7 Manfaat Membaca Buku Pengembangan Diri Bagi Pikiran

Sebelum adanya penemuan mesin cetak, buku tidak dapat tersedia untuk masyarakat umum. Pada saat itu hanya kalangan bangsawan dan orang kaya yang memiliki akses paa buku dan kebanyakan orang mempelajari apa yang diajarkan kepada mereka oleh seorang mentor, atau mendapatkan pengetahuan dengan sendirinya melalui percobaan berhasil dan gagal. Membaca buku dianggap sebagai salah satu aktivitas intelektual yang penting. Orang – orang yang terbiasa membaca buku biasanya dianggap orang terpelajar dalam masyarakat. Buku yang dibaca pun akan berbeda – beda setiap orangnya tergantung kepada minat dan aspirasi masing – masing.

Walaupun kebiasaan membaca diantara masyarakat amat beragam, ada banyak pembaca buku yang gemar untuk membaca buku yang subjeknya berhubungan dengan pengembangan diri. Ada banyak sekali buku mengenai pengembangan diri dan kebanyakan berada diantara buku best seller sepanjang masa yang menunjukkan popularitasnya di kalangan para pembaca buku. Ada alasan yang kuat untuk itu, diantaranya karena buku pengembangan diri dapat mengubah kehidupan, atau paling tidak beberapa aspek dari kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.

Keuntungan Buku Pengembangan Diri

sebagian orang menyukai manfaat membaca buku biografi, manfaat ensiklopedia, atau manfaat membaca novel yang mengejutkan. Ada beberapa manfaat membaca buku pengembangan diri yang bisa diperoleh para pembacanya, antara lain:

1. Mengatur diri sendiri

Manfaat membaca buku pengembangan diri yang pertama dan paling utama adalah memungkinkan para pembaca untuk membaca dan mempraktekkan strategi yang dipelajari, dan membuat perbaikan dalam hidup mereka tanpa harus meminta pertolongan orang lain. Maka dari itu, jika kita  membaca, mempelajari dan memutuskan untuk menciptakan rencana hidup kita sendiri dan secara hati – hati melakukan hal yang akan membuat kita lebih baik maka kita akan dapat mencapai tujuan hidup dan memperbaiki hidup secara signifikan.


2. Meningkatkan percaya diri

Manfaat membaca buku pengembangan diri juga dapat membangun rasa percaya diri yang lebih tinggi dalam diri seseorang seiring waktu yang dapat membantu mereka keluar dari hampir semua situasi menantang tanpa harus mengharapkan bantuan orang lain. Seseorang dapat mengembangkan mental yang tangguh untuk mengandalkan diri sendiri, dan mengembangkan kemampuan untuk mengenali dan menguraikan masalah dalam kehidupan sehari – hari.

3. Meningkatkan pandangan positif

Ketika seseorang membaca buku yang menginspirasi setiap hari, Anda akan membanjiri otak dengan kata – kata yang positif dan konsep yang mengangkat semangat.  Menyempatkan diri untuk ini akan meningkatkan vibrasi Anda dan menjaga Anda tetap berada pada kondisi optimal lebih sering daripada sebaliknya. Manfaat membaca komik dan manfaat perpustakaan online juga akan membantu wawasan dan pandangan positif Anda.

4. Membuat pilihan lebih baik

Anda akan terinspirasi untuk membuat pilihan yang lebih baik dan mengambil tindakan positif lebih sering sebagai hasil dari manfaat gemar membaca. Banyak buku pengembangan pribadi juga disertai dengan petunjuk latihan dan format yang meminta Anda untuk lebih memikirkan pilihan – pilihan yang ada dan mengapa pilihan tersebut dibuat. Evaluasi yang jujur akan kehidupan Anda akan membebaskan untuk membuat perubahan yang dibutuhkan sementara masih dapat merasa baik tentang diri sendiri. Ketika Anda waspada mengenai pemikiran di balik tindakan Anda maka pikiran negatif dapat dihapuskan dan diganti dengan cinta, kemungkinan, kekuatan dan keajaiban. Anda akan lebih memahami bagaimana memilih untuk mengisi hari dan dapat melakukan lebih banyak hal – hal yang bermanfaat dan mengurangi yang tidak bermanfaat.

5. Mengembangkan, bukan memperbaiki diri

Manfaat membaca buku pengembangan diri bukan untuk memperbaiki kehidupan seseorang, tetapi untuk meningkatkannya. Poin keseluruhan dari perkembangan pribadi adalah untuk mengembangkan apa yang Anda punya lebih lagi, dan bukan memperbaiki apa yang dirasa kurang. Ketika Anda memperlakukan setiap buku sebagai peta harta karun untuk mengungkap pengetahuan tersembunyi, Anda akan mendapatkan tingkah laku yang playful, penuh rasa ingin tahu yang memungkinkan Anda mengeksplorasi setiap buku dari tempat yang mendasar dan meluas.


6. Menghancurkan batasan diri

Manfaat membaca buku pengembangan diri akan membuat Anda merasa bisa melakukan lebih, menjadi lebih dan mengalami lebih. Kata – kata yang inspiratif akan memungkinkan Anda mengeksplorasi kemampuan diri dan dimana batasan Anda sehingga bisa mendobraknya. Ini adalah cara bagaimana seseorang dapat menjadi lebih kuat dan lebih baik, yaitu menantang diri sendiri untuk pergi ke tempat dimana Anda belum pernah mencapainya sebelumnya. Sehingga dapat mengalami apa yang belum pernah didapatkan. Ketika kita percaya kita bisa menjadi lebih, maka kita akan ditarik dan mengalami sensasi yang lebih dari biasanya.

7. Mengembangkan visi hidup

Semua pikiran positif, pembuatan keputusan, dan pilihan yang lebih baik akan membuat Anda lebih ingin tumbuh dan menjadi lebih baik lagi. Anda akan mampu merancang pandangan hidup dan merancang tindakan yang akan membawa Anda kesana. Walaupun tujuan ini tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan atau karir, tetapi diperlukan ketika seseorang perlu merasa penuh semangat hidup dan terpenuhi di setiap saat.

Memulai pengembangan diri adalah hal yang sebenarnya mudah dan hanya membutuhkan komitmen untuk memulai. Walaupun pada awalnya belum tentu lancar, tetapi tetap berharga untuk membaca buku yang menginspirasi kapan saja Anda memiliki waktu untuk mendapatkan manfaat membaca buku pengembangan diri. Ada banyak area pengembangan diri yang bisa Anda jadikan fokus seperti motivasi, manajemen waktu, fitness dan penurunan berat badan, cinta, keuangan, transformasi pribadi, sukses, dan lainnya. Anda dapat memperkuat kreativitas, produktivitas, image diri yang positif, dan kapabilitas diri.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan