8 Manfaat Kayu Gaharu secara Mistis

Pohon gaharu termasuk kedalam salah satu genus aquilaria. Pohon gaharu memiliki bentuk yang menyerupai pohon beringin dan termasuk kedalam salah satu jenis pohon yang disebutkan dalam hadist. Usia pohon ini bisa mencapai 25 tahun dan termasuk pohon tertua yang ada di dunia. Pohon gaharu yang dimanfaatkan adalah kayunya. Kayu gaharu di pasaran memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan banyak dijadikan sebagai aksesoris yang bermanfaat. Dan yang paling melekat dari pohon gaharu ini adalah aromanya sering dimanfaatkan sebagai parfum atau pewangi. Adapun manfaat kayu gaharu secara mistis juga dipercaya memiliki beberapa keutamaan.

Keutamaan kayu gaharu secara mistis antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menangkal serangan jin

Kayu gaharu bisa digunakan untuk menangkal serangan jin. Sebagai manusia kita percaya bahwa ada kehidupan lain selain kehidupan manusia saat ini, yaitu kehidupan dalam dunia jin. Jin sendiri ada yang baik dan ada yang jahat. Dengan menggunakan kayu gaharu ini dapat membantu kita sebagai manusia dalam menangkal serangan jin yang bermaksud jahat kepada kita. Baik serangan jin karena perbuatan kita sendiri ataupun serangan jin yang dikirim oleh orang lain.

2. Mencegah sihir

Manfaat kayu gaharu secara mistis yang kedua adalah untuk mencegah sihir. Sihir merupakan salah satu sarana untuk membuat petaka kepada seseorang yang dituju. Orang yang terkena sihir bisa mengalami berbagai permasalahan termasuk masalah kesehatan dan jiwa. Sebagai orang yang beriman selain rajin melaksanakan sholat dan membaca alquran juga diperlukan suatu pegangan seperti kayu gaharu. Selain kayu gaharu manfaat daun bidara dan manfaat besi hitam dapat membantu mencegah sihir.

3. Aroma wangi

Kelebihan kayu gaharu berikutnya adalah memiliki aroma wangi. Kayu gaharu memiliki aroma wangi yang mirip dengan kayu cendana. Itu sebabnya kayu gaharu juga dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan minyak wangi. Kayu ini memiliki kandungan minyak alami yang wangi sekali. Selain kayu gaharu ada juga manfaat daun pandan wangi dan manfaat sereh wangi yang dapat digunakan sesuai dengan fungsi aroma yang dimilikinya.

4. Untuk tasbih

Kayu besar yang berusia puluhan tahun ini juga bisa disebut sebagai tasbih. Tasbih berguna untuk menyebut asma Allah SWT sesudan melakukan sholat atau disaat kita ingin memuji keagungan Tuhan. Tasbih banyak terbuat dari berbagai macam bahan termasuk salah satunya memanfaatkan kayu gaharu. Kayu gaharu yang dijadikan tasbih ini biasanya memiliki harga yang cukup mahal karena kualitas yang dimiliki oleh kayu gaharu sendiri. Namun harganya sesuai dengan kualitas jenis tasbih yang terbuat dari kayu gaharu ini.

5. Membantu merilekskan saraf

Manfaat berikutnya dari kayu gaharu adalah untuk membantu merilekskan saraf. Saraf manusia tersusun sedemikian rupanya oleh Allah SWT dengan bentuk dan sistem kerja yang sempurna. Karena banyaknya aktifitas terkadang saraf menjadi sedikit menegang dan butuh untuk di istirahatkan. Kegunaan kayu gaharu sebagai salah satu cara merilekskan saraf dapat membantu Anda merasakan ketenangan dan tidur lelap. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan kayu gaharu ini untuk merilekskan saraf. Selain kayu gaharu ada juga manfaat jagung yang dapat merilekskan saraf dengan cara mengonsumsi jagung secara rutin.

6. Ruqyah

Manfaat ruqyah dalam islam berguna untuk mengusir serangan makhluk halus yang masuk kedalam tubuh manusia. Ruqyah umumnya dilakukan saat seseorang dimasukkan salah satu jenis makhluk halus yang membuat dia melakukan hal yang tidak wajar seperti berteriak, melempar segala benda dan menangis tanpa alasan yang jelas. Biasanya ruqyah dilakukan oleh orang yang paham akan ilmu agama atau biasa disebut dengan ustad. Sedangkan manfaat kayu gaharu juga dapat digunakan sebagai media pembantu ruqyah.

7. Proses meditasi

Manfaat kayu gaharu yang ketujuh adalah sebagai salah satu proses meditasi. Manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental berpengaruh dalam kesehatan luar dan dalam. Meditasi bertujuan untuk memperoleh ketenangan jiwa dalam menjalankan hidup yang berlandaskan kepada agama. Cara melakukan meditasi bisa dicoba ditempat yang hening dan sejuk. Kemudian duduk dengan cara bersila dan letakkan tangan Anda diatas paha. Kemudian perlahan pejamkan mata dan tarik nafas dan lepaskan secara perlahan.

8. Pelindung diri

Manfaat kayu gaharu yang kedelapan adalah sebagai pelindung diri. Melindungi diri dari berbagai serangan luar yang bersifat mistis akan lebih baik. Seperti kata orang melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati jika sudah terlebih dahulu terkena. Melindungi diri dengan menggunakan kayu gaharu ini sudah lama dilakukan oleh orang tua dahulu. Sehingga tidak sedikit orang tua yang memberitahu anaknya untuk menerapkan hal yang serupa.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kayu gaharu secara mistis. Dan terlepas dari itu semua manfaat kayu gaharu ini kita tetap harus percaya bahwa semuanya adalah kuasa Allah SWT.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan