4 Manfaat Puasa Bagi Ginjal Paling Sehat Teruji Ilmiah

Puasa tidak hanya bermanfaat untuk mengendalikan diri dari berbagai hal-hal buruk yang harus dihindari selama berpuasa. Manfaat menakjubkan dari ibadah puasa bagi kesehatan ginjal ini tidak main-main, banyak sekali manfaat yang memang telah melalui survey dan penelitian para ahli kesehatan dan dokter. Selain puasa ternyata bahan alami juga bagus untuk ginjal, seperti manfaat daun pandan untuk ginjal dan juga manfaat kulit manggis untuk ginjal misalnya. Dari hal tersebut berikut ini berbagai manfaat puasa bagi ginjal :

  1. Membuat kinerja ginjal lebih optimal

Saat berpuasa kita menahan segala jenis makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh. Saat itulah terjadi proses dimana ginjal bisa bekerja lebih baik dan optimal. Ginjal akan melakukan tugas dan fungsinya menjadi lebih efektif dikarenakan konsumsi air saat kita berpuasa sangatlah sedikit, sehingga ginjal dengan bebas bisa bekerja secara maksimal. Proses penghentian konsumsi air selama kita berpuasa ini yang membuat ginjal jadi lebih terjamin kesehatannya.

2. Meningkatkan osmosis urin

Kekuatan osmosis urin adalah suatu proses dari pembentukan urin yang membuat kinerja pembuluh darah menjadi meningkat sehingga fungsi dan kerja sel darah merah akan bekerja lebih baik lagi. Proses ini berlangsung dikarenakan saat berpuasa kita minim mengkonsumsi air putih. Kurangnya asupan minum inilah yang membuat ginjal menjadi lebih sehat sebab osmosis bisa memiliki kekuatan dari 1000 sampai 12000 ml osmosis per 1 kg air yang ada dalam tubuh kita.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Saat berpuasa kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi segala jenis makanan dan minuman termasuk obat-obatan. Bicara tentang obat-obatan, pasti kita sudah mengetahui bahwa obat memiliki efek yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Sehingga saat kita tidak lagi mengkonsumsi obat dalam waktu yang cukup lama kurang lebih selama sebulan berpuasa, hal itu akan membuat ginjal terlepas dari kerja keras dan pengaruh buruk obat. Karena jika kita terlalu sering mengkonsumsi obat maka beberapa kemungkinan tidak baik akan diterima oleh ginjal, contohnya seperti menyebabkan luka dan reaksi alergi yang membuat kerusakan pada ginjal.

4. Melindungi kesehatan serta fungsi ginjal

Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring dan memberishkan darah dalam tubuh. Selain itu fungsi ginjal yang tidak kalah pentingnya yaitu sebagai organ pembentuk urin. Urin sendiri diproduksi untuk membuang sisa minuman yang tidak lagi bermanfaat bagi tubuh. Nah, hubungan dari fungs ginjal dan puasa adalah saat berpuasa ginjal akan berfungsi secara maksimal dan hal tersebut sangat baik bagi kesehatan ginjal itu sendiri. Dengan bekerja secara maksimal ginjal akan terus terjaga kesehatannya.

Berbagai penelitian dan para dokter ahli juga sudah membuktikan dari manfaat menakjubkan dari ibadah puasa bagi kesehatan ginjal tersebut. Dan jika tidak ingin repot, maka ambil kunyit saja, karena tidak kalah baik juga manfaat kunyit untuk ginjal. Sehingga kini orang yang memilki masalah pada kesehatan ginjal tidak perlu khawatir dan takut lagi tentang manfaat puasa. Bahan alami yang bisa mengatasi masalah ginjal lainnya adalah dengan menyerap manfaat madu untuk ginjal serta manfaat daun suku nuntuk ginjal yang mudah kita dapatkan.Untuk lebih meyakinkan dan aman bagi kesehatan, jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada dokter ahli yang bersangkutan pada masalah ginjal yang anda alami. Hal ini dilakukan demi mendapatkan kepastian sehingga kita bisa berpuasa secara fokus dan maksimal untuk mendapatkan banyak pahala di bulan suci yang penuh berkah ini.