15 Manfaat Ikan Nila Merah yang Kaya Nutrisi

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Saat ini ikan nila sudah menjadi salah satu komoditi utama produksi ikan air tawar karena memang peminatnya yang banyak. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis nila seperti nila hitam dan nila merah.

Apa Itu Ikan Nila Merah?

Saat ini sudah banyak sekali ditemukan budidaya ikan nila di Indonesia dan salah satu jenis ikan nila yang paling banyak dibudidayakan adalah ikan nila merah. Alasannya karena selain warnanya lebih menarik, ikan nila merah juga cukup mudah perawatannya dan tergolong dalam jenis ikan nila yang cepat pertumbuhannya sehingga dianggap lebih menguntungkan bagi penjual. Tak hanya memiliki manfaat ekonomi, ternyata banyak juga manfaat ikan nila merah bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Nila Merah

Menambahkan ikan sebagai menu sehari-hari sangatlah penting karena memang banyak sekali manfaat gemar makan ikan setiap hari karena ikan termasuk jenis makanan yang aman dikonsumsi setiap hari dan salah satunya adalah ikan nila merah yang kaya manfaat.

  1. Sumber Protein yang Baik bagi Tubuh

Ikan nila merupakan salah satu sumber manfaat protein yang baik. Protein sendiri memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan massa otot, meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kesehatan otot.

  1. Direkomendasikan Banyak Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Saat hamil seorang ibu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan namun ikan nila yang kaya nutrisi justru disarankan untuk ibu hamil. Ikan memang penting untuk kehamilan namun harus hati-hati ikan laut ditakutkan mengandung merkuri yang justru berbahaya untuk ibu hamil sementara ikan nila yang biasanya merupakan hasil budidaya dianggap jauh lebih aman.

  1. Mengandung Asam DHA

Asam DHA memiliki peranan yang sangat penting dalam mengoptimalkan perkembangan otak pada anak bahkan pada janin di dalam kandungan. Selain itu asam DHA juga penting untuk mengoptimalkan fungsi sistem saraf.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat omega 3 dan DHA pada ikan nila merah sangat baik untuk kesehatan jantung.

  1. Mengurangi Risiko Kolesterol

Selain baik untuk kesehatan jantung, ternyata manfaat ikan nila merah juga dapat mengurangi risiko kolesterol. Jadi salah jika mengkonsumsi ikan itu dapat menaikkan kolesterol asal cara pengolahan tepat seperti dibakar tanpa minyak.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sistme pencernaan sangat penting bagi kesehatan dan ikan nila mengandung nutrisi yang ternyata juga dapat membantu mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan.

  1. Tinggi Kandungan Zat Besi

Ada banyak sekali manfaat zat besi bagi kesehatan dan menurut penelitian, kandungan zat besi pada ikan nila juga cukup tinggi. Mengkonsumsi ikan nila dapat membantu mengatasi kekurangan sel darah merah dan menurunkan risiko anemia.

  1. Cocok untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak pada ikan nila cukup rendah tapi sangat tinggi nutrisi sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

  1. Mengandung Fosfor baik untuk Kesehatan Tulang

Salah satu mineral penting yang terkandung pada daging ikan nila adalah fosfor. Fosfor sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Mencegah Osteoporosis

Jika kesehatan tulang dan gigi terjaga maka berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan tulang dapat dicegah dan salah satunya adalah menurunkan risiko osteoporosis.

  1. Mengandung Vitamin B Kompleks

Banyak sekali manfaat vitamin B bagi tubuh dan beberapa vitamin b kompleks yang terdapat pada ikan nila merah adalah vitamin B12, vitamin B3 dan vitamin B5. Jadi cukup komplit untuk memastikan tubuh terlindungi secara optimal.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat vitamin B bagi kesehatan tubuh manusia adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama vitamin B5 sementara vitamin B12 dan vitamin B3 juga membantu meningkatkan ketahan tubuh dari berbagai macam penyakit.

  1. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Anak-anak yang suka mengkonsumsi ikan nila sangatlah baik karena memang ikan nila mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak tak hanya pertumbuhan fisik karena tinggi fosfor tapi juga perkembangan otak dan sistem saraf karena tinggi kandungan omega 3 dan DHAnya.

  1. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi ikan nila merah secara teratur dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Ketika sistem metabolisme berfungsi secara optimal maka tubuh akan terasa lebih bugar dan lebih sehat.

  1. Baik untuk Kesehatan Otak

Karena tinggi kandungan DHA dan Omega 3 serta mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, mengkonsumsi ikan nila merah juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah degenerasi sel.

Ada banyak sekali manfaat makan ikan bagi kehidupan manusia terutama ikan air tawar yang dianggap aman dari merkuri seperti yang ditakutkan pada ikan yang berasal dari air laut. Ikan nila termasuk jenis ikan yang enak dikonsumsi bahkan setiap hari.