10 Manfaat Ikan Lidah Untuk Kesehatan

Ikan lidah, ikan lendra atau cynoglossus lingua termasuk flatfish dalam famili cynoglossidae, berbentuk sangat pipih dan memiliki kedua bola mata hanya di sisi kiri tubuhnya mirip seperti ikan sebelah. Ikan lidah adalah salah satu jenis ikan yang hasil tangkapannya melimpah, ukurannya kecil dan biasa diolah menjadi ikan asin, sedangkan yang berukuran sedang biasa ditemukan dijual di pasar sebagai lauk pauk, dan ikan lidah ukuran besar biasanya akan diekspor ke berbagai negara seperti Cina, Singapura dan Jepang karena banyak dicari pedagang besar sebagai kebutuhan restoran berbintang. Ikan lidah paling besar mencapai ukuran 66 cm, walaupun kebanyakan hanya berukuran setengahnya atau kurang. Ikan ini banyak ditemukan di lautan tropis dan subtropis, terutama di perairan dangkal dan muara, sebagian juga ditemukan di dasar laut dalam bahkan di sungai. Ikan lidah juga biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini berwarna merah kecoklatan pada sisi tubuh yang memiliki mata, memiliki tutup insang, sisik gurat sisi, sirip punggung, perut dan ekor hingga sirip anus. Tidak memiliki sungut, tidak memiliki sirip dada, dan finlet, keel, scute, korselet, duri mata pisau dan duri pelindung.

Kegunaan Ikan Lidah Bagi Kesehatan

Kandungan ikan lidah memiliki sangat banyak nutrisi. Dalam 100 gram ikan lidah mengandung 100 kkal, 16 gram protein, dan 100 UI vitamin A, vitamin B kompleks dan berbagai nutrisi lainnya. ikan lidah juga mengandung asam lemak omega 3, vitamin D, vitamin B, vitamin B2 atau riboflavin, kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium dan kalium. Ciri – ciri ikan lidah memiliki tubuh yang nonbilateral simetris, artinya jika dibelah melintang akan tampak ada perbedaan antara sisi kiri dan kanannya. Manfaat ikan lidah sebagai manfaat ikan laut untuk kesehatan antara lain yaitu:

1. Mengandung Omega 3

Rambut serta kulit yang kusam dan kering bisa disebabkan oleh diet rendah lemak yang sedang dijalankan atau kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Ikan lidah mengandung omega 3 sebagai lemak sehat yang baik untuk nutrisi menjaga kulit tetap sehat dan rambut berkilau alami. Manfaat omega 3 juga terdapat pada manfaat ikan nila merah, manfaat ikan nila dan manfaat ikan cukil.

2. Memperkuat kesuburan laki – laki

Konsumsi ikan lidah yang dilakukan secara teratur oleh para lelaki akan membantu membuat tubuh lebih segar dan memperkuat kualitas sperma. Terlebih jika konsumsi ikan lidah juga dibarengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran hijau, biji – bijian dan buah – buahan.

3. Sebagai sumber vitamin B

Ikan lidah mengandung vitamin B yang penting untuk membantu memelihara sel – sel darah merah, menambah stamina, meningkatkan metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memelihara kesehatan kulit.

4. Mengurangi obesitas

Manfaat ikan lidah bagi masalah obesitas berasal dari kandungan asam lemak omega 3 didalamnya yang mampu merangsang produksi hormon leptin. Hormon tersebut dapat membantu metabolisme tubuh, rendah kalori dan juga membantu pengaturan berat badan serta makanan yang diasup oleh tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manusia memiliki kekebalan tubuh atau sistem imun yang fungsinya untuk menjaga manusia dari masuknya benda – benda asing yang bisa mengancam kesehatan. Mengonsumsi ikan lidah akan memberikan manfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh dengan kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya.

6. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida adalah penyusun utama lemak hewani yang terdapat dalam aliran darah dan menunjukkan jumlah lemak yang akan diproses oleh tubuh. Manfaat ikan lidah yang dikonsumsi sebanyak dua porsi dalam satu minggu bisa membantu menyeimbangkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar lemak tersebut.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi biasanya akan menyebabkan rasa pusing berlebihan. Kandungan omega 3 memberi manfaat ikan lidah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

8. Meningkatkan kualitas hormon insulin

Manfaat ikan lidah juga disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mengandung asam lemak omega 3 yang melimpah. Asam lemak tersebut dapat mencegah kegemukan serta membantu dalam pengaturan berat badan, juga membantu dalam meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh.

9. Mengandung vitamin A dan C

Ikan lidah memiliki manfaat untuk kesehatan mata yang berasal dari kandungan vitamin A dan vitamin C didalamya. Kedua vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun yang menjadi kunci akan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

10. Mengandung kalsium dan zat besi

Kebutuhan kalsium pada tiap orang tidak sama tergantung kepada kondisi tubuh masing – masing. Orang dalam kondisi tertentu membutuhkan asupan kalsium yang lebih daripada orang lain seperti dalam kondisi hamil, menyusui dan masa pertumbuhan. Kekurangan kalsium yang dialami terutama ketika sedang mengalami tiga kondisi tersebut dapat menyebabkan tulang mudah keropos, rapuh , pembentukannya tidak sempurna juga kerap mengalami kejang pada otot.

Manfaat ikan lidah bagi kesehatan sangat baik sebagaimana manfaat yang akan didapatkan dari berbagai jenis ikan lainnya. Misalnya manfaat ikan hias, manfaat ikan louhan, dan manfaat ikan mas koki.  Ikan lidah biasanya mudah didapatkan karena ukurannya yang kecil membuatnya lebih mudah untuk dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai resep masakan yang menggugah selera. Sebelum mengonsumsi ikan, jika memungkinkan Anda perlu untuk memastikan dulu bahwa ikan tersebut bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya.