11 Manfaat Buah Pir Korea yang Belum Banyak Diketahui

Pir Korea atau lebih dikenal dengan singo pir ini memiliki bentuk dan warna yang berbeda dari pir pada umumnya. Buah pir korea memiliki warna kecoklatan dengan bentuk seperti buah apel namun ukurannya lebih besar. Tekstur daging buahnya sendiri sangat renyah dan mengandung serat yang sangat tinggi. Varietas pir ini juga memiliki kulit yang sangat tipis, manis dan tidak pahit. Buah pir korea ini bukanlah hibrida dari dua buah dengan kandungan air sangat tinggi sehingga paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak diolah seperti dipanggang. Pir yang berukuran besar ini bisa bertahan selama beberapa minggu jika disimpan dalam tempat dingin dan kering. Seperti jenis pir lainnya, pir korea juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik dikonsumsi. Agar lebih jelas, silahkan simak ulasan tentang manfaat buah pir korea selengkapnya dari kami.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat vitamin C dan K serta tembaga dalam pir korea sangat penting untuk menangkal radikal bebas berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah ini, maka anda akan terbebas dari kerusakan sel sel tubuh karena radikal bebas tersebut.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat terbaik dari pir korea adalah kandungan serat tinggi yang mampu untuk mengurangi kolesterol tubuh sehingga bisa melindungi diri dari penyakit jantung. Selain itu, memperbanyak asupan makanan tinggi akan serat seperti pir korea ini bisa mengurangi risiko stroke hingga mencapai 50%.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan serat tinggi dalam pir korea juga bisa mengikat sel sel karsinogenik dan membuangnya dari tubuh sebagai solusi kanker usus besar dan juga meminimalisir kanker payudara hingga mencapai 34% untuk wanita sesudah menopause.

  1. Tidak Menyebabkan Alergi

Jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya, pir korea ini memiliki risiko alergi yang jauh lebih sedikit saat dikonsumsi sehingga menjadi salah satu jenis buah yang aman untuk diberikan pada bayi.

  1. Mengontrol Gula Darah

Meski rasa dari pir korea ini sangatlah manis, namun buah pir ini tetap memiliki indeks gliserin yang rendah namun tinggi akan serat yang sangat efektif untuk mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antioksidan tinggi seperti vitamin C dan tembaga dalam pir korea bisa membentuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit dari mulai yang ringan hingga berat sekalipun.

  1. Mencegah Osteoporosis

Untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis, maka pH tubuh harus dijaga dengan baik sekaligus mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium. Dalam pir korea ini mengandung boron yang sangat tinggi dimana boron bisa meningkatkan penyerapan kalsium yang dikonsumsi lebih mudah dan maksimal.

  1. Meningkatkan Energi

Kandungan glukosa tinggi dalam pir korea bisa dijadikan sumber energi instan saat anda sedang memiliki tubuh yang lemah. Kandungan dalam pir korea ini sangat mudah diserap oleh tubuh dan langsung diubah menjadi sumber energi yang bisa dipakai oleh tubuh.


  1. Baik Untuk Pencernaan

Pir korea berukuran besar ini mengandung 25% kebutuhan serat harian tubuh. Kandungan serat tak larut dalam jenis pir ini akan bergerak dalam usus secara mudah sekaligus mencegah terjadinya polip usus dan memperbaiki kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

  1. Menurunkan Demam

Pir korea juga sangat baik dikonsumsi saat tubuh mengalami demam karena penyakit. Mengkonsumsi buah pir ini tidak hanya membantu menurunkan demam lebih cepat karena sifat pendinginan yang terkandung didalamnya, namun sekaligus juga membantu meringankan gejala penyakit seperti sakit kepala.

  1. Mencegah Kerusakan Kulit

Pir korea sangat tinggi kandungan serat yang berperan penting sebagai solusi kecantikan kulit supaya bisa tetap lembut dan halus. Pir korea ini akan membantu untuk mengurangi pembuangan gula dalam aliran darah terlalu cepat dan mencegah rusaknya kolagen kulit sejenis protein tertentu yang bisa terjadi saat lonjakan gula.

Seperti beberapa jenis pir lainnya, ada begitu banyak manfaat buah pir korea tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan dan baik dikonsumsi orang dewasa, ibu hamil bahkan untuk bayi yang akan disapih dimana pir korea ini dijadikan makanan pendamping ASI. Semoga ulasan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan