10 Manfaat Kacang Pinus Bagi Kesehatan

Pada kesempatan kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi informasi yang cukup penting berkaitan dengan Manfaat Kacang Pinus.  Sebelum saya menjelaskan berbagai macam dari kacang pinus sendiri, sekilas perlu kalian ketahui Apa Itu Kacang Pinus .

kacang pinusKacang Pinus disini termasuk bentuk dari biji pohon Punus yang dapat dimakan. Kacang Pinus merupakan golongan kacang pohon secara kuliner tetapi tidak secara botani. Kacan ini memang dapat dimakan, tetapi untuk membudidayakannya secara komersil masih terbatas karena jumlah dari hasil dan ukuran kacangnya sendiri.

Untuk di Asia sendiri, yang di budidayakan adalah Pinus Korea (Pinus Koraiensis) di semenanjung Korea & Pinus Chigoza (Pinus Gerardiana) Di Himalaya. Kacang pinus terindungi dari cangkang yang reatif teba tergangtung spesiesnya.  Kacang pinus memiliki usia simpan yang realtif lama, asallkan disimpan di tempat yang mengandung udara kering dan dingin. Kacang Pinus yang sudah di kupas, tentunya bisa di konsumsi langsung.

Nutrisi kacang Pinus cukup bermacam-macam, salah satunya Kacang Pinus Batu yang memiiki kadar protein tertinggi. Dan Kacang Pinus disini merupakan sumber serat pangan yang signifikan. Untuk selengkapnya, akan saya deksripsikan di Manfaat dari Kacang Pinus .

1. Meningkatkan Energi

Yang pertama, kacang pinus sangat bermanfaat untuk meingkatkan energi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam kacang pinus terkandung energi yang mampu membantu dalam memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh. Dimana ada kandungan protein yang melakukan proses pembakaran bahan bakar secara perlahan yang berpengaruh pada penyimpanan energi dalam tubuh. Selain itu, kadar besi dalam kacang pinus juga membantu dalam mengangkut dan menyimpan energi dalam tubuh, sekaligus membantu sel dalam menghasikan energi .

2. Membantu Menekan Nafsu Makan

Pada suatu penelitian menunjukkan , bahwa kandungan asam emak esensia pada kacang pinus (Pinolenic),mampu membantu dalam menghilangkan rasa kelaparan. Dimana ada studi yang berhasil menemukan kesimpulan  mengonsumsi sekitar setengah sendok teh minyak pinus sebelum makan mengurangi jumlah asupan makanan yang dibutuhkan tubuh sebanyak sembilan persen.

Hal di atas , juga pernah dibuktikan dalam sebuah makalah yang di sampaikan ketika American Chemica Society Nattiona Meeting and Exposition pada tahun 2006, Dr . J.L. dimana menunjukkan bagaimana wanita yang diberi tig gram Pinolenic acid ketika sebelum mereka sarapan. Pada akhirnya membuktikan bahwa suplemen zat tersebut mampu mengendalikan nfasu makan pada wanita yang kelebihan berat badan dan menyebabkan penurunan asupan makanan sebanyak 37%.

3. Membantu Mengurangai Resiko Penyakit Jantung

Kacang Pinus itu sangat kaya akan kandungan vitamin E, dimana kandungan ini mampu mempertahankan sel-sel yang sehat serta memerangi penyakit. Lemak tak jenuh tunggal disini mampu membantu tingkat kolestrol jahat lebih rendah dalam mengurangi resiko penyakit jantung atau stroke.

4. Memperlambat Penuaan

Di dalam kacang pinus juga terkandung vitamin dan mineral esensial diantaranya seng, vitamin D , B2 dan kalium, yang mana kesemua zat tersebut mampu menghancurkan radikal bebas yang berlebihan pada tubuh. Dengan ini kacang pinus dengan antioksidan mampu mencegah radikal bebas dalam merusak sel. Dengan ini kandungan dalam kacang pinus mampu menjaga anda dari terjadinya proses penuaan.

5. Meningkatkan penglihatan

Manfaat kacang pinus selain sangat terkenal untuk menekan nafsu makan, kacang pinus juga mengandung zat lutein, karotenoid kuning yang membantu menyaring sinar UV sebelum kerusakan makula, sehingga ini akan mengulur degenari makula terkait usia. Selain itu ada zat beta-karotin yang cukup banyak yang mampu melindungi kesehatan mata, dimana sebelumnya zat dalam tubuh akan mengubah beta karoten yang ada dalam kacang pinus menjadi Vitamin A yang mampu melindungi kornea mata dan menyehatkan mata pula.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam kacang pinus juga terdapat kandungan vitamin C. Pada kandungan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam vitamin C terdapat zat yang mampu  memperkuat tulang. Dan ada zat besi yang juga bergunan untuk meningkatkan sistem peredaran darah dan kesehatan syaraf dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker

Kacang pinus memiliki antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti halnya kanker. Dengan konsumsi kacang pinus setidaknya sel-sel dalam tubuh dapat tercegah dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Sumber Diet Utama

Kacang pinus adalah makanan untuk diet yang sangat ampuh sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Ia dapat membantu dalam menyukseskan diet anda. Karena kacang pinus dapat membantu dalam membentuk protein yang membuat tubuh cepat kenyang.

9. Melindungi kulit

Kacang pinus sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin E yang terdapat didalamnya.

10. Baik untuk saraf

Kelebihan kacang pinus lainnya adalah sangat baik untuk saraf, kandungan antioksidan dalam kacang pinus ampuh untuk membantu kesehatan saraf tubuh manusia.

Kacang pinus adalah salah satu jenis kacang kacangan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu manfaat kacang pinus paling terkenal adalah untuk diet. Ia akan membuat perut anda kenyang lebih lama sehingga dapat membantu diet.

Manfaat kacang lainnya :

,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.