7 Manfaat Daun Meniran Untuk Wajah Cantik Bebas Noda

Meniran sebenarnya adalah tanaman liar yang sering tumbuh dengan liar. Namun ternyata, ada sangat banyak manfaat daun meniran baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Meniran termasuk jenis daun rerumputan yang terlihat serupa dengan putri malu namun sedikit lebih besar. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dimana saja asalkan memiliki tanah dengan kelembaban yang cukup. Ada banyak kandungan dalam daun meniran seperti neolignan, asam ascorbic, dammar, hidroksinirantin, asam ricinoleic, quercetin, garlic acid, hinokinin, rutin, isolintetralin, zat samak, phyllantin dan juga kalium. Agar mengetahui apa saja manfaat daun meniran untuk wajah selengkapnya, berikut ini akan kami berikan ulasan menarik tentang daun meniran yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui.

  1. Memutihkan Wajah

Daun meniran memiliki kandungan asam askorbat atau vitamin C yang sangat tinggi dan berfungsi untuk meningkatkan pembentukan kolagen sehingga wajah juga bisa putih dengan penggunaan secara teratur.

  • Haluskan segenggam daun meniran segar lalu tambahkan dengan 1 sendok makan madu, 2 sendok makan minyak zaitun dan sedikit tepung beras ketan.
  • Jika masih sedikit kental tambahkan dengan air secukupnya dan aplikasikan sebagai masker wajah.
  1. Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat vitamin C lainnya yang terkandung dalam daun meniran dan senyawa antioksidan didalamnya juga sangat baik untuk menghilangkan flek hitam.

  • Haluskan 100 gram daun meniran segar, kulit jeruk dengan daging lidah buaya secukupnya memakai blender
  • Tambahkan dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan minyak bunga mawar, perasan jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu
  • Aplikasikan pada wajah dengan merata dan tunggu 30 menit lalu bilas hingga bersih yang dilakukan setiap hari.
  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini pada wajah salah satunya disebabkan karena radikal bebas yang menumpuk di wajah sehingga membentuk lapisan sel kulit mati. Daun meniran merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas tersebut sehingga bisa digunakan juga sebagai masker perawatan kulit.

  • Haluskan 1 genggam daun meniran segar dalam blender dan campur dengan 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, 1 butir putih telur dan juga tepung beras ketan secukupnya.
  • Aplikasikan pasta sebagai masker secara merata ke wajah dan leher lalu diamkan selama 1 jam kemudian bilas hingga bersih.
  1. Mengatasi Jerawat

Dalam daun meniran mengandung ekstrak metanol yang bisa memberikan efek antibakteri terhadap beberapa jenis bakteri seperti escherichia colli, staphylococcus aerus, bacillus subtilis dan beberapa jenis bakteri lainnya. Hal ini disebabkan karena dalam daun meniran mengandung nietetralin, niranthin, phyllanthin dan juga hypophyllanthin yang semuanya bekerja sebagai anti bakteri dan anti fungi penyebab jerawat sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari jerawat meradang.

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Daun meniran juga sangat baik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan segala jenis luka bakar karena kandungan antioksidan tinggi dalam daun meniran yakni vitamin C. Dengan mengaplikasikan daun meniran yang dihaluskan pada luka bakar area wajah atau tubuh, maka luka tersebut bisa lebih cepat sembuh sekaligus mengurangi kebocoran kapiler pasca luka bakar dan juga meningkatkan pertumbuhan jaringan dan kulit yang baru.


  1. Mengobati Sunburn

Sunburn atau luka bakar karena sengatan matahari juga bisa diatasi dengan menggunakan daun meniran. Manfaat antioksidan dan vitamin C dalam daun ini berperan dalam dintesis kolagen sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sengatan matahari tersebut. Nantinya, kondisi kulit juga semakin baik yang bahkan bisa digunakan sebagai tambahan pada tabir surya meski tidak bisa digunakan sebagai pengganti sekaligus mengurangi efek eritema akibat UVB yakni pendarahan kulit superfisial.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Daun meniran juga mengandung komponen penting yang sangat dibutuhkan dalam produksi hidroksiprolin dan hidroksisin yakni untuk mengikat molekul penghasil kolagen. Dengan mengaplikasikan daun meniran secara teratur, maka kulit akan semakin terlihat cerah, elastis sekaligus meremajakan kulit dari akar dan mengurangi keriput sekaligus tanda tanda penuaan lainnya.

Ada begitu banyak manfaat daun meniran untuk wajah yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui. Dari ulasan diatas terbukti jika daun meniran menjadi salah satu solusi kecantikan kulit yang bisa anda temukan di sekitar anda secara gratis karena merupakan tanaman liar. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.