11 Manfaat Rumah Sakit Untuk Masyarakat

Apakah yang kamu ketahui mengenai rumah sakit? Apabila kita mendengar mengenai kata rumah sakit biasanya hal itu merujuk pada sebuah tempat dimana untuk merawat orang-orang sakit. Rumah sakit telah banyak tersebar di berbagai daerah dengan berbagai macam-macam jenis. Di Indonesia sendiri, rumah sakit pertama kali didirikan pada jaman pemerintahan Belanda pada tahun 1626 dan kini telah berkembang luas berbagai daerah.

Selain sebagai tempat pegobatan bagi orang sakit, rumah sakit juga memiliki manfaaat berdasarkan jenis, tipe, fungsi dan tugasnya. Berikut merupakan penjelasanya.

artikel terkait:

Pengertian Rumah Sakit

Secara sederhana rumah sakit dapat diartikan sebagai institusi perawatan kesehatan professional yang pelayanannya disediakan oleh tenaga ahli kesehatan seperti dokter, perawat dsb. Rumah sakit menurut beberapa pengertian juga dijelaskan sebagai berikut.

  • Menurut Departemen Kesehatan RI

Rumah sakit merupakan upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat berfungsi sebagai tempat pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian

  • Menurut World Health Organization

Medical care is integral part of social and medical organization, the function of which is to provide for the population complete health care, both curative and preventive and whose out patient service reach out the family and its home environment ; he hospital is also a centre for the training of health workers and for biosocial research.

artikel terkait: manfaat plafon rumahmanfaat boraks

Jenis-jenis rumah sakit

Rumah sakit memiliki beberapa jenis yaitu diantaranya sebagai berikut.

1. Rumah sakit umum

Rumah sakit jenis ini merupakan rumah sakit yang biasanya merupakan fasilitas yang mudah ditemui di suatu negara dan melayani hampir semua penyakit umum. Di dalam rumah sakit jenis ini  terdapat fasilitas bedah, bedah plastik, ruang bersalin, labolatorium dsb dan biasanya memiliki perawatan gawat darurat yang dapat siaga selama 24 jam.

2. Rumah sakit terspesialisasi

Rumah sakit jenis ini menangani spesialisasi tertentu seperti trauma center, rumah sakit anak, rumah sakit manula, maupun rumah sakit yang menangani kepentingan khusus seperti psikiatrik, penyakit pernafasan dsb.

3. Rumah sakit penelitian/ pendidikan

Rumah sakit jenis ini merupakan rumah sakit umum yang terkait dengan kegiatan penelitian maupun pendidikan suatu perguruan tinggi sebagai salah satu perwujudan pengabdian terhadap masyarakat. Rumah sakit jenis ini juga biasanya digunakan sebagai pelatihan dokter muda, uji coba obat baru maupun teknik pengobatan baru.

4. Rumah sakit lembaga/ perusahaan

Rumah sakit ini merupakan jenis rumah sakit yang didirikan oleh suatu lembaga atau perusahaan untuk menangani pasien-pasien dari lembaga/perusahaan tersebut yang berkaitan dengan kegiatan lembaga. Namun rumah sakit ini juga dapat menerima pasien umum dan menyediakan unit gawat darurat bagi masyarakat umum.

5. Klinik

Klinik merupakan fasilitas medis dalam skala yang lebih kecil guna menangani keluhan kecil tertentu. Biasanya, klinik dijalankan oleh lembaga masyarakat maupun dokter-dokter yang ingin menjalankan praktik pribadi dan dapat dioperasikan, dikelola serta didanai oleh pribadi maupun publik.

artikel terkait: 10 manfaat buah bintaro untuk bahan baku industri dan rumah tanggamanfaat memelihara ikan discus di rumahmanfaat pondasi rumah

Tipe-tipe rumah sakit

Rumah sakit berdasarkan kemampuan yang dimilikinya dibagi menjadi lima macam jenis yaitu

  • Rumah sakit tipe A. Merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas, serta dijadikan tempat pelayanan rujukan tertinggi oleh pemerintah.
  • Rumah sakit tipe B. Merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas, serta biasanya didirikan di setiap ibukota propinsi guna menampung rujukan dari RS kabupaten.
  • Rumah sakit tipe C. Merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas misalnya pelayanan penyakit dalam, pelayanan penyakit bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan.
  • Rumah sakit tipe D. Merupakan rumah sakit transisi yang akan ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe C dan hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi.
  • Rumah sakit tipe E. Merupakan rumah sakit khusus yang hanya menyediakan satu macam pelayanan kedokteran.

artikel terkait: manfaat bulu jagungmanfaat bulu ayam

Tugas dan fungsi Rumah sakit

Menurut keputusan Menteri Kesehatan RI No. 983/Menkes/per/II 1992, rumah sakit memilki tugas untuk melaksanakan upaya kesehatan serta berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan.

Nah, guna melaksanakan tugas tersebut rumah sakit memiliki fungsi berupa perawatan, pendidikan dan penelitian. Secara rinci, tugas-tugas rumah sakit adalah melaksanakan pelayanan-pelayanan berikut.

  1. pelayanan medis tambahandan pelayanan penunjang medis tambahan
  2. pelayanan kedokteran kehakiman
  3. pelayanan medis khusus
  4. pelayanan medis rujukan kesehatan
  5. pelayanan kedokteran gigi
  6. pelayanan penyuluhan kesehatan
  7. pelayanan rawat jalan atau rawat darurat dan rawat tinggal
  8. pelayanan rawat inap
  9. pelayanan pendidikan para petugas medis
  10. membantu pendidikan tenaga medis umum dan spesialis
  11. membantu terlaksananya penelitan dan pengembangan kesehatan

artikel terkait: manfaat bulu bebek

,
Oleh :
Kategori : Sosial