10 Manfaat Masker Pisang Bagi Kesehatan Kulit

Pisang merupakan buah yang banyak dijumpai di pasar. Harga dari buah pisang ini juga murah dan dapat dijangkau siapa saja. Buah pisang memiliki beraga jenis dan kebanyakan memiliki rasa manis. Buah dengan warna kulit hijau hingga kuning telah menjadi buah idola dikalangan masyarakat. Buah pisang memiliki daging buah yang lunak dan mudah dimakan tidak keras. Buah pisang ini dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral serta buah pisang memiliki kandungan karbohidrat yang dapat mengenyangkan.

Buah pisang dalam sisi kesehatan memiliki banyak manfaat salah satunya dapat digunakan sebagai sarapan pagi, menu makanan lunak bagi penderita gangguan kesehatan yang diharuskan makan makanan lunak, melancarkan pencernaan sebab pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Seelain manfaat tersebut buah pisang dibidang kecantikan dapat digunakan sebagai bahan masker. Masker pisang memiliki manfaat sebagai berikut

1. Melembutkan kulit

Siapa yang tidak menginginkan kulit wajah yang lembut dan lebab. Kulit wajah yang lembab merupakan salah satu indikator kesehatan kulit sebab kulit yang kering akan membuat tampilan wajah mudah keriput. Kelembaban kulit wajah yang seimbang membuat tampilan terlihat sehat alami. Banyak sekali produk kecantikan mulai dari krim hingga serum wajah yang menawarkan manfaat pelembab wajah akan tetapi produk tersebut memiliki campuran bahan kimia yang bisa saja tidak baik untuk digunakan dalam jangka panjang.

Alternatif lain untuk melembabkan kulit yaitu masker dengan bahan dasar pisang dipercaya dapat melembutkan kulit. Manfaat pisang yang dapat melembutkan kulit wajah digunakan sebagai masker alami. Pisang sendiri memiliki manfaat vitamin C yang sangat bagus untuk merawat kesehatan kulit. Masker pisang yang digunakan secara teratur dapat membantu untuk melembabkan kulit serta kandungan kealamian pisang tidak memiliki efek samping dalam jangka panjang.

2. Mengatasi Kulit kering

Kulit kering yang tidak segera diatasi akan mempengaruhi kesehatan kulit. Kulit kering yang parah akan membuat kulit terlihat bersisik, terutama pada wajah kulit kering akan mudah telrihat dan mempengaruhi penampilan. Banyak cara untuk mengatasi kulit kering salah satunya dengan manfaat pisang.

Manfaat masker pisang selanjutnya yaitu mengatasi kulit kering. Bila manfaat pertama menyebutkan bahwa masker pisang dapat memberikan kelembaban pada kulit. Senada dengan hal itu masker pisang baik digunakan bagi seseorang yang memiliki permasalahan kulit yang cenderung kering.  Kandungan kalium pada pisang merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan kulit kering sebab peran kalium pada tubuh yaitu menyeimbangkan cairan tubuh agar bisa terserap dengan baik.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat sebagai reaksi kulit terhadap infeksi bakteri maupun kotoran yang masuk kedalam kulit sangat menganggu. Jerawat dapat tumbuh di bagian kulit tertentu akan tetapi sering kali terdapat pada kulit wajah yang membuat tidak percaya diri. Jerawat selain disebabkan oleh masalah hormonal dan wajah yang cenderung berminyak juga dapat disebabkan adanya kotoran yang mengandung bakteri masuk kedalam pori-pori kulit. Hal tersebut dapat dicegah dengan rutin menggunakan masker pisang.

Pisang memiliki kandungan anti bakteri yang dapat melawan masalah jerawat. Baik untuk mencegah jerawat maupun untuk mengempeskan jerawat yang ada di kulit wajah. Masker pisang yang dibuat untuk mengatasi masalah jerawat ini di hasilkan dari buah pisang yang dihaluskan hingga menyerupai bubur bisa ditambah dengan madu agar lebih menambah manfaat,  kemudian dioleskan pada bagian wajah hingga kering kemudian dibersihkan. Treatment masker pisang adalah cara alami untuk mengatasi jerawat.

4. Mencerahkan kulit

Kulit yang sehat cerah terawat merupakan tujuan dari setiap perawatan kulit wajah yang dilakukan. Penggunaan masker pisang secara rutin akan membantu mencerahkan kulit wajah. Kulit wajah yang cerah memang bisa didapatkan dengan perawatan intensif dengan krim-krim tertentu maupun treatment di dokter spesialis kecantikan namun banyak masalah yang harus dihadapi yaitu masalah tarif dokter, kecocokan dengan obat yang diberikan serta masalah ketergantungan. Hal ini membuat setiap orang harus berpikir bijak untuk melakukan sebuah perawatan pencerah kulit. Cara lain dengan bahan alami seperti masker pisang memang bisa dilakukan akan tetapi harus dengan rutin dan sabar menunggu hasilnya.

5. Mengencangkan kulit

Kulit yang kencang dan tidak kendur adalah faktor utama kunci sukses tampil cantik. Kulit kencang menjadi sebuah impian bagi banyak orang terutama wanita yang memasuki usia lanjut. Masker pisang memiliki kandungan vitamin C yang baik dalam produksi kolagen. Manfaat Kolagen yang diproduksi dapat membantu merawat kesehatan kulit salah satunya yaitu mengencangkan kulit. Kulit yang kencang akan membuat tampilan wajah terlihat segar hal ini tentunya akan menambah rasa percaya diri. Selain itu Kulit yang kencang akan mencegah terjadinya tanda penuaan dini pada kulit wajah.

7. Mengurangi Minyak

Minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak dibawah permukaan kulit dapat menumpuk dan menyebabkan jerawat selain itu minyak berlebih akan membuat tampilan wajah terlihat sangat mengkilap akibat adanya minyak dan kerap membuat jerawat muncul. Hal ini tentunya sangat menganggu sehingga harus diatasi dengan benar. Mengurangi minyak pada kulit wajah dapat dilakukan dengan cara menggunakan masker pisang.

8. Menghilangkan noda hitam

Kulit yang berjerawat kemudian di obati dengan cara tertentu akan menimbulkan noda hitam atau bekas jerawat. Bekas jerawat memang bisa muncul sebab terjadinya penyembuhan di bagian jerawat akan tetapi sebagian besar orang tidak nyaman dengan tampilan wajah dengan  noda hitam sehingga flek tersebut harus segera di hilangkan. Untuk menghilangkan noda hitam tersebut bisa menggunakan manfaat masker pisang dan manfaat lemon untuk wajah campuran ini dinilai sangat membantu dalam mengurangi noda hitam bekas jerawat.

9. Mengurangi Tanda penuaan dini

Penuaan dini diketahui dengan adanya tanda – tanda seperti terlihatnya kerutan halus dibagian samping mata maupun garis senyum sekitar bibir. Hal ini bagi sebagian orang sangat menganggu sebab tanda penuaan dini akan menimbulkan tampilan wajah lebih tua daripada usia asli. Tanda penuaan dini dapat diakibatkan karena adanya gaya hidup yang tidak sehat serta tingkat stress yang dialami seseorang. Dengan adanya tanda penuaan dini seperti kerutan bisa diatasi dengan cara yang alami salah satunya yaitu menggunakan masker pisang yang alami. Kandungan dalam pisang juga dapat mengencangkan wajah sehingga kerutan di kulit wajah bisa diatasi.

10. Membersihkan Sel kulit Mati

kulit memiliki siklus waktu untuk mengganti sel – selnya sehingga sel kulit mati akan terganti dengan sel kulit yang baru. Sel kulit mati harus dibersihkan dengan baik, salah satu cara yang efektif untuk membersihkan sel kulit mati yaitu dengan menggunakan masker pisang. Masker pisang akan membersihkan kototran dan sel kulit mati pada wajah sehingga wajah akan terasa segar dan sehat.

Demikian manfaat dari masker pisang. Masker dengan bahan alami sangat efektif digunakan untuk perawatan selain itu bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan