16 Manfaat Buah Honje untuk Kesehatan Tubuh

Honje atau sering disebut kecombrang merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang menarik karena memiliki daun dan bunga buah yang cantik. Tidak hanya menyegarkan mata, tanaman dengan nama ilmiah Etlingera elatior ini juga memiliki berbagai kandungan zat yang menyehatkan tubuh manusia. Biasanya, bunga buahnya dapat dijadikan jus, begitu pula pada batang dan daunnya yang dapat diolah sebagai lalapan atau hidangan lainnya. Tidak salah apabila Anda menggunakannya sebagai obat herbal alami yang multitalenta karena hampir seluruh bagian tanaman tersebut sangat baik untuk kesehatan. Zat yang dimilikinya diantaranya adalah:

  1. Karbohidrat, sebagai sumber energi utama.
  2. Protein, untuk membantu proses metabolisme dan regenerasi sel.
  3. Lemak, sebagai cadangan energi.
  4. Serat, untuk melancarkan sirkulasi sistem organ dalam, sangat banyak manfaat serat.
  5. Zat Besi, untuk menjaga pengangkutan oksigen di dalam darah.
  6. Kalium, untuk menjaga kesehatan jantung.
  7. Kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
  8. Vitamin C, untuk mencegah sariawan dan antioksidan maupun manfaat vitamin C lainnya.
  9. Flavonoid, berfungsi sebagai antioksidan tambahan.
  10. Saponin, bersifat anti-mikroba.

Anda bisa mengolahnya dengan cara merebusnya saja ataupun membuat jus dengan langkah-langkah berikut:

  1. Ambil buah honje yang sudah berwarna merah tua kemudian cuci hingga bersih.
  2. Tumbuk atau blender buah honje.
  3. Rebus buah honje dengan air secukupnya, lalu saring dan pisahkan ampas dengan sari buah honje.
  4. Campurkan sari buah honje dengan air gula dan tambahkan es jika Anda menginginkannya.
  5. Aduk sampai merata dan jus buah honje siap dihidangkan.

Dengan kandungan tersebut, dapat dilihat bahwa manfaat buah honje meliputi berbagai hal berikut:

1. Mencegah Dehidrasi

Memiliki cukup banyak kandungan air dan mineral membuat honje baik untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh khususnya apabila Anda sering mengolahnya menjadi jus. Tidak hanya buahnya, daunnya pun cukup mengandung beragam mineral.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat yang Anda pada honje dapat digunakan untuk menurunkan jumlah kadar kolesterol jahat. Kolesterol tinggi dapat mengakibatnya penyakit yang lebih parah seperti halnya penyakit stroke atau tekanan darah tinggi.

3. Membersihkan Pembuluh Darah

Honje sangat baik digunakan untuk membersihkan sistem peredaran darah karena zat besi yang berfungsi sebagai pengangkutan oksigen berperan penting untuk membersihkan saluran darah ke seluruh tubuh sehingga menyehatkan sirkulasi darah.

4. Melancarkan Produksi ASI

Bagi para ibu hamil, mengonsumsi honje dalam porsi yang sesuai akan mampu melancarkan dan meningkatkan produksi air susu ibu, dimana hal ini cukup bermanfaat bagi mereka yang bermasalah dalam produksinya, entah kurang nutrisi ataupun sedang dalam kondisi yang tidak sehat sehingga jumlah ASI-nya tidak normal.

5. Baik untuk Kekuatan Tulang

Sebagai bahan alami, honje juga bermanfaat untuk menguatkan tulang untuk mencegah osteoporosis ataupun penyakit tulang lainnya. Bagi mereka yang sering mengangkat beban berat selama bertahun-tahun, tentu tidak baik di masa tuanya, hal ini dapat berakibat pembungkukan atau pengeroposan tulang lebih cepat. Untuk itu, disarankan Anda mengonsumsi honje secara berkala dan dibarengi dengan olahraga pagi untuk hasil yang optimum.

6. Mencegah Gizi Buruk

Kalium yang tinggi akan berperan besar dalam penyerapan gizi oleh tubuh manusia, untuk itu honje dapat mencegah Anda terhindar dari gizi buruk karena pencernaan akan memaksimalkan kinerjanya. Kadang-kadang orang yang sedang diet pun dapat terkena gejala ini karena pola yang salah.

7. Membantu Menghilangkan Bau Amis

Tidak hanya untuk tubuh manusia, honje pun sering dimanfaatkan untuk berbagai hidangan yang bahan dasarnya memiliki bau yang amis. Keharuman honje dapat meminimalisir dan membantu menghilangkan bau yang tidak sedap dengan merebusnya bersamaan dengan bahan yang amis.

8. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam honje akan membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi akan membantu produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang sehingga lebih terjaga

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena honje mengandung serat yang cukup banyak, maka honje mampu melancarkan sistem pencernaan agar lebih mudah menghancurkan makanan dan membantu penyerapan sari-sarinya oleh usus halus. Dengan begitu, pembuangan feses juga akan lebih lancar dan sehat.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena mengandung kalium yang tinggi, maka honje juga dapat menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, serat yang terkandung juga akan membantu penceranaan lebih baik agar diperoleh berat badan ideal, yang mana menghindarkan manusia terkena risiko penyakit jantung.

11. Menurunkan Risiko Kanker

Karena terdapat berbagai macam mineral, maka honje dapat membantu menurunkan risiko kanker yaitu berkembangnya sel-sel abnormal di dalam tubuh, khususnya kanker pada organ dalam seperti kanker usus, kanker rahim, kanker payudara, dan sebagainya.

12. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Zat besi yang membantu produksi hemoglobin secara tidak langsung juga membantu pengikatan oksigen di dalam darah. Nah, agar dapat bekerja maksimal, oksigen sangat diperlukan oleh otak agar selalu prima dalam berpikir keras karena akan sangat menguras tenaga. Honje menjadi pilihan yang tepat untuk selalu menyegarkan fungsi otak.

13. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Adanya fosfor dan kalsium membuat kesehatan gigi Anda menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi honje secara berkala, gigi dapat terhindar dari pengeroposan dan bisa menjadi lebih kuat, tentunya lebih optimal jika Anda tetap menjaga kebersihan gigi setiap hari.

14. Memaksimalkan Fungsi Imunitas Tubuh

Zat besi dapat memaksimalkan sistem kekebalan tubuh karena dapat mengaktifkan sistem limfosit guna melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Zat-zat lainnya juga membantu proses metabolisme yang lebih baik karena banyak sekali yang mendukung tubuh menjadi lebih kuat.

15. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit

Honje juga dapat mengobati penyakit kulit yang disebabkan baik oleh virus, bakteri, ataupun zat radikal bebas dari sinar UV, polutan, maupun yang lainnya. Contohnya dapat digunakan pada penyakit cacar, campak, atau infeksi kulit yang ringan.

16. Sebagai Sumber Energi untuk Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet dan mengurangi asupan karbohidrat serta lemak, honje dapat digunakan sebagai salah satu menu untuk konsumsi sehari-hari. Dengan kandungan mineral yang sehat, honje bisa menjadi asupan ketika diet karena rendah lemak namun tetap menguatkan.

Tunggu apalagi? Semoga Anda dapat segera mencoba manfaat buah honje dan merasakan manfaatnya!