5 Manfaat Ikan Discus Sebagai Ikan Hias Akuarium Rumah

Anda yang ingin suasana rumah memiliki kesan berbeda, memelihara ikan hias dapat menjadi sebuah solusi. Manfaat ikan hias sangat banyak utamanya meningkatkan nilai estetika keindahan di dalam rumah. Banyak jenis ikan yang bisa anda pelihara dalam akuarium, salah satunya ikan discus. Bagi anda orang awam tentu asing mendengar nama ikan ini, namun bagi para pencinta ikan hias, ikan ini masuk menjadi ikan hias favorit yang bisa dipelihara dalam akuarium untuk ikan hias di rumah.

Ikan discus adalah ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Heckel pada tahun 1840. Ikan discus berasal dari sungai amazon, ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang pipih dan cenderung bulat menyerupai elips. Ikan discus memiliki warna-warna cerah pada tubuhnya, selain itu banyak corak dan motif menarik yang ada pada tubuh ikan discus ini. Hal ini lah yang membuat ikan discus cocok dijadikan ikan peliharaan untuk mengisi akuarium di dalam rumah anda. Berikut adalah 5 manfaat ikan discus sebagai ikan hias akuarium rumah yang bisa anda dapatkan.

  1. Meningkatkan Nilai Estetika Keindahan

Salah satu tujuan utama memelihara ikan hias adalah meningkatkan nilai estetika keindahan di dalam rumah. Manfaat ikan discus sebagai ikan hias dalam rumah didapatkan dari bentuk, warna, corak dan motif yang dimiliki ikan discus. Ikan ini begitu indah jika dimasukkan dalam sebuah akuarium, pastikan sesuaikan jumlah ikan dengan besarnya akuarium yang ada pada rumah anda.

Untuk akuarium yang berukuran besar anda dapat memasukkan ikan discus dalam jumlah yang cukup banyak ke dalamnya. Semakin besar akuarium yang ada dalam rumah anda maka semakin banyak ikan discus yang anda pelihara, ini tentu membuat nilai keindahan di dalam rumah semakin meningkat.

  1. Sebagai Nuansa Alam untuk Rumah

Ingin memiliki suasana rumah yang memiliki nuansa alam ? memelihara ikan discus sebagai ikan hias di rumah dapat anda lakukan. Apabila ingin meningkatkan suasana alam di dalam rumah tentu harus mengisi rumah dengan segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengan alam dan dapat menghidupkan nuansa alam di dalam rumah.

Ikan discus yang bergerak ke sana kemari dalam sebuah akuarium mampu menghidupkan suasana alam di dalam rumah, ditambah lagi ikan discus ini juga memiliki warna yang menarik. Memelihara ikan discus menjadi salah satu pilihan untuk menghidupkan suasana alam di dalam rumah anda.

  1. Menjadi Hiburan Baru

Memelihara ikan hias dapat menjadi sebuah hiburan baru di dalam rumah. Ketika anda sedang mengalami stress anda dapat mengobatinya dengan bermain atau menonton gerak ikan hias di dalam akuarium. Ikan discus yang dikenal sebagai raja akuarium karena keindahan yang dimilikinya tentu dapat menjadi sebuah hiburan baru yang menyenangkan.

  1. Mengusir Rasa Kebosanan

Manfaat ikan discus sebagai ikan hias berikutnya adalah mampu mengusir rasa bosan dan penat yang anda alami. Tak jarang ketika anda sedang melakukan sesuatu pekerjaan akan ada rasa bosan dan penat yang muncul. Dalam situasi seperti ini, anda dapat sejenak merehatkan pikiran dengan memandangi ikan discus dalam akuarium rumah, berbagai warna yang menarik dan gerakan ikan hias mampu membuat rasa bosan anda lenyap, ditambah mendengar suara gemericik air yang ada dalam akuarium dijamin akan membebaskan anda dari rasa bosan dan penat yang melanda.

  1. Sarana Bermain dan Edukasi Anak

Ingin memberikan sarana edukasi pembelajaran terkait alam pada anak ? anda bisa memberikannya lewat memelihara ikan discus ini sebagai ikan hias di rumah. Ikan discus yang anda pelihara dapat menjadi wahana edukasi bagi anak agar dapat mengenal lingkungan alam sejak dini, ditambah anda bisa mendapatkan saran bermain yang bernilai positif bagi anak. Anak akan merasa dekat dengan lingkungan alam, selain itu wawasan yang dimilikinya juga akan bertambah.

Merawat dan memelihara ikan hias juga dapat membantu meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak, ia akan terbiasa bertanggung jawab untuk disiplin dalam merawat dan memelihara ikan dengan baik lewat rutinitas yang akan ia jalani kedepannya.

Manfaat ikan discus sebagai ikan hias dalam akuarium rumah sangat beragam, selain dapat meningkatkan nilai estetika keindahan dalam rumah juga dapat menjadi sarana edukasi bagi anak untuk lebih mengenalkan lingkungan alam sejak dini.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat merawat ikan discus ini adalah perawatannya yang lebih intensif. Ikan discus membutuhkan perawatan jauh lebih intensif jika dibandingkan ikan hias lainnya. Ikan ini juga mudah stress, apabila kondisi lingkungannya tak mendukung. Bagi anda seorang pemula yang ingin memelihara ikan ini, pastikan belajar seluk beluk tentang bagaimana cara merawat dan memelihara ikan discus ini agar bisa lebih optimal dalam memelihara ikan discus sebagai ikan hias di rumah anda.