15 Manfaat Dunia Maya Dalam Berbagai Bidang

Dunia maya bukanlah istilah yang asing lagi di era digital ini, manfaat dunia maya sangat besar bagi perkembangan kehidupan dalam berbagai aspek. Seiring maju dan berkembangnya jaman begitupun dalam hal teknologi,  dunia maya menjadi salah satu dunia yang penting dan seolah telah menjadi kebutuhan. Dunia maya tentu memiliki manfaat dalam kehidupan dan membuat teknologi yang satu ini tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan juga aktivitas sehari – hari kita.

Berikut ini, 15 manfaat dunia maya dalam kehidupan kita:

1. Dunia Maya Untuk Bidang Pengetahuan

dunia mayaDunia maya yang diakses melalui jaringan internet memiliki miliyaran informasi yang dapat kita gali setiap waktu. Dari mulai informasi umum yang telah banyak kita ketahui sampai informasi khusus yang dirasa baru kita ketahui. Hal ini membuat pengetahuan kita menjadi meningkat dan luas karena hampir sama dengan membaca berbagai macam buku.

2. Dunia Maya Untuk Bidang Komunikasi

Ada berapa aplikasi komunikasi di gadget anda? Sangat banyak bukan? Dunia maya menumbuhkan berbagai macam aplikasi canggih yang membuat kita lebih mudah untuk berkomunikasi. Melalui dunia maya kita dapat berjumpa dengan keluarga, teman, kerabat kita. Tidak sedikit yang bertemu dengan teman lama dan kerabat jauh melalui dunia maya. Tentunya juga teman dan kerabat baru dari seluruh dunia.

3. Dunia Maya Untuk Bidang Pendidikan

Kini banyak sekolah ataupun lembaga pendidikan yang sangat memanfaatkan dunia maya sebagai media pembelajaran. Dari mulai sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak hingga tingkat Perguruan Tinggi. Berbagai macam materi bisa disampaikan melalui dunia maya begitupun dalam hal mengumpulkan tugas ataupun pekerjaan rumah.

4. Dunia Maya Untuk Bidang Pelestarian Lingkungan

Sebagian dari kita pasti ada yang tidak menyadari salah satu manfaat dunia maya yang satu ini. Dunia maya dapat membantu peletarian lingkungan secara tidak langsung loh khususnya bagian penghijauan. Berkembangnya teknologi E-Book dalam dunia maya secara tidak langsung mengurangi penebangan pohon untuk memproduksi lembaran kertas. Sehingga pohon – pohon dapat hidup lebih lama dan mencegah terjadinya Global Warming.

5. Dunia Maya Untuk Bidang Pengembangan Bahasa

Puluhan bahasa asing dapat kita temukan dunia maya. Bahasa asing khususnya bahasa Inggris akan sering kita temukan dalam berbagai bagian dari dunia maya. Ini membuat kita sedikit demi sedikit mengembangkan bahasa asing kita sendiri. Sebut saja Google translate yang saat ini sangat memudahkan kita dalam mempelajari berbagai bahasa di penjuru dunia.

6. Dunia Maya Untuk Bidang Media

Dunia maya juga memiliki manfaat dalam bidang media. Kita tidak usah terpatok pada televisi, media cetak, ataupun radio untuk mengetahui berita terkini. Buka saja website berita di internet, semua berita tertulis di sana. Terkadang pemberitaan di dunia maya lebih update dari pada media lainnya karena sang peliput dapat menuyampaikan langsung berita terkini dengan cara mengetiknya di media sosial.

7. Dunia Maya Untuk Bidang Hiburan

Pada dasarnya internet atau dunia maya memiliki manfaat besar dalam bidang hiburan. Segaala macam hiburan dapat kita temukan. Dengan dunia maya, kita dapat menonton acara televisi yang sedang diputar ataupun acara televisi yang sudah diputar di beberapa hari yang lalu. Tentunya acara televisi dari seluruh dunia. Tak hanya itu, kita juga dapat mendapat hiburan dari adanya online game, membaca komik online, hingga mendapatkan lagu-lagu daari seluruh penyanyi di dunia.

8. Dunia Maya Untuk Bidang pekerjaan

Dunia maya memiliki manfaat dalam bidang pekerjaan. In tentu bisa dirasakan banyak orang di dunia. Misalnya saja mengirim laporan ke pada atasan yang sedang berada di luar kota ataupun luar negeri dengan hanya melalui email saja. Sangat mudah.

9. Dunia Maya Untuk Bidang Bisnis

Bisnis melalui dunia maya bukanlah hal yang aneh. Berbagai macam dan jenis online shop bertebaran di internet. Begitupun website penunjangnya seperti website khusus jual – beli. Hal ini membantu para pedangan yang belum mampu untuk membuka counter atau toko dan menjadikan penjual tidak perlu menyediakan modal besar.

10. Dunia Maya Untuk Bidang Jasa Pengiriman dan Konsumen

Tampaknya dalam enam tahun terakhir perusahaan jasa pengantar barang semakin kebanjiran konsumen seiring berkembangnya bisnis dalam dunia maya. Begitupun manfaatnya bagi konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja maupun kendala jarak. Mereka juga memberi keterangan pengiriman melalui situs khusus mereka untuk para konsumen.

11. Dunia Maya Untuk Bidang Jasa Ticketing

Dalam penjualan jasa ticketing sebenarnya sejak dulu sudah ditawarkan oleh berbagai perusahaan yang bersangkutan. Tetapi baru beberapa tahun terakhir ini jasa penjualan online ticketing lebih dikenal lagi seiring banyaknya yang mulai paham. Dari mulai pembelian tiket kendaraan (pesawat, kereta, travel car, DLL) hingga tiket berbagai acara besar dapat dibeli melalui dunia maya.

12. Dunia Maya Untuk Bidang Kesehatan

Tidak sedikit dokter – dokter yang juga memanfaatkan dunia maya untuk berbagi ilmu. Mereka sering sekali mengadakan sesi tanya jawab. Mereka juga sering membantu para pasien yang bertanya mengenai gejaala penyakit beserta solusi.

13. Dunia Maya Untuk Bidang Promosi

Dunia maya juga memberi manfaat dalam bidang promosi. Seperti promosi acara hiburan, penggalangan dana, ataupun ajakan untuk melakukan sebuah gerakan. Terbukti mempromosikan acara dan membuat ajakan gerakan melalui dunia maya sangat memberi hasil yang baik.

14. Dunia Maya Utuk Bidang Karya Seni dan Popularitas

Berawal dari iseng dengan menunjukan karya dalam dunia maya, banyak orang – orang yang populer dan menjadi sosok yang selalu dicari loh. Dunia maya memiliki manfaat tersendiri dalam hal karya seni dan popularitas. Misalnya Raditya Dika. Pria yang baru saja merilis buku terbarunya berjudul ‘Koala Kumal’ tersebut memulai kepopulerannya dengan menulis di blog pribadinya dan berlanju dikenal banyak orang sehingga ia menjadi seseorang yang multitalenta. Selain itu ada juga penyanyi Justin Bieber yang iseng mengunggah video rekaman menyanyinya di situs berbagi video Youtube. Dengan suara khasnya Bieber pun ditarik oleh sebuah label rekaman. Memang dunia maya memiliki kejaiban dalam bidang yang satu ini.

15. Dunia Maya Untuk Kepribadian Seseorang

Ternyata ada satu lagi manfaat dari dunia maya yang ada di dalam diri kita sendiri. Dunia maya membuat diri kita memiliki wawasan yang luas. Banyak ilmu yang diserap oleh otak kita dan menjadikan kita lebih cerdas dalam mengatasi berbagai masalah. Diri kita juga menjadi lebih mandiri.

Perkembangan IT tidak terlepas dari perkembangan dunia maya, manfaat IT yang paling sering kita rasakan adalah dalam bentuk dunia maya.

Dari sekian manfaat dunia maya, sebenarnya semuanya tergantung ke diri kita sendiri. Bagaimana kita menangkap efek positif dan menghindari efek negatif. Karena ada banyak juga hal – hal negatif dari dunia maya. Maka dari itu sangat penting bagi orangtua untuk selalu mengawasi para anak – anak yang belum cukup umur ketika bermain internet.

Baca Juga : Manfaat Internet

, ,
Post Date: Monday 09th, February 2015 / 17:18 Oleh :
Kategori : Teknologi