaran hingga konsumsi rumahan tidak ragu memilih pisang sebagai buah pelengkapnya. Tapi apakah sebenarnya alasan masyarakat seringkali mengonsumsi pisang?

Kebanyakan masyarakat memilih konsumsi pisang lebih didominasi oleh alasan kemudahan mendapatkannya dan menyiapkannya. Pisang yang mempunyai manfaat getah pisang yang bisa anda dapatkan dengan tidak perlu dikupas dan tidak perlu dipotong. Semuanya dapat mengkonsumsi pisang dengan mudah tanpa repot. Sayangnya, sedikit sekali masyarakat memilih konsumsi pisang karena manfaatnya. Tidak banyak yang mengetahui kalau pisang ternyata sangat kaya akan manfaatnya. Sedikitnya ada makan pisang setiap hari, masing-masing manfaat tersebut akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

Berdasarkan informasi yang telah dijelaskan pada bagian di atas, diketahui bahwa pisang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, kandungan makan pisang setiap hari ini hanya diketahui secara terbatas dan tidak dipublikasi secara luas. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan akan informasi maka disusunlah daftar makan pisang setiap hari berikut ini. Semoga informasi ini dapat mendorong anda untuk semakin sering mengkonsumsi pisang, sebagai berikut:

  1. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang diketahui memiliki kandungan potasium. Potasium memiliki manfaat dalam tubuh yang salah satunya adalah melancarkan aliran oksigen ke otak. Aliran oksigen yang lancar ke otak ini sangat penting untuk membuat anda semakin mudah berkonsentrasi dan juga mencegah penyakit stroke.

  1. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh Manusia

Sistem metabolisme tubuh yang lancar diketahui baik untuk dimiliki oleh setiap orang. Metabolisme yang baik dalam manfaat pisang raja inilah yang dapat menentukan kualitas pencernaan seseorang. Jika metabolisme berjalan dengan baik, maka penyerapan nutrisi makanan pun dapat berjalan dengan baik dan sisa makanan dapat ditekan banyaknya.

  1. Memberikan Asupan Antioksidan yang Tinggi

Pisang juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sehingga manfaat makan pisang setiap hari dapat dirasakan dengan bertambahnya asupan dalam manfaat buah pisang merah adanya antioksidan dalam tubuh. Tubuh pun dapat lebih mudah menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyebaran penyakit.

  1. Memberikan Asupan Energi untuk Tubuh Beraktivitas

Ternyata pisang pun memiliki kandungan karbohidrat. Karbohidrat dalam buah pisang ini diketahui dapat menjadi pengganti manfaat makan pisang sebelum tidur memberikan energi untuk tubuh. Anda dapat merasakan manfaat makan pisang yang satu ini dengan mengkonsumsinya 2 buah per hari. Tubuh pun kini memiliki energi yang tercukup.

  1. Memperbaiki Kondisi Mood Seseorang (Mood Booster)

Suasana hati (mood) seseorang ternyata dapat dikendalikan juga dengan konsumsi buah pisang. Memang banyak kondisi yang menyebabkan kondisi mood seseorang menjadi tidak karuan. Salah satu cara untuk mengembalikannya menjadi positif adalah dengan mengkonsumsi pisang setiap hari.

  1. Memulihkan Fungsi Saraf

Fungsi saraf seseorang pun dapat dijaga kesehatannya dan dikembalikan keefektifannya dengan mengkonsumsi pisang. Saraf saraf yang rusak dapat diperbaiki dengan fungsi dari vitamin B. Vitamin B ini dapat dimiliki dengan mengkonsumsi pisang. Manfaat pisang batu memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk memulihkan fungsi saraf.

  1. Mencegah Cacat Bawaan pada Janin

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah pisang. Alasannya salah satunya adalah mencegah cacat bawaan pada janin. Hal ini berkaitan dengan kandungan pisang yang baik untuk membantuk pertumbuhan sel sel pada janin dalam kandungan. Sehingga, bayi pun dapat terlahir tanpa cacat bawaan.

  1. Mencegah Disfungsi Ereksi pada Pria

Disfungsi ereksi pada pria merupakan keadaan yang semaksimal mungkin harus dihindari. Terjadinya keadaan disfungsi ereksi ini akan menyebabkan hubungan seksual tidak berjalan sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, keadaan ini harus dicegah dengan manfaat pisang kepok rebus.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe II

Diabetes tipe II merupakan salah satu jenis penyakit gula yang perlu diwaspadai. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan menggunakan khasiat dari pisang. Pisang dapat mencegah penyakit ini karena kandungan vitamin B-6 di dalamnya. Oleh sebab itu, konsumsilah pisang dengan rutin sebagai upaya pencegahan diabetes tipe II.

  1. Mencegah Tekanan darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan permasalahan yang seringkali menyerang seseorang. Permasalahan yang satu ini dapat diatasi juga dengan konsumsi pisang. Alasannya adalah karena pisang mengandung kalium yang mampu mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Pernahkah anda merasa kulit wajah anda permukaannya kasar? Tentu hal ini akan membuat anda menjadi kurang percaya diri dalam penampilan. Anda dapat mengembalikan kehalusan kulit wajah anda dengan menggunakan khasiat dari pisang. Konsumsilah pisang dengan rutin karena vitaminnya yang baik untuk kulit anda.

  1. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Jerawat di wajah timbul akibat pengaruh kotoran dan kandungan minyak berlebih. Anda dapat menghilangkan jerawat dengan mengkonsumsi pisang setiap hari. Oleh sebab itu, anda diharapkan dapat mengonsumsi pisang dengan rutin. Hal ini dilakukan untuk membantu jerawat lebih mudah hilang dan tidak muncul kembali.

  1. Mengobati Gatal Gatal Gigitan Nyamuk

Sambil mengonsumsi buah pisang, maka tidak ada salahnya anda pun menggunakannya untuk mengobati gatal gatal akibat gigitan nyamuk. Konsumsilah pisang dan gunakan sisa kulitnya untuk digosokan pada bagian kulit yang digigit oleh nyamuk. Sehingga kulit anda pun dapat sembuh dari rasa gatalnya.

  1. Mengobati Kutil dan Penyakit Kulit Lain

Penyakit kutil dan kulit lainnya ternyata juga dapat ditangani dengan menggunakan khasiat dari pisang. Konsumsilah pisang setiap hari untuk memastikan berbagai penyakit kulit anda dapat diobati dengan mudah. Kulit anda pun dapat kembali sehat dan berkhasiat tinggi.

  1. Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan penyakit pada lambung yang disebabkan meningkatnya zat asam lambung. Anda dapat memanfaatkan pisang untuk mengatasi kondisi ini. Konsumsi pisang diketahui mampu untuk mengurangi zat asam dalam lambung ini, sehingga penyakit maag pun dapat ditangani dengan lebih mudah.

  1. Mengobati Rasa Nyeri saat Haid

Mengonsumsi buah pisang di masa haid pun ternyata dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk wanita. Hal ini ditunjukkan dengan khasiat pisang untuk mengobati dan meredakan rasa nyeri yang menyerang saat haid. Oleh sebab itu, konsumsilah pisang selama masa haid anda berlangsung.

  1. Mengurangi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Ibu hamil seringkali mengalami mual dan muntah (morning sickness) di awal masa kehamilannya. Keadaan ini ternyata dapat dikurangi intensitasnya dengan mengonsumsi buah pisang. Jadi bagi para ibu hamil, konsumsilah pisang sebagai obat alami mual dan muntah di masa awal kehamilan anda.

  1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Pisang juga diketahui memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga resiko penyakit jantung seperti serangan jantung dapat ditekan dengan maksimal. Jadi konsumsilah pisang bagi anda yang sering mengalami permasalahan jantung.

  1. Meningkatkan Jumlah Hormon Testosteron

Hormon testosteron diketahui sangat penting untuk mendukung kualitas seksualitas seseorang. Anda dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron pada pria dengan mengonsumsi pisang. Konsumsi pisang ini pun diketahui mampu meningkatkan vitalitas pria dengan baik dan bermanfaat.

  1. Meningkatkan Kadar Glukosa saat Program Diet

Program diet merupakan upaya untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi konsumsi makanan. Sayangnya, walau mengurangi konsumsi makanan glukosa tetap dibutuhkan oleh tubuh beraktivitas. Seseorang dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan kadar glukosa tanpa membuat tubuh gemuk karena kalori dan lemak.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Pisang diketahui memiliki kalium yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Oleh karena itu, seringkali sebelum ujian anak-anak diberikan konsumsi pisang.  Mengonsumsi pisang anak-anak menjadi lebih mudah mempelajari materi dan kapasitas otak pun terasa menjadi lebih pintar dari sebelumnya.

  1. Meningkatkan Kualitas dari Sperma

Kualitas sperma yang baik dapat ditunjukkan dari kekentalannya. Sperma yang kualitasnya tidak unggul biasanya akan menyebabkan pembuahan sulit terjadi. Kualitas sperma ini ternyata dapat ditingkatkan dengan konsumsi pisang secara rutin. Oleh sebab itu, konsumsilah pisang dengan rutin demi sperma yang lebih berkualitas dalam pembuahan.

  1. Meningkatkan Libido Pria menjadi Tahan Lama

Gairah seksual (libido) seorang pria pun dapat ditingkatkan dengan menggunakan manfaat makan pisang setiap hari. Anda diharapkan mampu menyediakan konsumsi pisang untuk pria. Pria pun akan memiliki gairah seksual yang lebih tinggi dan kualitas hubungan seksual dengan pasangan pun dapat terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Pertumbuhan dan perkembangan janin juga ternyata dapat didukung dengan kandungan makanan yang terdapat dalam pisang. Ibu hamil kemudian disarankan untuk dapat rutin mengonsumsi pisang ini. Pisang dapat membantu pembentukan sel sel tubuh bayi, sehingga bayi pun dapat terlahir lengkap dengan seluruh organnya.

  1. Menjadi Obat Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan darah yang dpaat diatasi dengan konsumsi pisang secara rutin. Pisang memiliki kandungan yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Tubuh pun kemudian dapat terbebas dari kekurangan sel darah merah seperti penderita anemia.

Demikianlah tadi informasi mengenai 25 manfaat makan pisang setiap hari. Selain 25 manfaat tersebut, ada 7 manfaat lain dari makan pisang dengan rutin yang dapat anda ketahui. Berikut ini daftar 7 manfaat lain dari makan pisang dengan rutin. Selamat mempelajari dan mencobanya!

  1. Menjaga Kesehatan Tulang.
  2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
  3. Menurunkan Berat Badan.
  4. Menurunkan Demam.
  5. Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh.
  6. Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh Anda.
  7. Menyembuhkan Luka Bakar.

Itulah tadi informasi mengenai 32 manfaat makan pisang setiap hari yang perlu anda ketahui. Semoga berbagai informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan ragu lagi mengonsumsi pisang. Terus konsumsi pisang setiap ada kesempatan. Tubuh anda pun dapat lebih sehat, terawat, dan lebih baik dari sebelumnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan