12 Manfaat Minyak Ikan Folilac Untuk Tumbuh Kembang Anak

Minyak ikan merupakan salah satu produk dari olahan ikan yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan terutama sebagai suplemen tambahan karena kandungan omega 3-nya yang sangat tinggi. Namun beberapa produk minyak ikan tentunya tidak sama karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda dengan kualitas bahan baku yang tentunya berbeda pula. Salah satu brand minyak ikan yang sangat digemari para orang tua adalah minyak ikan Folilac.

Apa Itu Minyak Ikan Folilac?

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti produk minyak ikan Anda yang biasa dengan produk minyak ikan folilac tentunya Anda harus tahu dulu mengenai latar belakang brand yang satu ini. Di Indonesia sendiri produk Minyak Ikan Folilac sudah sangat umum sekali ditemukan karena selain memiliki kualitas yang sudah dijamin oleh BP POM tapi juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI sehingga para orang tua tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitas produk ini.

Manfaat Minyak Ikan Folilac

Orang tua mungkin sudah sangat memahami apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan terutama untuk anak-anak mereka ketika sedang dalam masa pertumbuhan. Khususnya untuk minyak ikan Folilac memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya tidak akan Anda lewatkan.

  1. Tinggi Kandungan Omega 3

Ada banyak sekali manfaat omega 3 untuk anak terutama untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang, meningkatkan pertumbuhan otak dan sistem saraf. Selain itu omega 3 juga dapat membantu mengurangi efek buruk dari kondisi ADHD pada anak.

  1. Mengandung DHA Baik untuk Bayi

Menurut penelitian kandungan DHA pada minyak ikan dapat membantu mengoptimalkan kinerja sistem saraf pada bayi. Dikatakan mereka yang mendapatkan cukup DHA saat kecil memiliki kecerdasan yang melebihi anak-anak yang tidak menerima cukup DHA.

  1. Solusi Sehat Campuran MPASI

Kadang para ibu bingung ketika memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI dengan alasan apakah yang mereka berikan sudah dapat mencukupi gizi anak. Dengan mencampurkan minyak ikan folilac ke dalam MPASI maka para ibu tidak perlu lagi khawatir tentang kecukupan gizi anak mereka.

  1. Membantu Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Bayi

Salah satu kandungan utama dari minyak ikan folilac adalah omega 3. Seperti yang sudah disebutkan di atas salah satu manfaat minyak ikan ini adalah untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

  1. Manfaat Ikan Namun Tanpa Merkuri

Ada banyak sekali manfaat makan ikan, bahkan Menteri Perikanan kita selalu menggalakkan kampanye manfaat gemar makan ikan. yang suka mengkonsumsi ikan memang baik namun selalu ada risiko ikan yang dikonsumsi telah terkontaminasi oleh merkuri. Sementara semua kebaikan ikan yang terkandung dalam minyak ikan folilac sudah dijamin bebas merkuri.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Memberikan minyak ikan kepada anak sejak dini memang baik untuk fungsi otak mereka. Penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi minyak ikan ketika kecil rata-rata memiliki kecerdasan yang lebih dibanding anak-anak yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Sistem Saraf

Tak hanya kinerja dan perkembangan otak saja, kandungan pada minyak ikan juga dapat mengoptimalkan kinerja sistem saraf sehingga membantu perkembangan kognifit anak yang optimal.

  1. Memperbaiki Mood

Mood yang buruk pada anak bisa memicu tantrum atau kolik pada bayi. Tidak mudah mengatasi anak yang tantrum atau kolik namun pemberian minyak ikan dapat membantu memperbaiki mood mereka sehingga dapat mencegah tantrum atau kolik.

  1. Sehat Untuk Mata

Kandungan DHA pada manfaat minyak ikan folilac ternyata juga dapat mengoptimalkan perkembangan saraf penglihatan pada anak. Dengan gaya hidup yang sudah sangat dengan gadget, memberikan minyak ikan dapat membantu mengurangi risiko mata minus pada anak-anak.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat lain dari memberikan minyak ikan folilac pada anak sejak dini adalah dapat membantu mengoptimalkan pertumbuah mereka dengan memperkuat tulang dan gigi.

  1. Mencegah Eksim dan Alergi

Kebanyakan orangtua sering bertanya-tanya penyebab alergi pada anak terutama seperti eksim. Sebelum semua itu terjadi penelitian telah menunjukkan bahwa memberikan minyak ikan pada anak dapat membantu mencegah eksim dan alergi pada anak-anak sehingga ketika dewasa mereka bebas untuk melakukan apa saja tanpa terhalang oleh pemicu alergi.

  1. Menekan Risiko Asma Pada Anak

Alergi juga bisa mengarah pada meningkatkan risiko anak menderita asma. Oleh karena itu ada baiknya para ibu mulai mengkonsultasikan kebutuhan pemberian minyak ikan kepada anak kepada dokter mereka.

Namun ketika orang tua ingin memberikan manfaat minyak ikan folilac pada anak dan bayi mereka tentunya harus mengikuti anjuran dan dengan dosis yang tepat, tidak boleh sembarangan karena ada pula manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan untuk memastikan anak juga terbebas dari risiko obesitas. Beberapa penelitian kelebihan AA dan DHA justru dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada anak-anak. Selain itu tidak semua anak menyukai rasa minyak ikan namun ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasatinya seperti mencampurnya dengan makanan atau memilih produk minyak ikan dengan rasa yang menarik atau dalam bentuk tablet kunyah yang disukai anak.