9 Manfaat Minum Air Hangat 4 Gelas di Pagi Hari

Kebanyakan orang sudah terbiasa untuk mengawali minum secangkir kopi atau teh di pagi hari dan bahkan minum air dingin yang sudah menjadi kebiasaan. Akan tetapi, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan kembali dengan beberapa kebiasaan minum kopi atau teh ini sebab dari penelitian menunjukkan jika minum air hangat di pagi hari saat perut kosong mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh. Seorang ahli gizi klinik dan juga ahli kesehatan Ilmu Makanan dan Gizi mengatakan jika minum air hangat di pagi hari juga disarankan oleh dokter yang terbukti bisa mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaat minum air hangat 4 gelas di pagi hari dibandingkan dengan manfaat minum air es di pagi hari seperti yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Minum air hangat di pagi hari menjadi salah satu solusi kecantikan kulit yang baik dilakukan. Penumpukan racun di dalam tubuh membuat tubuh semakin rentan terhadap berbagai jenis penyakit dan minum air hangat sudah cukup ampuh dalam mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel sel kulit sehingga bisa mempertahankan elastisitas kulit anda.

  1. Meringankan Rasa Sakit

Secara rutin minum 4 gelas air hangat di pagi hari juga menjadi obat alami yang efektif untuk mengurangi rasa sakit ketika kram menstruasi. Air hangat akan melemaskan otot otot perut sekaligus meringankan rasa nyeri haid yang terjadi. Selain itu, minum air hangat juga sangat efektif untuk segala jenis kram sebab bisa meningkatkan sirkulasi kapiler sekaligus membantu mengendurkan otot otot dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, mungkin minum 4 gelas air hangat di pagi hari terasa mustahil untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi ini adalah fakta sebab suhu air yang hangat juga akan meningkatkan suhu tubuh anda. Dengan ini, maka metabolisme tubuh juga akan meningkat sehingga memberikan bantuan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon dalam air hangat yang bisa membantu tubuh dalam memecah jaringan adiposa atau manfaat lemak dalam tubuh anda. Dengan rutin minum air hangat, maka proses penurunan berat badan anda juga semakin lancar dan memberikan hasil yang lebih cepat.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Minum sebanyak 4 gelas air hangat di pagi hari juga bisa merangsang sistem pencernaan sehingga tubuh akan lebih baik dalam mencerna dan menghilangkan makanan yang bahkan juga baik dilakukan sebagai solusi maag. Sedangkan minum air dingin sesudah makan bisa menjadi kontraproduktif sebab air dingin bisa memadarkan lemak dan minyak dalam makanan yang anda konsumsi ketika sarapan. Air dingin nantinya akan membuat lemak menimbun dan mempersulit proses pencernaan sehingga mengganti air dingin dengan air hangat di pagi hari menjadi cara terbaik yang bisa anda lakukan.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan masalah perut umum yang sering terjadi selain sakit perut pada saat pergerakan usus sangat sedikit bahkan tidak terjadi sama sekali dan disebabkan karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Apabila anda mengawali hari anda dengan minum 4 gelas air hangat di pagi hari seblum makan, maka sangat membantu untuk memperlancar buang air besar, mengeluarkan racun dalam tubuh dan efek sembelit bisa dikurangi.

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan

Mengganti kebiasaan minum teh atau kopi di pagi hari dengan air hangat juga sangat baik dilakukan karena bisa mempercepat proses penyembuhan. Air hangat sangat baik untuk pencernaan, mengurangi limbah metabolik dalam sistem kekebalan tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Air hangat juga membantu prose tubuh semakin baik dan semakin cepat. Otot otot akan terasa lebih rileks sekaligus meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga minum air putih hangat di pagi hari sebanyak 4 gelas sangat baik untuk melancarkan aliran darah khususnya bagi anda yang sering lesu dan lemah karena anemia

  1. Membersihkan Jerawat

Perlu anda ketahui juga jika minum air hangat dengan teratur juga bisa membantu mengatasi jerawat dengan cara membersihkan internal tubuh. Air hangat nantinya akan menghilangkan akar penyebab dari infeksi yang berhubungan dengan jerawat dari dalam tubuh sehingga lebih efektif.

  1. Membersihkan Hidung dan Tenggorokkan

Telinga, hidung dan juga tenggorokan memiliki saluran yang saling terhubung sehingga jika anda mengalami masalah di salah satu area tubuh baik itu hidung atau tenggorokan, maka bisa menyebar ke area lainnya. Air hangat bisa dijadikan penyembuhan alami untuk solusi batuk, sakit tenggorokan, penyumbatan sinus dan berbagai gangguan telinga hidung tenggorokan lain sehingga anda akan mendapatkan manfaat luar biasa hanya dengan rutin minum air hangat sebanyak 4 gelas di pagi hari.

Dari ulasan yang sudah kami berikan diatas bisa dilihat jika ada begitu banyak manfaat minum air hangat 4 gelas di pagi hari untuk tubuh dan bahkan untuk kesehatan kulit. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon pada air hangat yang tidak hanya bisa menambah rasa namun juga memberikan manfaat yang lebih banyak bagi tubuh anda sekaligus juga tentunya menghidrasi tubuh anda lebih baik.