15 Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Secara Umum

ggotaSiapa yang tidak mengetahui koperasi, koperasi merupakan salah satu lembaga yang ada di masyarakat, pendirian koperasi sendiri karena kebutuhan masyarakat dalam masalah perekonomian. Biasanya di koperasi sendiri terdapat program simpan atau menabung uang sampai meminjam uang, hal itu ada karena kebutuhan masyarakat untuk masalah keuangannya.

Anggota dari koperasi sendiri biasanya dari masyarakat daerah sekitar yang tergantung dimana koperasi itu berdiri, namun saat ini biasanya kegunaan dari koperasi sendiri bukan hanya untuk simpan pinjam saja tetapi bisa sebagai tempat untuk pembayaran listrik baik itu listrik pulsa atau listrik biasa.

Berdirinya koperasi memberikan manfaat bagi anggotanya, diantaranya manfaat tersebut adalah:

  1. Tidak ada bunga dalam peminjaman

Bagi masyarakat yang telah menjadi anggota dalam suatu koperasi atau salah satu koperasi, maka untuk mengatasi perekonomian masyarakat dapat teratasi dengan meminjam di koperasi. Cara untuk meminjamnya pun relatif mudah, hanya dengan menjadi anggota koperasi tersebut sudah bisa meminjam uang untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang sedang terjadi. Terlebih lagi yang menjadi keunggulan pada koperasi diantara penyedia peminjaman uang, koperasi tidak menerapkan sistem bunga dalam setiap anggota yang meminjam uang kepada mereka. Namun sistem yang diterapkan adalah adanya sistem bagi hasil dalam peminjaman tersebut.

baca juga : manfaat utang luar negeri

  1. Menampung produk anggota untuk dijual kembali oleh koperasi

Biasanya di suatu desa baik itu terpencil atau dekat dengan kota, anggota bisa mengumpulkan produk yang dimiliki untuk dijual kembali oleh koperasi. Hal itu terjadi bisa saja anggota tidak mempunyai tempat atau faktor apapun yang membuatnya kesulitan dalam menjual produknya, tetapi disini pula terdapat bagi hasil agar tidak ada yang dirugikan di salah satu pihak.

baca juga: manfaat uang dalam perekonomian

  1. Mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha setiap satu tahun sekali

Anggota yang ikut bergabung di salah satu koperasi untuk menabungkan uangnya, pada setiap setahun sekali berhak mendapatkan SHU yang selalu dibagikan satu sekali. Selain pembagian SHU, dilaksanakan pula RAT atau Rapat Anggota Tahunan untuk mengetahui pelaksanaan atau siklus uang yang kita tabungkan di koperasi tersebut. Besar SHU yang didapatkan tergantung seberapa besar kita sebagai anggota menabung di koperasi tersebut.

  1. Mendapatkan harga yang relatif lebih murah dari non-anggota

Koperasi biasanya bukan hanya simpan pinjam saja program yang ditawarkan, tetapi ada juga kegiatan jual beli pula. Mengani harga nya pun relatif sama seperti toko- toko atau minimarket yang ada. Mengenai harga biasanya bagi anggota memiliki harga khusus atau relatif lebih murah dari pada non-anggota, sehingga itu menjadi nilai lebih yang ditawarkan dari koperasi. Namun selain harga khusus ada pula nantinya point yang akan dikumpulkan untuk mendapat hadiah yang ditukarkan.

baca juga: manfaat pegadaian bagi masyarakat

  1. Mendapatkan pengetahuan mengenai kekoperasian

Tanpa disadari selama menjadi anggota dari salah satu koperasi, manfaat lain yang didapatkan adalah berupa ilmu pengetahuan mengenai kekoperasian. Hal itu bisa didapatkan dari sengaja ada program pelaksanaan bagi anggota untuk pelatihan kekoperasian, atau saat kegiatan lain seperti RAT yang isinya menjelaskan pelaksanaan koperasi selama satu tahun.

  1. Membuat anggota bisa memiliki investasi

Investasi disini dapat berupa tabungan yang dimiliki oleh anggota, lalu nantinya ada sistem bagi hasil yang hasilnya akan masuk kedalam tabungan kita.

baca juga: manfaat devisa negara

  1. Tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi dalam operasional

Pada saat pelaksanaan pun tidak perlu membutuhkan biaya administrai yang besar, bahkan tidak sampai mengeluarkan biaya administrasi pada saat operasional. Hal itu dikarenakan karena dilakukan oleh secara bersama-sama dengan seluruh anggota dari koperasi, sehingga biaya administrasi menjadi lebih ringan bahkan sampai tidak perlu mengeluarkan.

baca juga: manfaat pasar modal bagi emiten

  1. Mendapatkan ilmu berorganisasi

Selain mendapatkan ilmu mengenai pengetahuan kekoperasian tapi bisa juga didapatkan ilmu berorganisasi, ilmu tersebut bisa didapatkan secara sengaja dengan mengikuti pelatihan atau bisa didapatkan secara tidak langsung. Secara tidak langsung disini misalnya anggota tersebut merangkap sebagai pengurus pula, sehingga dari menjadi pengurus tersebut mendaptkan ilmu berorganisasi.

baca juga : organisasi sekolah

  1. Bagi hasil yang adil

Bagi hasil disini dapat berupa laba atau pun SHU, pembagian disini sistemnya tergantung dari kita sendiri sebagai anggota yang menabung atau berkontribusi dalam koperasi tersebut. Sehingga pada pembagian ini tidak akan ada yang terjadi kerugian baik bagi pihak anggota maupun bagi koperasi itu sendiri. Karena pihak koperasi memberikan hasil sesuai dengan seberapa besar anggota tersebut menabung atau kontrubusinya, sedangkan anggota pun sama dengan harus besar hati menerima hasil yang sesuai dengan kontrubisanya terhadap koperasi tersebut.

baca juga: manfaat koperasi sekolah

  1. Mendapatkan relasi yang lebih luas

Manfaat menjadi anggota koperasi yang didapatkan bisa berupa relasi, relasi disini adalah hubungan antara anggota dengan anggota, anggota  dengan penguruh, atau anggota dengan non-anggota. Relasi ini dihasilkan bisa karena misalnya disuatu acara bertemu dengan anggota lain, maka secara tidak langsung itu membuat sebuah relasi. Jika kita sebagai anggota lebih banyak lagi mengikuti acara yang diselenggarakan oleh koperasi, maka semakin banyak orang yang akan kita kenali sehingga semakin luas pula relasi yang kita bangun. Dari relasi tersebut bisa saja ketika ada keperluan akan sesuatu, bisa menghubungi kenalan kita tersebut dan kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

baca juga: manfaat hidup rukun dalam keluarga dan masyarakat

  1. Pengembangan potensi dan ekonomi anggota dilibatkan

Maksudnya disini anggota dilibatkan pada pengembangan potensi dan ekonomi ialah dapat dijelaskan dengan contoh yaitu, ketika salah satu anggota atau masyarakat meminjam uang kepada koperasi maka anggota dari koperasi tersebut juga dilibatkan. Dilibatkan disini maksudnya uang yang dipinjamkan ini berasal dari uang tabungan dari anggota lain, lalu uang itu diputar menjadi uang yang dipinjamkan kepada anggota atau masyarakat yang hendak meminjam uang kepada koperasi tersebut.

baca juga: manfaat KTP dalam kehidupan

  1. Terlibat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia

Terlibat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia disini maksudnya kita sebagai anggota ikut terlibat dengan meminjamkan uang terhadap orang yang hendak meminjam ke koperasi, hal itu dengan cara kita sebagai anggota menabung ke salah satu koperasi lalu ada masyarakat atau anggota yang meminjam uang kepada koperasi tersebut untuk mengembangkan usahanya.

Secara tidak langsung kita disana membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hidupnya, dengan cara meminjamkan uang kepada mereka melalui koperasi untuk modal usaha. Hal itu juga membantu dalam pembangunan bangsa dengan banyak nya masyarakat yang berwirausaha dengan dibantu adnaya peminjaman modal dari koperasi, tanpa adanya bunga bagi peminjam agar membuat mereka tidak merasa tercekik akan bunga yang besar.

baca juga: manfaat perdagangan internasional

  1. Menjaga dan memperkuat perekonomian

Dengan adanya simpan pinjam disini membantu dalam menjaga dan memperkuat perekonomian, khususnya perekonomian menengah kebawah yang sedang merintis usaha. Dengan cara meminjamkan uang terhadap masyarakat yang sedang merintis usaha sebagai modal usaha, lalu di koperasi pun tidak memakai sistem bunga untuk setiap pembayarannya. Maka hal itu tidak membuat masyarakat yang meminjam semakin terpuruk, karena harus membayar pinjaman pokok disertai dengan bunga yang besar.

baca juga: manfaat CGI bagi Indonesia

  1. Bisa mendapatkan penghasilan yang meningkat

Penghasilan yang meningkatkan disini atau pada koperasi dapat dilakukan dengan cara, ketika kita mengumpulkan produk oleh koperasi maka akan ada laba yang dihasilkan dengan dibagi dua hasil yang didapatkan secara adil. Lalu dengan adanya sistem bagi hasil yang adil sesuai dengan seberapa besar kita menabung di koperasi tersebut atau seberapa besar kontribusi yang diberikan kepada koperasi tersebut, maka hasil yang kita dapatkan akan sesuai dengan apa yang kita keluarkan.

  1. Menjaga silaturahmi

Dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi, selain relasi yang didapatkan tetapi silahturahmi yang berkelanjutan pun kita dapatkan. Ketika kita bertemu kembali dengan orang yang diajak kenalan oleh kita di acara sebelumnya, maka silahturahmi itu berlanjut tanpa kita sadaro.

baca juga: manfaat sosial media di berbagai bidang

Diatas merupakan manfaat menjadi anggota koperasi, tidak ada yang salah dalam kita melakukan sesuatu. Tetapi juga tergantung kita melaksanakan nya dengan cara yang seperti apa. Maka dari itu kita harus mendukung kebijakan apa yang telah dikeluaran oleh pemerintah.