7 Manfaat Ikan Louhan bagi Kesehatan dan Kehidupan

Tak perlu menjadi pecinta ikan untuk tahu bahwa ikan louhan merupakan salah satu ikan hias yang cukup diminati di Indonesia. Bentuknya yang unik dengan benjolan dikepalanya membuat ikan ini juga dikenal dengan nama ikan jenong. Warnanya serta tampilannya yang cantik membuat ikan louhan juga dihargai dengan harga yang cukup mahal.

Apa Itu Ikan Louhan?

Tahukah Anda bahwa ikan ini awalnya hanya terdapat di kawasan Asia saja? Tapi karena perkembangan jaman ikan ini menjadi semakin terkenal dan sekarang dipelihara di seluruh dunia oleh para pecinta ikan hias. Permintaan akan jenis tertentu dari ikan ini juga semakin hari semakin tinggi. Lalu selain bentuknya yang cantik, warnanya yang unik serta benjolan dikepalanya yang membuat ikan louhan berbeda dari ikan lain apakah manfaat ikan louhan yang lain sehingga banyak orang rela mengeluarkan uang untuk membeli dan memelihara ikan ini?

Manfaat Ikan Louhan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas ternyata memang dirangkum dari beberapa pecinta hias yang juga memelihara ikan louhan, ternyata terdapat beberapa manfaat ikan louhan yang penting juga untuk diketahui.

  1. Memelihara Ikan Louhan Sebagai Hobi

Ada banyak sekali hobi dan tentunya hobi yang positif akan memberikan dampak yang positif juga untuk kehidupan manusia. Salah satu contoh hobi yang positif adalah manfaat ikan hias bagi kehidupan dan salah satunya adalah ikan louhan. Selain dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, ikan louhan juga bisa menjadi hobi sekaligus ladang bisnis karena memang memiliki peminat yang sangat tinggi tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

  1. Dapat Dijadikan Bisnis

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, hobi memelihara ikan louhan bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnis karena memang peminat akan ikan hias yang satu ini selalu saja ada. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sangat menyukai tampilan ikan louhan yang cantik. Apalagi adanya beberapa kepercayaan bahwa ikan louhan dengan warna atau motif tertentu dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Selain itu perawatan akan ikan hias ini juga tidak terlalu sulit.

  1. Sumber Keberuntungan

Bicara soal sumber keberuntungan ternyata berdasarkan feng shui, sama seperti manfaat ikan koi, ikan louhan juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ikan louhan dengan motif tertentu yaitu ikan louhan yang memiliki titik hitam besar ditubuhnya dapat menjadi pertanda datangnya kemakmuran dan keberuntungan bagi pemiliknya. Tak hanya itu memelihara ikan louhan dan meletakkan di sudut-sudut tertentu juga bisa memberikan kejayaan, meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga. Ada pula yang mempercayai bahwa memelihara ikan louhan bisa mendatangkan cinta bagi pemiliknya.

  1. Membantu Menghilangkan Stress Pemeliharanya

Pernah tidak berfikir bahwa sepulang kerja, kepala rasanya penat karena stress dan tekanan akan pekerjaan tapi ketika pulang kerumah melihat ikan yang berenang-renang membuat stress senantiasa hilang? Ada banyak sekali manfaat ikan bagi kesehatan manusia tak hanya untuk dimakan. Tapi memang ikan yang bernang di akuarium terutama ikan yang cantik dengan warna-warna yang cerah seperti ikan louhan memang dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat sekaligus dijadikan solusi untuk menghilangkan stress.

  1. Menenangkan Hati

Selain menenangkan fikiran, melihat ikan louhan yang berenang-renang di akuarium juga dapat menjadi penenang hati. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan adanya efek positif dari memelihara ikan louhan dengan ketenangan fikiran dan hati karena memang memberikan efek yang sangat menenangkan bagi yang memeliharanya. Bisa ditambahkan dengan manfaat batu di akuarium yang menambah tampilan akuarium menjadi lebih cantik.

  1. Direkomendasikan untuk Terapi Anak Autis

Salah satu penelitian tentang efek menenangkan yang diberikan dari memelihara ikan louhan juga menunjukkan adanya efek positif terhadap anak-anak yang menderita autis. Mereka yang biasanya sibuk dengan dunianya sendiri bahkan ada yang mengidap hiperaktif, bisa ditenangkan dengan terapi menggunakan ikan louhan. Walaupun tentunya reaksi yang ditimbulkan oleh setiap anak berbeda-beda namun setidaknya hal ini memberikan harapan besar bagi para orangtua yang memiliki anak yang mengidap autis.

  1. Menambah Kecantikan Ruangan

Tak hanya baik untuk kesehatan jiwa dan fikiran ternyata menempatkan ikan louhan yang cantik di sudut ruangan Anda juga bisa mendambah kecantikan ruangan. Jika Anda kombinasikan hal ini dengan feng shui yaitu meletakannya di sebelah tenggara rumah Anda dapat memberikan kekayaan sedangkan jika ikan louhan diletakkan di sebelah timur makan akan dapat mendatangkan kesejahteraan serta kebahagiaan untuk keluarga.

Ternyata ada cukup banyak manfaat ikan louhan untuk kehidupan manusia terutama jika Anda memelihara ikan ini untuk lebih dari sekedar hobi karena juga dapat menjadi ladang bisnis. Oleh karena itu walaupun ada banyak manfaat makan ikan tapi sebaiknya ikan louhan tidak dikonsumsi karena ikan ini justru lebih bermanfaat jika dalam keadaan hidup. Di Indonesia sendiri peminat ikan ini masih sangat tinggi yaitu satu ikan louhan bisa beharga sekitar Rp. 75.000 – Rp. 100.000 tergantung keunikan warna, bentuk serta besar benjolannya. Jadi penting juga untuk mengetahui bagaimana cara terbaik untuk merawat ikan louhan agar memiliki warna yang cerah sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya.