9 Manfaat Buah Pir Hijau Kaya Nutrisi Untuk Segala Usia

Pir hijau adalah salah satu jenis buah manis, lezat dan memiliki kandungan air yang tinggi. Nama pir sendiri sebetulnya menggambarkan beberapa pohon dan juga semak di genus Pyrus. Ada beberapa macam pohon pir di dunia namun hanya beberapa dari antara jenis tanaman tersebut yang bagian buahnya bisa dikonsumsi manusia dan sebagian lagi hanya dijadikan pohon hias dan semak belukar. Beberapa jenis buah pir juga memiliki bentuk seperti buah apel dimana bagian kulitnya dan daging buahnya juga menyerupai apel. Dalam pir hijau mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, folat, senyawa fenolik, mangan, serat, vitamin B dan juga magnesium. Dari sekian banyak nutris dalam buah ini, tentunya juga banyak manfaat buah pir hijau untuk kesehatan tubuh seperti yang akan kami bahas dalam ulasan berikut ini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Dalam setiap buah pir mengandung 18% kebutuhan serat harian yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebagian besar serat dalam pir hijau yakni polisakarida non larut akan bertindak untuk menyehatkan usus, merangsang sekresi lambung dan cairan pencernaan, mengurangi sembelit, solusi diare sekaligus membantu pembuangan tinja dan menghilangkan efek radikal bebas pada usus besar.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti jenis buah lainnya, pir hijau merupakan buah dengan sumber antioksidan yang tinggi berguna untuk memerangi segala macam penyakit dan kondisi dalam tubuh. Antioksidan dalam pir hijau akan berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas yang terakumulasi pada tubuh sesudah proses metabolisme sel dimana radikal bebas tersebut bisa mengubah DNA sel sehat menjadi kanker. Komponen antioksidan dalam buah pir seperti vitamin A, vitamin C dan juga senyawa flavonoid seperti lutein dan beta karoten ini nantinya bisa membersihkan segala penumpukan senyawa dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam buah pir hijau juga memiliki aktivitas anti karsinogenik yang artinya menjadi buah solusi kanker. Buha pir ini bisa anda konsumsi untuk pencegahan beberapa jenis kanker seperti rektum, usus besar, prostat, payudara dan juga paru paru.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pir hijau yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh sebab bisa merangsang produksi sel darah putih yang membantu dalam proses penyembuhan flu biasa dan penyakit ringan lainnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah pir hijau adalah buah yang tinggi akan kalium sehingga secara signifikan berpengaruh terhadap kesehatan jantung sebab potasium merupakan vasolidator yang sangat terkenal. Mengkonsumsi buah pir hijau dengan teratur bisa menurunkan tekanan darah yang berarti juga mengurangi tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

  1. Mempercepat Penyembuhan

Vitamin C adalah salah satu bagian penting pada sintesis jaringan baru di berbagai organ serta struktur sel tubuh. Buah pir ini akan menjaga metabolisme tubuh supaya bisa berjalan dengan baik yang selanjutnya juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka karena kandungan asam askorbat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah pir hijau secara teratur, maka bisa memperbaiki pembuluh darah yang mengalami kerusakan, mengurangi tekanan di sistem kardiovaskular sekaligus mencegah penyakit jantung tertentu yang sedang berkembang.

  1. Meningkatkan Sirkulasi

Untuk penderita anemia atau kekurangan mineral lain, pir hijau sangat membantu sebab kandungan zat besi dan tembaga dalam buah ini, Tembaga akan memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral ke dalam sistem serta meningkatkan kadar zat besi yang tentunya juga meningkatkan sintesis sel darah merah. Zat besi merupakan bagian penting dalam hemoglobin dan anemia merupakan nama lain dari defisiensi zat besi. Untuk itu, bagi anda yang menderita anemia disarankan mengkonsumsi buah pir ini yang bisa mengatasi gangguan fungsi kognitif, mencegah kelelahan, mengatasi kelemahan otot dan juga malfungsi sistem organ.

  1. Mencegah Cacat Lahir

Folat merupakan komponen nutrisi penting yang ada dalam buah pir hjau. Asam folat sudah berkorelasi positif dengan pengurangan defek tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Sehingga mengkonsumsi buah buahan tinggi akan asam folat seperti pir hijau sangat baik untuk melindungi kesehatan bayi dan menjadi alasan utama kenapa wanita hamil harus mengkonsumsi buah ini.

  1. Mengurangi Peradangan

Komponen antioksidan dan flavonoid dalam pir hijau bisa menginduksi efek anti inflamasi dalam tubuh, mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan peradangan seperti gejala radang sendi, rematik, asam urat dan kondisi serupa lainnya.

Ada begitu banyak manfaat pir hijau bagi kesehatan tubuh mulai dari anak anak, orang dewasa bahkan wanita hamil sekalipun. Untuk itu disarankan banyak mengkonsumsi buah pir secara teratur agar bisa mendapatkan semua nutrisi yang terkandung dalam buah menyegarkan ini.