Manfaat Uang Kuno Sebagai Hobi yang Sangat Menguntungkan

Bagi sebagian orang, mengumpulkan uang kuno atau disebut dengan numismatik  mungkin dianggap sebagai hobi yang membosankan dan sia sia. Bahkan, tidak sedikit juga orang membuang uang kuno tersebut karena berpikir sudah tidak laku dan tidak terpakai lagi. Akan tetapi, sebenarnya ada begitu banyak manfaat uang kuno yang tidak hanya bisa menambah kekayaan namun juga berdampak positif bagi pemilik uang kuno tersebut. Bagi anda yang kebetulan memang memiliki uang kuno atau berencana untuk mencari hobi yang unik seperti mengoleksi uang kuno, simak penjelasan kami kali ini tentang berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari uang kuno.

  1. Sebagai Sarana Pendidikan

Mungkin anda tidak menyadari manfaat penting dari mengumpulkan berbagai macam uang kuno. Namun sebenarnya, mempelajari tentang uang uang kuno tersebut dan juga latar belakang uang tersebut bisa menambah pengetahuan anda tentang sejarah, politik, masyarakat dan juga budaya seperti manfaat berkunjung ke museum. Dari keterangan yang terdapat di uang kuno, maka anda bisa mengenal berbagai sejarah yang tersimpan dari uang tersebut dari mulai tahun pembuatan, bahan yang digunakan, arti gambar dalam uang tersebut dan masih banyak lagi.

  1. Mengaktifkan Intelektual

Mengoleksi berbagai uang kuno menjadi hobi yang sangat luar biasa untuk orang tua maupun anak mudah karena juga melibatkan kecerdasan seseorang seperti manfaat fotografi. Dari pendapat seorang asisten kurator koin Romawi di The American Numismatic Society di New York City mengatakan jika mengumpulkan uang kuno bisa membuat seseorang menjadi aktif dalam segi intelektual tanpa memandang usia. Dari uang kuno tersebut, anda bisa belajar tentang sejarah, sejarah militer, pemerintah, rezim politik, ekonomi bahkan hingga agama. Bahkan, anda juga bisa belajar tentang bagaimana peradaban dimulai, berkembang dan sampai akhirnya masih digunakan hingga sekarang ini.

  1. Menumbuhkan Rasa Bangga

Memiliki berbagai uang kuno dari banyak negara juga akan menjadi pengalaman baik sekaligus kebanggaan bagi pemiliknya baik dengan membeli uang kuno tersebut atau menemukan dan saling bertukar bersama pemilik uang kuno lainnya seperti yang bisa diberikan dari manfaat melukis. Selain itu, anda juga bisa bergabung dalam persahabatan klub yang juga ikut mengoleksi berbagai uang kuno tersebut.

  1. Meningkatkan Kesehatan Seseorang

Orang tua atau lansia yang memiliki hobi mengumpulkan uang kuno juga dikatakan bisa mempunyai kesehatan yang lebih baik menurut pendapat seorang profesor pekerjaan sosial sekaligus ketua program sertifikat gerontologi di Universitas Dominika sama seperti yang bisa didapatkan dari manfaat hobi memancing. Ia mengatakan jika mengoleksi berbagai uang kuno bisa mempertahankan fungsi kognitif yang tinggi hanya dengan mengumpulkan, mempelajari sekaligus mengatur uang kuno tersebut.

  1. Melatih Kedisiplinan dan Ketekunan

Manfaat lain dari mengoleksi uang kuno adalah untuk melatih kedisiplinan dan juga ketekunan seperti manfaat merangkai bunga. Memilih, mengatur dan juga menyusun koleksi uang tidak boleh dilakukan secara asal atau sembarangan. Semakin disiplin dan tekun anda menyusun uang uang tersebut, maka akan semakin melatih kedisiplinan dan juga ketekunan dalam menjadi seorang numismatis tersebut.

  1. Menjalin Persahabatan

Seperti jenis hobi mengoleksi barang lain, memiliki uang kuno juga bisa menjalin persahabatan dan komunikasi dengan para pemilik uang kuno lainya. Jalinan pertemanan tersebut juga sekaligus menjadi ajang bagi para numismatis untuk saling bertukar uang kuno yang dimiliki untuk menambah koleksi uang tersebut sekaligus menjalin komunikasi dan meningkatkan hubungan sosial lebih baik lagi.

  1. Sebagai investasi

Selain banyak manfaat uang dalam perekonomian, semakin lengkap sebuah seri mata uang kuno yang anda miliki, maka tentunya juga semakin meningkatkan kualitasnya. Uang kuno yang benar benar asli dan masih dalam kondisi yang bagus ternyata bisa dijadikan investasi dimana keuntungan yang dihasilkan akan berlipat ganda. Bahkan, untuk beberapa jenis uang kuno yang benar benar langka bisa dibanderol dengan harga sangat tinggi hingga ratusan Juta Rupiah saja untuk satu lembar atau satu koin uang kuno tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sosial