5 Manfaat Soda Api

manfaat soda apiSoda api, meskipun bernama soda namun demikian jenis bahan kimia yang satu ini dilarang keras untuk diminum, karena memang bukan bahan minuman. Soda api memiliki nama unsur kimia Natrium Hidroksida atau NaOH. Soda api terbentuk dari proses oksidasi dari basa berupa natrium oksida yang dilarutkan dalam air. Soda api saat ini banyak dikenal penggunaannya sebagai salah sati bahan kima yang biasa digunakan dalam industri dan konstruksi, dan sama sekali bukan merupakan bahan makanan. Soda api akan terasa panas dan perih ketika terkena kulit, karena bersifat korosif. Jadi ketika secara tidak sengaja terkena tetesan soda api, segeralah basuh tangan dengan air mnggalir. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan keselamatan, seperti sarung tangan karet dan juga kacamata proyek.

Apa saja manfaat dari soda api?

Soda api sendiri, seperti sudah dijelaskan sebelumnya sering digunakan dalam proses industri. Apa saja manfaat dari soda api? berikut ini adalah beberapa kegunaannnya :

1. Untuk menghilangkan noda karat

Manfaat soda api adalah mampu untuk menghilangkan dan juga merontokkan karat pada permukaan besi yang sudah lama mengalami korosi atau karat tingkat berat. Untuk melakukannya anda perlu berhati-hati karena untuk merontokkan karat pada besi dibutuhkan soda api cair yang cukup banyak, jadi anda wajib untuk menggunakan peralatan seperti :

  • Sarung tangan karet
  • Kacamata
  • Kuas
  • Lap kain katun kering

Nah, bagaimana cara menggunakan soda api untuk keperluan merontokkan karat? Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang anda perlukan :

  1. Pertama, siapkan peralatan keselamatan yang sudah disebutkan di atas
  2. Tuangkan soda api cair ke dalam suatu wadah yang terbuat dari bahan besi atau kaleng
  3. Celupkan kuas ke dalam soda api, sedikit demi sedikit
  4. Oleskan soda api pada bagian karat yang ingin dirontokkan
  5. Oleskan perlahan, tunggu 5 – 10 menit hingga bagian karat terlihat meleleh, lalu ulangi hingga bersih
  6. Gunakan alat bantu berupa amplas halus
  7. Bilas dengan menggunakan air mengalir dan sabun, lalu lap hingga mengering betul
  8. Simpan kembali soda api pada tempat yang memilki suhu ruangan, jauhkan dari jangakauan anak kecil dan benda-benda yang memilki lapisan cat.

2. Untuk membersihkan saluran pipa

Selain dapat membantu menghilangkan dan juga merontokkan noda karat, soda api juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan bagian dalam saluran pipa. Biasanya saluran pipa akan tersumbat karena adanya penumpukan dari noda kerak dan kotoran lainnya yang menghalangi aliran air pada pipa. Caranya sangat mudah anda hanya memerlukan peralatan keselamatan di atascdan juga sebuah sikat pipa, yang memilki panjang sesuai dengan panjang pipa yang ingin dibersihkan. Setelah itu lakukan langkah berikut :

  • Celupkan sikat pada soda api
  • Perlahan-lahan masukkan sikat ke dalam lubang aliran pipa, lalu gosokkan sikat dengan kuat
  • Ulangi secara bertahap, hingga seluruh noda dan juga kerak pada bagian dalam pipa keluar dan rontok sepenuhnya.
  • Sebelum digunakan kembali, ada baiknya anda membersihkan pipa dengan sabun, lalu dijemur seharian, agar sisa-sisa soda api dapat bersih dan menguap sehingga tidak membahayakan.

3. Untuk membersihkan produk besi dan stainless dari noda

Selain dapat merontokkan karat yang berat soda api juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan dan juga membershikan produk besi dan stainless dari noda-noda dan kerak. Caranya sama dengan metode membersihkan karat yang sudah pernah dibahas di awal.

4. Untuk merontokkan cat (paint remover)

Bagi yang senang dengan otomotif dan juga kegiatan mengecat, maka manfaat soda api pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, hampir semua bengkel khusus cat menggunakan soda api untuk merontokkan cat asli pada kendaraan yang ingin dilakukan repaint alias cat ulang. Soda api ini juga dikenal dengan istilah paint remover dalam istilah pengecatan kendaaraan dan juga bahan yang terbuat dari besi. Biasanya, soda api akan dioleskan secara mnyeluruh pada bagian permukaan yang akan dilakuka prosese repaint, lalu kemudian akan dikerok, sehingga cat awal yang menempel akan rontok sempurna.

Proses berikutnya adalah tinggal menghaluskan permukaan bidang yang akan dicat , lalu kemudian eksekusi repaint pun dimulai. Maka dari itu, perlu diperhatikan dalam menyimpan soda api, wajib jauh dari kendaraan, karena dikhawatirkan apabila tumpah akan merusak lapisan cat dan juga vernis dari kendaraan.

5. Untuk produksi berbagai macam industri selain industri besi dan baja

Apabila sebelumnya disebutkan bahwa soda api sering dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri besi dan baja seperti melakukan perontokan cat dan juga menghilangkan karat, ternyata ada beberapa jenis industri non baja yang memanfaatkan soda api dalam pembuatan produknya. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa industri non baja yang memanfaatkan soda api untuk bahan baku dan bahan pendukung produksinya :

  • produksi bubur kayu
  • kertas
  • tekstil
  • sabun
  • detergen

Waspada Soda Api pada Kosmetik

Soda api memilki kandungan yang sangat berbahaya, apalagi terkena kulit. Kulit akan terasa sangat perih dan juga panas apabila tertetes sedikit saja soda api. Maka dari tu, penggunaan soda api SANGATLAH DILARANG untuk dimasukkan ke dalam bahan baku pembuatan kosmetik dan juga barang konsumsi manusia lainnya. Namun begitu, masih saja ada beberapa perusahaan kosmetik yang membandel dan memasukkan soda api ke dalam produk kosmetik mereka. Berhati-hatilah dalam memilih produk kosmetik dan juga produk konsumsi agar tidak membahayakan diri sendiri.

Demikian artikel mengenai manfaat dari soda api. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.