8 Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

Pasar modal atau capital market merupakan salah satu jenis pasar yang ramai oleh transaksi jual beli dari para investor dan juga emiten atau pemilik dari suatu perusahaan. Biasanya, dalam transaksi yang terjadi di dalam pasar modal ini terdapat banyak sekali perputaran dari berbagai macam instrument  modal, yang sangat penting dan juga sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, mulai dari para pemilik perusahaan hingga para investor.

Apa Itu Investor ??

manfaat pasar modal bagi investorPasti anda sudah sering mendengar istilah ini. Ya, investor. Berasal dari kata “invest”, investor merupakan mereka yang berkontribusi dalam membeli berbagai macam instrumen modal yang dijual dan juga ditawarkan di dalam pasar modal. Biasanya investor yang membeli penawaran dari para emiten di pasar modal dapat berupa perseorangan atau pun persero. Jadi, apabila dihubungkan dengan pasar pada umumnya investor adalah seorang pembeli dan emiten adalah seorang penjualnya. Penjual dari instrumen modal tentunya, seperti saham, obligasi dan surat utang.

Investor dapat melakukan transaksi jual beli dari instrumen modal dari emiten di manapun, salah satunya adalah dapat melakukannya di dalam pasar modal. Ada beberapa manfaat dari pasar modal bagi investor. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Untuk mengalirkan dana investasi kepada perusahaan tertentu

Bagi anda para investor yang sedang mencari cara bagaimana cara meninvestasikan stiap dan a yang anda miliki, namun tidak memiliki ide untuk membangun usaha baru, maka pasar modal merupakan salah satu lokasi yang tepat untuk mengalirkan dana dan juga modal yang anda miliki untuk diinvestasikan. Dengan adanya pasar modal, maka anda dapat dengan mudah mencari perusahaan yang menawarkan penjualan sebagian saham ataupun modalnya.

Anda pun dapat bebas mencari, kira-kira perusahaan mana saja yang tepat untuk diberikan invesati yang anda miliki, sehingga nanti pada akhirnya anda akan memperoleh keuntungan.

2. Nilai dari investasi dapat berkembang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi

Pandangan para investor biasanya mengarah kepada bagaimana menginvestasikan modal ke dalam perusahaan tertentu agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan hal ini, maka anda sebagai investor harus jeli melihat bagaimana nantinya hasil yang akan diperoleh sesuai dengan pertumbuhan ekonomi yang terjadi. Manfaat pasar modal bagi investor, maka nilai investasi yang diberikan kepada suatu perusahaan, akan dapat bertambah dan juga berkembang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara.

3. Dapat meminimalisir resiko

Melakukan investasi atau penanaman modal di pasar modal juga dapat meminimalisir resiko yang ada. Hal ini disebabkan karena para emiten atau penawar surat-surat berharga yang tergabung dalam pasar modal biasanya memiliki rekam jejak yang baik, sehingga dapat meminimalisisr resiko kebangkrutan ataupun penggelapan dana yang pastinya akan sangat merugikan para investor

4. Untuk memperoleh deviden atau keuntungan

Salah satu manfaat dan juga tujuan penting dari investor dalam berinvestasi alias menanamkan modalnya pada suatu perusahaan adalah untuk memperoleh deviden. Keuntungan atau laba ini yang diperoleh dari hasil kepemilikan saham. Dengan melakukan investasi ini, maka sebagai investor dalam jangka waktu tertentu akan memperoleh deviden yang tinggi, yang tentunya akan sangat baik untuk kesehatan neraca keuangan anda.

5. Untuk mengambil alih kepemilikan dari suatu perusahaan

Bagi  yang berniat untuk mengambil alih suatu perusahaan tertentu, maka pasar modal adalah salah satu lokasi yang cocok. Dengan adanya pasar modal ini, anda dapat memperoleh informasi detail mengenai perusahaan mana saja yang membutuhkan dana dalam jumlah yang banyak dan juga menawarkan saham kepemilikan, dengan adanya informasi tersebut. Makan manfaat pasar modal bagi investor pun dapat melakukan investasi besar-besaran dan juga dapat mengambil alih kepemilikian dari suatu perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan anda peroleh apabila anda dapat mengambil alih kepemilikan suatu perusahaan melalui pasar modal :

  • Kebijakan-kebijakan perusahaan berada pada tangan anda sebagai pemegang saham terbesar
  • Terbuka peluang untuk memperluas jarngan perusahaan dan bisnis yang anda miliki
  • Keuntungan atau deviden yang diterima menjadi lebih besar dan tinggi.

6. Untuk memperluas jaringan bisnis

Pasar modal dapat menjadi sarana penting bagi investor untuk memperluas jaringan bisnis mereka. dengan adanya pasar modal, maka para investor dapat melihat kira-kira perusahaan mana lagi, yang dapat dibeli sahamnya, dalam rangka memperluas jaringan bisnis mereka. Hal ini sangat berguna terutama bagi mereka para investor yang ‘malas’ untuk memulai segala hal dari nol, dan juga berguna bagi mereka yang memang memiliki tekad untuk memperluas jaringan bisnis nya untuk memiliki perusahaan yang lebih baik lagi.

7. Untuk menjual kembali instrumen modal yang sudah dimiliki

Pasar modal juga dapat merubah investor menjadi emiten, yaitu pihak yang menawarkan intrumen modal. Hal ini dapat dilakukan apabila keuangan dari perusahaan investor tersebut terdesak, dan membutuhkan aliran dana segar. Selain itu, apabila investor ingin pensiun dari bisnisnya, maka pasar modal merupakan tempat yang tepat dan juga aman untuk menjual instrumen modal yang mereka miliki.

8. Memiliki hak suara pada RUPS

RUPS atau rapat umum pemegang saham merupakan rapat yang diadakan oleh para pemilk saham. Dengan keterlibatan investor dalam membeli saham pada pasar modal, maka investor akan memiliki hak suara untuk menyatakan pendapat mengenai kebijakan-kebijakan dari suatu perusahaan tersebut.

Itulah manfaat pasar modal bagi investor. Sekian informasi dan artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda..