6 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Diet yang Sukses

Kebanyakan orang memulai hari dengan meminum segelas teh atau kopi hangat yang segar untuk meningkatkan suhu tubuh kita setelah bangun tidur. Ketika kita minum air, kita juga cenderung lebih menyukai air yang dingin. Menurut pengobatan dengan metode Ayurvedic, cara tersebut semuanya salah. Meminum air hangat secara teratur khususnya di pagi hari bisa bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh kita, memberikan manfaat bagi pencernaan dan mengurangi sampah metabolisme yang bisa saja menumpuk di sistem imun kita.

Para ahli menyatakan bahwa konsumsi air hangat di pagi hari meningkatkan kinerja usus yang akan mengoptimalkan pembuangan. Tidak seperti air panas, air biasa yang diproses dapat menghilangkan banyak mineral esensial yang bisa sangat berguna pada saluran pencernaan ketika kita sedang makan. Meminum air mineral mungkin tidak cocok bagi selera Anda, tetapi keuntungan dari menyingkirkan konsumsi kafein dan teh sementara atau selamanya akan sangat baik bagi kesehatan dan diet Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum air hangat untuk diet.

1. Membersihkan Pencernaan

Segelas air hangat di pagi hari bisa membantu membersihkan tubuh Anda dengan mengeluarkan racun – racun didalamnya. Air dan cairan lainnya akan membantu menguraikan makanan di perut Anda dan menjaga sistem pencernaan tetap dalam jalurnya. Air hangat akan membantu penguraian makanan ini bahkan lebih cepat lagi, membuatnya lebih mudah bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan yang masuk. Meminum air dingin selama makan bisa mengeraskan minyak di makanan dan menciptakan penumpukan lemak di usus dan tidak memberikan manfaat minum air putih yang banyak. Menambahkan es pada minuman dapat menghilangkan mineral alami makanan, yang diperlukan untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu Anda dalam menetapkan program diet yang bagus, baik itu untuk menurunkan berat badan atau memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan dengan melakukan manfaat minum air hangat untuk diet.

2. Mengatasi Konstipasi

Kita semua pernah terganggu oleh masalah perut yang sangat umum ini ketika kita mengalami sedikit atau tidak mengalami pergerakan usus. Konstipasi dapat menyebabkan perut terasa penuh dan gemuk, bahkan bisa menambah berat badan walaupun dalam tahap yang sangat sedikit. Perasaan kembung dan tegang di perut ketika konstipasi disebabkan oleh kekurangan air di tubuh. Mencoba salah satu dari manfaat minum air hangat bagi kesehatan dan manfaat minum air putih di pagi hari saat perut kosong bisa membantu memperbaiki pergerakan usus dan mengatasi konstipasi sementara mencerna makanan yang lewat di usus dengan mulus. Menstimulasi usus Anda akan membantu mengembalikan fungsinya yang normal.

3. Menghilangkan Sakit

Manfaat minum air hangat untuk diet yang juga dianggap sebagai bahan rumahan yang ampuh dapat membantu mengangkat sakit dari menstruasi hingga sakit kepala. Manfaat air putih bagi tubuh berasal dari panas yang datang dari air hangat diketahui memberikan efek menenangkan dan melembutkan pada otot perut, yang dapat membantu secara cepat ketika perut kram dan juga masalah ketegangan otot. Air hangat biasanya lebih bagus untuk kram karena cairan panas dapat meningkatkan peredaran darah ke kulit dan membantu merilekskan otot yang kram.

4. Menghilangkan Kelebihan Berat

Anda akan memerlukan manfaat minum air hangat untuk diet ini jika berniat untuk menurunkan berat badan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa meminum air hangat di pagi hari pada saat perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan. Air hangat meningkatkan temperatur tubuh, yang kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh. Kenaikan dalam tingkat metabolisme memungkinkan tubuh untuk membakar kalori lebih banyak. Ini juga akan membantu saluran pencernaan dan ginjal untuk berfungsi dengan lebih baik. Para ahli menyarakankan meminum air hangat di pagi hari biasanya dengan campuran lemon yang kaya akan polifenol, atau dengan air teh dapat menurunkan aktivitas radikal bebas di tubuh. Meminum segelas air dan lemon akan membantu menguraikan lemak di tubuh dan juga mengontrol keinginan untuk makan karena serat pektin dalam lemon.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Hal ini tidak kalah pentingnya dan terkait dengan manfaat minum air hangat untuk diet. Sebab penumpukan lemak di tubuh dan sistem saraf ketika kita mengonsumsi segelas air hangat. Cara ini akan membasuh racun yang bersirkulasi di seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat banyak minum air putih dan manfaat minum air setelah bangun tidur akan memastikan otot berada dalam keadaan rileks akan menghilangkan sirkulasi darah yang buruk.

6. Menunda Penuaan Dini

Penuaan dini adalah mimpi buruk yang ditakuti para wanita tetapi untungnya hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi air hangat untuk diet. Asupan makanan yang tidak bagus juga dapat mempermudah Anda mengalami penuaan dini, karena itu bantuan dari air hangat dapat meminimalisir resiko tersebut. Air hangat akan membersihkan racun  dan meningkatkan elastisitas kulit dengan perbaikan sel kulit yang lancar. Ini adalah manfaat air hangat untuk kecantikan yang sangat berguna.

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat untuk diet , minumlah setiap pagi. Anda juga bisa menambahkan lemon untuk perasa. Jangan langsung meminum air panas karena bisa merusak jaringan di mulut dan esofagus Anda, tunggulah beberapa saat sebelum diminum agar suhunya sedikit menurun. Anda tentu tidak dapat mengharapkan manfaat minum air hangat untuk diet akan berhasil jika kondisi sistem tubuh tidak berada pada situasi yang prima. Ini artinya bahwa minum air hangat saja tidaklah cukup. Anda juga perlu menjaga kondisi organ – organ tubuh yang lain dan menghindari makanan yang tidak sehat.