4 Manfaat Kurma Mentah Untuk Kesehatan dan Kesuburan

Meskipun bukan termasuk buah lokal atau buah asli Indonesia namun buah kurma bisa dikatakan sangat populer di negara kita. Apalagi ketika memasuki bulan ramadhan, hampir di setiap toko dan sudut jalan orang menjajakan buah yang berasal dari jazirah Arab dan Afrika Utara ini. Rasanya yang manis alami dan tekstur dagingnya yang lembut membuatmya disukai banyak orang. Tidak hanya dimakan langsung, daging buah kurma juga kerap diolah menjadi berbagai makanan dan kue.

Selain kurma yang sudah matang ternyata buah kurma mentah atau yang masih muda juga banyak dikonsumsi meskipun rasanya tidak semanis dan seenak kurma yang sudah matang. Kurma mentah biasanya berukuran lebih kecil dengan kulit buah yang cukup keras dan daging buahnya berwarna putih. Kurma mentah ada yang berwarna hijau, kuning, atau merah. Untuk kurma mentah yang berwarna hijau atau kuning biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan kurma mentah yang berwarna merah.

Meskipun rasanya tidak begitu enak namun kurma mentah banyak dikonsumsi karena manfaatnya yang sangat berguna untuk kesehatan. Terutama sekali untuk mendukung kesuburan pasangan suami istri agar cepat mendapatkan momongan disamping beragam manfaat lainnya. Manfaat kurma mentah ini didukung oleh kandungan nutrisi yang beragam seperti manfaat zat besi, klorida, kalsium, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, manfaat vitamin K, hormon botosin, manfaat serat, manfaat protein, tembaga, dan asam nicotenic.

Lalu apa saja manfaat kurma mentah atau manfaat kurma muda bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan kesuburan dan vitalitas

Kurma mentah kerap dicari oleh pasutri yang telah lama menikah namun belum juga dikaruniai momongan. Hal ini disebabkan buah ini terkenal dapat membantu meningkatkan kesuburan serta meningkatkan vitalitas. Kandungan hormon botosinnya akan meningkatkan gerak peristaltik pada rahim dan pembuluh darah wanita sehingga berpengaruh positif pada tingkat kesuburannya. Bahan alami lainnya yang juga memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat daun kemangi untuk kesuburan, manfaat kecambah untuk kesuburan, dan manfaat kacang hijau untuk kesuburan.

2. Mencegah pendarahan rahim

Kurma mentah juga baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil karena bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendarahan rahim. Seperti diketahui pendarahan yang terjadi ketika masa kehamilan bisa membahayakan nyawa ibu dan janin yang dikandungnya sehingga harus dicegah dan diwaspadai.

3. Melancarkan proses kelahiran

Selain itu kurma mentah juga sangat baik untuk membantu kelancaran proses melahirkan. Hal ini didukung oleh kandungan hormon botosin dan oksitosin pada kurma mentah. Hormon botosin mencegah terjadinya pendarahan dan hormon oksitosin membantu otot polos pada dinding rahim agar lebih mudah dan lancar berkontraksi saat melahirkan. Selain itu manfaat rumput fatimah juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendukung proses kelahiran.

4. Meningkatkan produksi ASI

Tidak hanya sampai proses kelahiran bahkan konsumsi kurma mentah juga dapat meningkatkan produksi ASI sehingga bayi mendapat asupan nutrisi yang cukup. Hal ini didukung oleh kandungan hormon oksitosin yang terdapat pada kurma mentah. Bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menambah produksi ASI adalah manfaat fenugreek dan manfaat daun ketela rambat.

Itulah diantara manfaat kurma mentah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk pasutri yang ingin segera memiliki anak. Disamping manfaat-manfaat di atas masih ada banyak lagi manfaat kurma mentah untuk kesehatan diantaranya meningkatkan daya ingat, baik untuk kesehtan jantung, mencegah penyakit kanker mulut, baik untuk kesehatan mata, serta menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan