6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Menambah Berat Badan Yang Efektif

Memiliki berat badan yang ideal menjadi salah satu kondisi pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang perlu diperhatikan orang tua terhadap anaknya. Anak anak dengan nafsu makan yang kurang seringkali memiliki kondisi berat badan yang tidak ideal atau berada di garis hijau. Berat badang yang kurang menjadi salah satu pertanda bahwa ada masalah pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga seringkali akan dicari penyebab dari kondisi tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan berat badan anak adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan. Minyak ikan sendiri merupakan suplemen tambahan makanan yang diambil dari bagian tubuh ikan tertentu yang mengandung ikan. Minyak ikan diketahui memiliki kondisi nutrisi yang baik diantaranya seperti  asam lemak omega-3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Berikut penjelasan mengenai manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan dan manfaat lainnya dalam ulasan di bawah ini.

Benarkah Minyak Ikan Bermanfaat Dalam Meningkatkan Berat Badan

Meningkatkan berat badan merupakan salah satu bentuk kebutuhan pada anak ataupun orang dewasa yang memang memiliki berat badan tidak ideal. Berat badan yang tidak ideal tersebut dipercaya menjadi salah satu faktor resiko terjadinya beberapa penyakit tertentu yang perlu diperhatikan. Berat badan yang tidak ideal, selain berkaitan dengan kesehatan juga seringkali menimbulkan perspektif penampilan yang kurang baik bagi pria maupun wanita.

Meningkatkan berat badan dapat dilakukan dengan menambah asupan mikronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak contohnya terkandung dalam manfaat susu full cream. Kandungan minyak ikan yang hanya merupakan suplemen atau tambahan makanan sebenarnya secara spesifik tidak dapat meningkatkan berat badan. Minyak ikan lebih banyak bermanfaat bagi kondisi kesehatan. Meskipun tidak secara langsung, ternyata minyak ikan tetap dapat membantu peningkatan berat badan melalui mekanisme dan manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan yang dijelaskan di bawah ini.

1. Menghambat kecepatan penurunan berat badan

Meskipun secara tidak langsung dapat meningkatkan berat badan, minyak ikan dapat membantu mendapatkan berat badan yang lebih ideal karena efeknya yang menghambat kecepatan penuruntan berat badan menjadi lebih lambat. Dengan adanya penurunan berat badan yang terhambat tersebut maka seseorang yang ingin peningkatan berat badannya terjadi dapat dilakukan melalui penambahan makanan lainnya yang memiliki kandungan mikronutrien penting.

2. Menjaga kondisi kesehatan

Minyak ikan secara tidak langsung juga dapat membantu menjaga kondisi kesehatan seseorang sehingga dengan kesehatan yang terjaga maka berat badan seseorang tentu tidak akan mengalami penurunan. Seseorang yang mengalami kondisi penyakit baik yang ringan seperti flu dan batuk hingga kondisi permasalahan kesehatan yang cukup berat memang seringkali akan mengalami kondisi penurunan berat badan.

3. Meningkatkan nafsu makan

Permasalahan seseorang yang tidak memiliki berat badan ideal atau terlalu kurung seringkali disebabkan oleh karena nafsu makana yang berkurang atau bahkan kebiasaan makan yang terlalu sedikit. Konsumsi minyak ikan dipercaya dapat membantu meningkatakan nafsu makan sehingga secara tidak langsung dengan nafsu makan yang meningkat maka asupan mikronutrien ke dalam tubuh orang atau anak yang berat badannya terlalu kurung dapat menjadikan perubahan berat badan kearah yang lebih berat.

4. Membantu memenuhi kebutuhan protein harian

Manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan lainnya adalah membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan protein harian di dalam tubuh. Protein menjadi salah satu nutrisi yang harus terpenuhi dengan baik karena berhubungan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan anak terutama. Konsumsi protein yang lebih banyak dari minyak ikan tentu secara tidak langsung akan membantu memenuhi kebutuhan protein yang bisa jadi tidak diperhatikan sebelumnya sehingga menyebabkan berat badan kurus. Adanya protein merupakan salah satu kandungan yang menjadikan banyaknya manfaat minyak ikan untuk anak dan balita.

5. Mencegah hilangnya otot

Manfaat lain dari minyak ikan yang masih berhubungan dengan berat badan adalah mencegah hilangnya masa otot. Minyak ikan tersebut banyak digunakan pada penderita kanker agar tidak kehilangan ototnya dan menjadi sangat kurus. Dengan masa otot yang terjaga maka tubuh tidak akan memiliki bentuk yang kendor atau dalam bahasa lainnya mengelambir.

6. Manfaat minyak ikan lainnnya

Selain manfaat yang disebutkan diatas, minyak ikan juga dapat memberikan dampak positif lain bagi kondisi kesehatan yang tidak berhubungan langsung dengan berat badan. Beberapa manfaat lain dari minyak ikan tersebut diantaranya seperti membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau penyakit jantung, membantu meningkatkan kekuatan otak dan memori terutama sangat bermanfaat bagi kesehatan anak, mengurangi penuaan, dan mencegah paparan polusi udara.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat minyak ikan untuk menambah berat badan. Dalam penjelasan yang diberikan diatas, minyak ikan memang secara nutrisi dan manfaat tidak secara langsung dapat membantu meningkatkan berat badan seseorang yang memiliki masalah pada berat tubuhnya. Manfaat manfaat minyak ikan lainya yang secara tidak langsung membantu dalam meningkatkan berat badan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi