7 Manfaat Lingkungan Sekolah untuk Pembelajaran

Setiap orang tua pasti menginginkan putra dan putrinya mendapatkan pendidikan yang baik demi masa depan yang lebih baik pula. Banyak dari mereka yang memilih menyekolahkan anak-anaknya di sekolah favorit karena memiliki lingkungan fisik dan non fisik yang lebih mendukung dalam pembelajaran dan pembentukan kepribadian siswa.

Baca juga:

Nah, berikut adalah penjelasan manfaat lingkungan sekolah bagi pembelajaran siswa:

  1. Mengatasi kebosanan

Masalah kebosanan dalam pembelajaran khususnya yang berhubungan dengan matematika pastinya sangat sering dialami siswa. Namun jika memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran pastinya akan mengurangi kemungkinan rasa bosan.

Baca juga:

  1. Memberi suasana belajar yang menyenangkan

Melakukan pembelajaran di lingkungan sekolah yang baik berpotensi besar meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan. Suasana belajar di lingkungan sekolah yang baik juga dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Hasilnya siswa menjadi lebih termotivasi dengan materi pelajaran.

Baca juga:

  1. Menerapkan teori pelajaran

Lingkungan sekolah yang baik membantu guru dan siswa untuk mendapat kesempatan menerapkan teori-teori materi pembelajaran pada aktifitas kehidupan sehari-hari. Terkadang sekolah mengabaikan kesempatan untuk menunjukan penerapan materi pembelajaran di kehidupan sehingga siswa tidak merasa tertarik untuk belajar dan mudah melupakannya.

Baca juga:

  1. Belajar kemandirian untuk siswa

Belajar di lingkungan sekolah yang baik, bukan hanya di dalam kelas, secara tidak langsung dapat memberi siswa pembelajaran lain mengenai kemandirian. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai objek pembelajaran, siswa dituntut untuk belajar memahami dengan pengamatan nyata sehingga memicu kemandirian siswa dalam belajar dan kaitannya dengan kehidupan.

Baca juga:

  1. Memperluas wawasan siswa

Belajar dengan lingkungan sekolah yang sehat dan baik juga membantu siswa dan guru, terutama siswa, untuk memperluas wawasan mereka mengenai lingkungan sekitar. Hal tersebut juga dapat memicu cara berfikir yang lebih luas dan mendalam mengenai alam, sosial, dan kehidupan.

Baca juga:

  1. Meningkatkan Prestasi

Prestasi belajar dapat meningkat dengan adanya dukungan lingkungan sekolah yang baik. Jika siswa dan guru bersama-sama menciptakan lingkungan sekolah yang komperhensif, siswa dapat dengan lebih mudah menyerap materi pembelajaran. Semakin dalam pemahaman siswa terhadap teori ditambah dengan praktek yang diterapkan pada lingkungan sekolah tentunya dapat meningkatkan prestasi nilai siswa yang terlibat.

Baca juga:

  1. Menciptakan Komunikasi yang Baik

Manfaat terakhir adalah lingkungan sekolah mempengaruhi hubungan antar individu yang berada di dalamnya. Oleh karena itu dengan menciptakan lingkungan sekolah yang baik juga dapat mendekatkan hubungan antara siswa, siswa dengan guru, serta guru dengan guru. Hasilnya siswa dapat lebih terbuka dan lebih mudah mengatasi konflik yang sering kali terjadi karena perbedaan pendapat.

Baca juga: Manfaat Komunikasi dalam Keluarga

Lingkungan sekolah memang sangat penting bagi perkembangan pembelajaran siswa serta keberhasilan guru dalam memberi materi pelajaran. Lingkungan sekolah yang baik dapat mempengaruhi perilaku siswa menjadi lebih baik pula, sebaliknya lingkungan sekolah yang tidak baik dapat mempengaruhi perilaku siswa ke arah yang lebih negatif.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial