12 Manfaat Ganggang Biru sebagai Suplemen Kaya Nutrisi

Ganggang biru merupakan salah satu spesies unik yang bisa Anda temukan sebagai bagian dari besarnya ekosistem laut. Ganggang biru sebenarnya memiliki warna biru kehijauan dan memiliki nama latin Cyanobacteria yang berasal dari kingdom Monera. Kingdom Monera menandakan bahwa ganggang biru berasal dari kingdom yang sama dengan kebanyakan jenis bakteri. Tapi mengapa Cyanobacteria lebih dikenal sebagai ganggang atau algae? Hal itu dikarenakan ganggang biru memiliki klorofil yang membedakannya dari jenis bakteri lain.

Manfaat Ganggang Biru bagi Kesehatan

Selain karakteristiknya yang sangat unik ternyata ganggang biru juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Hal ini berhubungan dengan salah satu kandungan yang terdapat ganggang biru yaitu glikogen yang memiliki struktur yang mirip dengan glikogen yang dirubah dari glukosa oleh insulin. Selain itu kandungan phycocyanin yang terdapat pada ganggang biru juga mampu berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Lebih lanjut tentang manfaat ganggang biru dapat dilihat pada daftar di bawah ini.

  1. Berfungsi Sebagai Energi Cadangan

Ganggang biru mengandung klorofil seperti layaknya tumbuhan sehingga memungkinkan bagi tumbuhan ini untuk mengubah sinar matahari menjadi sumber energi. Beberapa penelitian telah menunjukkan potensi ganggang biru sebagai sumber energi cadangan karena kayak akan nutrisi baik beta karoten, vitamin c bahkan asam folat.

  1. Mengandung Antioksidan Aktif

Antioksidan merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan tubuh terutama untuk menangkal radikal bebas. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi antioksidan yang cukup oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan sangat diperlukan. Penelitian menunjukkan bahwa ganggang biru mengandung antioksidan aktif baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Memiliki Potensi sebagai Anti Inflamasi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa inflamasi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung bahkan penyakit kanker. Beberapa penelitian terakhir menyebutkan bahwa ganggang biru berpotensi sebagai anti inflamasi yang dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia dan salah satunya adalah LDL atau dikenal juga dengan istilah kolesterol jahat. Ganggang biru mengandung senyawa aktif yang dapat menurunkan produksi LDL namun sebaliknya justru mengoptimalkan produksi HDL atau kolesterol baik.

  1. Mengandung Senyawa Anti Kanker

Seperti yang sudah disebutkan di atas ganggang biru mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mencegah pengaruh buruk dari radikal bebas yang merupakan pemicu utama kanker. Mengkonsumsi ganggang biru dapat mengurangi risiko terkena penyakit mematikan ini.

  1. Mengurangi Gejala Darah Tinggi

Tidak mudah mengatasi gejala darah tinggi atau hipertensi namun beberapa penelitian berhasil menemukan bahwa mengkonsumsi ganggang biru mampu meningkatkan nitric oxide yang berfungsi mengurangi gejala darah tinggi dan mengurangi risiko seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Membantu Mengatasi Gejala Anemia

Salah satu penyebab anemia adalah ketika kadar haemoglobin dalam darah tidak cukup. Mengkonsumsi ganggang biru yang kaya akan mineral dapat membantu mengembali kadar haemoglobin ke level normal sehingga dapat membantu mengatasi gejala anemia.

  1. Suplemen untuk Kesehatan Otot

Mungkin beberapa dari Anda cukup familiar dengan Spirulina yaitu suplemen kesehatan yang banyak dikonsumsi oleh para atlet karena memang baik untuk kesehatan otot. Perlu Anda ketahui bahwa bahan utama spirulina adalah ganggang biru atau Cyanobacteria. Mengkonsumsinya secara teratur dan sesuai resep dokter dapat meningkat kekuatan otot.

  1. Membantu Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Beberapa penelitian pernah dilakukan oleh penderita diabetes tipe 2 yang diberi suplemen ganggang biru secara teratur. Dalam dua bulan setiap pasien yang diteliti mengalami penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan yaitu sekitar 8% – 9%.

  1. Tinggi Protein

Seperti halnya ganggang yang lain, ganggang biru juga sangat tinggi protein. Bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi produk hewani mungkin mencari alternatif protein dari ganggang biru bisa menjadi solusi yang jauh lebih sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Universitas Maryland pernah melakukan penelitian tentang potensi kesehatan ganggang biru dan ditemukan bahwa ganggang biru memiliki potensi untuk menjaga kesehatan hati terutama bagi pasien yang sudah terdiagnosa menderita hepatitis walaupun tentunya penelitian lanjutan masih sangat diperlukan.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Nikaragua sebuah negara yang memiliki kasus gizi buruk  yang cukup tinggi. Pemberian ganggang biru sebagai salah satu sumber nutrisi menunjukkan adanya peningkatkan baik dari sisi kecerdasan, partisipasi sampai kondisi kesehatan secara menyuluruh pada anak. Penelitian terpisah juga dilakukan pada sekitar 140 anak yang mengalami masalah dalam belajar dan hasilnya sangat positif.

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas terdapat beberapa hal penting yang juga perlu diingat terkait potensi kesehatan ganggang biru yaitu kemampuan ganggang biru dalam mengikat nitrogen. Itu artinya, mengkonsumsi ganggang biru secara langsung sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan keracunan serius. Oleh karena itu mengkonsumsi suplemennya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ganggang biru bagi kesehatan dengan tetap memperhatikan anjuran dari dokter tentunya.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi