10 Manfaat Getah Damar di Bidang Industri

Damar atau di kenal dengan nama latinnya yaitu agathis dammara. Merupakan salah satu tanaman yang di kenal sebagai tanaman khas dari Indonesia di budidayakan sampai ke negara Filipina. Damar dibudidayakan untuk dimanfaatkan getahnya di bidang industri. Ciri dari pohon damar ini adalah batangnya yang tinggi menjulang sampai kisaran empat puluh meter. Batangnya bewarna abu-abu dan lurus memanjang. Untuk daun sendiri pohon ini termasuk pohon yang berdaun tunggal dengan bentuk yang saling berhadapan. Daun ini lonjong dan juga tebal dengan bunga yang majemuk dan menyirip.

Artikel terkait :

Pohon ini memiliki berbagai macam fungsi tidak hanya daun, kayu dan getahnya juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini manfaat getah damar dalam dunia industri antara lain :

1. Pewarna

Manfaat getah damar yang di ambil dari pohon damar adalah sebagai zat pewarna dalam dunia industri. Pewarna yang di butuhkan biasanya brewarna netral seperti kuning dan putih. Untuk mendapat warna yang sesuai dengan keinginan juga dapat di tambah campuran lainnya. Pewarna dari getah damar memiliki keunggulan karena berasal dari bahan yang alami. Bahan alami jarang memberikan efek negatif bagi bangunan dan dapat membantu meperkokoh bangunan yang ada.

Artikel terkait :

2. Kopal

Kopal berbentuk seperti berlian yang indah dan dapat dijadikan sebagai pajangan dan penghias ruang tamu. Banyak yang memanfaatkan kopal ini dan juga banyak yang menginpor keluar negeri karena harganya yang bisa di bilang bersaing. Selain soal harga juga banyak orang – orang yang minat dengan menggunakan kopal ini sebagai pajangan.

3. Cat

Cat berfungsi untuk memberi warna pada suatu dinding atau tempat yang kosong agar warna di sekitar menjadi hidup dan cerah. Kondisi yang cerah membuat banyak orang merasa senang dan rileks. Getah damar juga berfungsi sebagai cat. Cat dari getah damar menjadi bahan baku untuk membuat cat yang biasa di jual jual di pasar pasar ataupun toko tempat menjual cat. Cat sangat berguna untuk mempengaruhi suasana hati seseorang, beberapa warna di percaya mempengaruhi pikiran contohnya warna hijau memberikan ketenangan jika di pandang dengan baik

Artikel terkait :

4. Tinta

Fungsi dari getah damar yang lainnya adalah sebagai tinta. Tinta disini bisa untuk tinta pena dan spidol. Tinta dari damar banyak di manfaatkan juga di bidang industri dan sangat indah di bandingkan menggunakan tinta lainnya. Getah damar yang diolah menjadi tinta memiliki harga yang standar sama dengan yang lainnya. Tinta yang dibuat dari getah damar ini banyak dimanfaatkan untuk menunjang alat alat administrasi yang terdapat di kantor. Di dalam kantor banyak kegunaan tinta yang berfungsi untuk mencatat transaksi transaksi secara manual untuk membuat dan menyusun lapran setiap hari kemudian direkap untuk menjadi laporan bulanan.

( Baca juga : Manfaat tinta sotong)

5. Kosmetik

Dalam bidang kecantikan yang lain getah damar banyak di manfaatkan juga sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Kosmetik yang terbuat dari bahan alami ini sangat membantu para pembuat baku kosmetik tanpa mengeluarkan biaya untuk bahan baku yang mahal jika bahan baku tersebut harus di impor dari luar. Lebih baik menggunakan bahan baku dari indonesia tanpa diimpor terlebih dahulu. Kosmetik berkaitan erat denga kaum hawa. Kaum hawa bahkan tidak keberatan sama sekali untuk mengeluarkan angka angka yang cukup besar untuk menunjang penampilan mereka di luar rumah. Terlebih ini untuk para wanita yang memutuskan untuk menjadi wanita karir. Sejatinya wanita karir dituntut terhadap dua hal yaitu penampilan dan wawasa ilmu pengetahuan yang harus mereka miliki untuk menunjang profesi yang telah mereka miliki itu.

Artikel terkait :

6. Aroma makanan

Di bidang kuliner getah damar sebagian juga digunakan sebagai aroma makanan. Aroma yang dihasilkan dari getah damar ini membuat aroma menjadi lebih nikmat dan lezat terutama untuk para pecinta kuliner. Pada umumnya semua orang akan sangat tergoda dengan aroma makanan di tambah dengan bentuk dan rasanya yang juga mendukung sesuai dengan aroma makanan tersebut. Aroma merupakan daya tarik pertama untuk memebuat orang melirik ke makanan yang dijual di pasaran ataupun rumah makan. Jika satu orang saja sudah mencoba dan ternyata sangat puas dengan makanan terasebut maka jangan heran jika akan banyak lagi orang – orang yang datang untuk menikmati dan mencoba kalau aroma makanan tersebut sesuai dengan rasanya yang enak dan bentuk dari makanan yang disajikan di buat semenarik mungkin.

Artikel terkait :

7. Resin

Manfaat getah damar yang ketujuh adalah sebagai bahan baku pembuatan resin. Resin pada umunya di manfaatkan untuk membuat piagan pada pemenang lomba dan juga campuran dari bahan baku pembuatan kapal laut dalam dunia industri.

8. Korek Api

Tahukah kamu bahwa korek api juga di buat dari getah damar. Beberapa pihak di dunia industri tidak hanya menggunakan pohon damar sebagai bahan baku pembuatan korek api tetapi juga menjadikan getah damar sebagai bahan baku pembautan korek api. Korek api berfungsi sebagai penghasil alami api untuk menghidupka dama atau lilin sebagai penerang.

9. Plastik

Plastik merupakan salah satu sampah yang sulit di gerai jika sudah tidak digunakan lagi. Plastik sebagian juga dibuat dari getah damar. Getah damar berfungsi untuk pembuatan plastik yang berfungsi untuk membawa barang dengan jumlah yang banyak.

10. Lilin

Fungsi getah damar yang lainnya adalah untuk membuat lilin. Lilin berguna sebagai penerang saat malam hari. Di saat sekarang lilin banyak di manfaatkan saat mati lampu. Jadi saat lampu mati maka anda dapat menggunakan lilin sebagai penerang.

Artikel terkait :

Itulah manfaat dari getah damar yang dapat di gunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Pemasaran Getah Damar

Meskipun getah damar memiliki banyak manfaat dalam bidang industri, kuliner tapi masih terdapat beberapa kelemahan dari segi pemasarannya di tengah tengah masyarakat. Berikut ini kelemahan dari pemasaran damar :

  • Dalam perkebunan damar terdapat semacam organisasi yang terdiri dari beberapa orang untuk mengambil getah damar yang sudah bisa dipanen hanya saja disini kelemahannya adalah organisasi masyarakt yang belum berkembang dengan baik.
  • Kebijakan dari pemerintah yang seakan membatasi pemasaran dari getah damar bisa saja terkait dengan harga getah damar yang merosot saat akan dijual sedangkan untuk memanen mengeluarkan biaya yang mahal.
  • Pengaruh kelemahan yang lainnya adalah keterbatasan modal yang dimiliki oleh para petani. Sedangkan untuk mengembangkan usaha perkebunan pohon damar membutuhkan biaya yang cukup banyak. Jika modal yang ada hanya dari modal sendiri tentu akan sulit untuk megembangkan usaha ini. Lain lagi jika mereka mendapat suntikan modal dari pihak ketiga.
  • Keterbatasan informasi juga masih menjadi kelemahan yang patut diperhatikan. Meski di zaman sekarang ini informasi sudah dapat berkembang luas dalam hitungan detik namun informasi sebagian masih ada yang sulit untuk diketahui oleh orang banyak.
  • Strategi juga di butuhkan dalam pemasaran getah damar. Tanpa strategi akan sulit menjalankan satu mewujudkan keinginan jika tiba tiba saja keinginan tersebut tertunda karena suatu kendala yang datang tiba tiba. Dengan adanya strategi kendala tersebut dapat di minimalisir secepat mungkin dan mencari solusi yang terbaik secara bersama sama.

Jadi pemasaran damar harus jelas agar meningkatkan penjualannya di masyarakan dari rencana pemasaran yang telah di susun dengan rapi dan terstruktur.