5 Manfaat Laporan Arus Kas dalam Perusahaan

Laporan arus kas atau juga disebut dengan statment of cash flow merupakan bagian dari suatu laporan keuangan, yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran uang kas dalam suatu periode. Pembuatan laporan arus kas ini wajib dilakukan di dalam suatu organisasi, usaha ataupun entitas dengan membuat dua laporan yang berbeda antara catatan kas penerimaan dan kas pengeluaran.

Catatan kas penerimaan contohnya adalah seperti investasi, pendapatan maupun dana masuk lain yang diterima perusahaan. Sedangkan catatan kas pengeluaran adalah beban biaya yang harus dibayarkan perusahaan atau pengeluaran lain yang membutuhkan biaya keluar. Jika sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat laporan keuangan bagi perusahaan, artikel ini akan membahas mengenai apa saja manfaat laporan arus kas perusahaan yang bisa diperoleh investor, kreditor atau pihak lain seperti di bawah ini:

1. Melihat posisi keuangan perusahaan dengan mudah

Dengan adanya laporan arus kas, perusahaan bisa mengetahui posisi keuangan perusahaan dengan cepat dan sangat mudah. Arus kas memperlihatkan angka positif atau arus kas bersih, artinya perusahaan memperoleh laba. Dan sebaliknya jika arus kas memperlihatkan angka negatif, maka perusahaan mengalami kerugian atau defisit. Laporan arus kas menjadi salah satu penting karena dapat menjadi dokumen pendukung dalam menilai jalannya sebuah perusahaan.

2. Meningkatkan kas perusahaan di masa mendatang

Laporan arus kas berguna untuk melihat hubungan dengan investor maupun kreditor dalam kegiatan perusahaan. Dengan melihat laporan arus kas bisa mendapatkan info mengenai penurunan dan kenaikan kas. Sehingga investor atau kreditor dapat melihat dengan mudah bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas untuk masa depan atau bisa memprediksi kas yang akan diperoleh pada periode selanjutnya. Hal ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan langkah perusahaan dibantu dengan manfaat riset pemasaran bagi perusahaan.

3. Menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban

Manfaat laporan arus kas lainnya yang biasanya dibantu dengan manfaat laporan laba rugi bagi perusahaan adalah mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban perusahaan seperti menggaji karyawan, melunasi hutang perusahaan dan lain sebagainya. Laporan arus kas berisi mengenai dari mana saja kas berasal dan untuk apa saja kas akan digunakan, sehingga baik investor maupun kreditor dapat mengetahui dengan pasti bagaimana arus kas yang ada di dalam perusahaan.

4. Melihat pembiayaan dan investasi di perusahaan

Di dalam laporan arus kas terdapat tiga bagian yaitu aktivitas pembiayaan, investasi dan operasional. Hal ini akan memudahkan investor dan kreditor untuk mengetahui kegiatan investasi maupun pembiayaan yang dijalankan oleh perusahaan. Jika terjadi perubahan pada jumlah aset dalam periode itu, bisa ditelusuri penyebabnya dengan melihat laporan arus kas ini. Inilah yang menjadi salah satu manfaat akuntansi bagi kehidupan dalam penerapan pembuatan laporan arus kas.

5. Membedakan laba bersih dengan arus kas bersih

Pada suatu perusahaa, angka dari laba bersih menjadi hal yang penting karena dapat menentukan apakah suatu perusahaan mengalami kegagalan atau kesuksesan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati laporan arus kas dari satu periode dengan periode yang lain, sehingga jika ada perbedaan antara keduanya dapat diketahui penyebabnya. Hal inilah yang menjadikan manfaat dari laporan arus kas sama pentingnya dengan manfaat asuransi bagi perusahaan.

Demikian informasi tentang manfaat laporan arus kas di dalam perusahaan. Semoga bermanfaat.