8 Manfaat Makan Mangga untuk Ibu Hamil Dan Juga Manfaatnya

Ketika anda menjalani masa kehamilan tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan zat gizi baik bagi si ibu maupun janin yang dikandungnya. Ada banyak sekali cara untuk memenuhi nutrisi tersebut salah satunya mengkonsumsi buah-buahan bergizi dan bervitamin. Salah satu buah yang dapat dijadikan pilihan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah mangga.

Buah mangga memiliki banyak kandungan gizi seperti zat besi, asam folat dan berbagai macam vitamin. Nutrisi yang ada pada buah mangga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini juga memiliki rasa yang manis dan segar sehingga dapat menjadi camilan sehat untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat makan mangga untuk ibu hamil yang sudah kami rangkumkan untuk anda.

  1. Mencegah Kekurangan Darah

Buah mangga memiliki kandungan zat besi yang berperan penting untuk pembentukan darah. Manfaat zat besi dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Kekurangan darah saat hamil memiliki resiko tinggi yang menyebabkan bayi dapat lahir prematur dan tentunya mengancam keselamatan ibu hamil dan kandungannya. Anda bisa mengkonsumsi buah mangga untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan.

  1. Sumber Kalori

Ketika usia kehamilan semakin tua kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh akan meningkat secara drastis. Anda bisa memenuhi kebutuhan kalori tersebut dengan mengkonsumsi buah mangga. Buah mangga merupakan buah yang memiliki kandungan kalori yang cukup besar sehingga bisa menjadi salah satu sumber kalori untuk ibu hamil.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Segar

Bagi ibu hamil menjalani masa kehamilan akan sering merasa letih dan mudah lelah, Hal ini dapat anda atasi dengan mengkonsumsi buah mangga. Kandungan kalium dalam buah mangga dapat mencegah gangguan penyakit seperti kram dan mengurangi rasa lelah dalam tubuh. Manfaat kalium juga mampu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa tetap segar dan tetap menikmati masa kehamilan dengan nyaman.

  1. Menjaga Tekanan Darah Stabil

Buah mangga juga memiliki kandungan magnesium dalam jumlah yang cukup besar. Manfaat magnesium dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Bagi ibu hamil yang ingin terhindar dari tekanan darah tinggi atau darah rendah dapat mencoba mengkonsumsi buah mangga ini.

  1. Nutirisi untuk Janin

Kandungan zat gizi yang ada pada buah mangga juga dapat menjadi sumber nutrisi untuk janin. Kandungan asam folat pada buah mangga dapat menjadi nutrisi dalam pertumbuhan dan perkembangan otak serta sumsum tulang belakang. Buah mangga juga memiliki kandungan kalsium yang bisa memberikan nutrisi pertumbuhan tulang janin. Selain itu buah mangga juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf pada janin. Banyak sekali nutrisi pada buah mangga yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga sangat disarankan untuk bisa mengkonsumsi buah ini secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat makan mangga untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan penglihatan ibu hamil.  Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk mempertahankan kesehatan mata agar tetap normal. Selain menjaga kesehatan mata manfaat vitamin A bagi kesehatan juga berguna untuk nutrisi bagi pertumbuhan janin.

  1. Sumber Vitamin C

Buah mangga menjadi salah satu sumber vitamin C yang mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Bagi ibu hamil vitamin C memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan janin. Manfaat vitamin C yang diperoleh ibu hamil diantaranya mencegah penyakit mulut, menjadi sumber antioksidan alami yang memberikan perlindungan tubuh agar tidak mudah sakit. Sementara bagi janin manfaat vitamin C diantaranya merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang, otot dan kulit.

  1. Sehatkan Pencernaan

Agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah mangga yang kaya serat ini. Manfaat serat yang ada pada buah mangga mampu menyehatkan sistem pencernaan, menghindarkan penyakit konstipasi dan menjadikan pencernaan tetap lancar.

Buah mangga memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Banyak nutrisi pada buah mangga yang dibutuhkan ibu hamil baik untuk menjaga kesehatan maupun nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah mangga mudah anda dapatkan di pasaran dan tentunya memiliki harga yang terjangkau. Pastikan anda mengkonsumsi buah mangga dengan benar dan pilihlah buah mangga yang betul-betul baik kualitasnya tentunya terbebas dari paparan pestisida. Pastikan mengkonsumsi buah mangga sesuai porsi dan ukuran, mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan juga membawa dampak yang tidak baik bagi tubuh.

Manfaat makan mangga bagi ibu hamil sangat besar, dengan harga yang ekonomis serta besarnya nutrisi yang ada pada buah mangga, buah ini bisa menjadi salah satu alternatif asupan makanan anda selama menjalani masa kehamilan. Banyak olahan yang bisa anda buat untuk menikmati buah mangga, sehingga anda tidak merasa bosan saat mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.