10 Manfaat Filsafat Ilmu Untuk Kehidupan

Manfaat ilmu filsafat merupakan suatu hal tentang sebuah filosofi sesuatu. Menurut Plato, filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada. Sedangkan filsafat ilmu merupakan salah satu bidang filsafat yang dapat menjawab beberapa hal mengenai hakikat ilmu, mulai dari dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, baik ilmu alam maupun sosial. Sedangkan menurut Peter Caws, definisi dari filsafat ilmu yakni suatu bagian filsafat yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia. Filsafat ilmu menjelaskan berbagai masalah mulai dari konsep pertanyaan dapat disebut ilmiah, hingga implikasi metode ilmiah terhadap masyarakat dan ilmu pengetahuan itu sendiri.  Manfaat mempelajari filsafat memang cukup rumit, diperlukan wawasan yang luas dan pikiran yang kritis agar tidak menjadi kesalah pahaman. Meskipun sedikit rumit, mempelajari filsafat ilmu memiliki manfaat untuk keberlangsungan kehidupan.

Manfaat Belajar Filsafat

Mempelajari filsafat ilmu, akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Dan Cermat

Mempelajari filsafat ilmu  seperti manfaat filsafat pendidikan akan membuat seseorang, terutama seorang ilmuwan agar tetap berpikir kritis. Dengan berprikir kritis dan cermat, maka seseorang dapat terhindar dari sikap solipsistik atau menganggap bahwa pendapatnyalah yang paling benar.

  1. Memperluas Pola Pikir

Seorang ilmuwan  akan terlalu asik dengan dunia ilmiahnya sendiri dan terkadang lupa dengan hal yang ada disekitarnya. Dengan mempelajari filsafat ilmu seperti manfaat mempelajari filsafat hukum, seseorang bahkan ilmuwan akan sadar tentang keterbatasan dirinya yang juga tidak dapat lepas dari konteks sosial kemasyarakatan.

  1. Membentuk Sikap Ilmiah

Terdapat batasan nilai epistemologis ketika mengembangkan manfaat mempelajari ilmu pengetahuan sosial dan teknologi. Batasan ini akan mendorong sebuah wawasan agar membentuk sebuah sikap yang ilmiah.

  1. Mengatasi Bahaya Sekularisme Ilmu

Belajar filsafat ilmu dapat membantu mengatasi bahaya sekularisme ilmu dalam bidang apapun. Adanya batasan nilai ontologis dalam mengembangkan ilmu, teknologi da juga perindustrian dapat membantu mengatasi adanya bahaya sekularisme segala bidang ilmu.

  1. Mendorong Berperilaku Adil dan Bertanggung Jawab

Dalam mengembangkan ilmu, teknologi dan perindustrian, terdapat batasan aksiologi yang dapat menumbuhkan nilai-nilai etis dalam kehidupan serta mampu menambah manfaat hidup bersatu. Paradigma aksiologis mampu memberikan dorongan agar seseorang dapat berperilaku adil dan membentuk moral tanggung jawab pada diri seseorang.

  1. Mengajarkan Untuk berpikir Logis

Mempelajari filsafat ilmu akan membantu ilmuwan untuk berpikir logis dan rasional. Sehingga setiap metode ilmiah yang dikembangkan harus dapat dipertanggungjawabkan. Ini juga lebih baik untuk manfaat bersosialisasi dengan orang lain karena selalu berfikir logis.

  1. Membantu Membedakan Persoalan

Filsafat ilmu akan menuntun seseorang dalam menyelesaikan sebuah masalah. Dengan mempelajari filsafat ilmu manfaat manfaat ilmu sosial, seseorang akan memahami dan dapat membedakan apakah masalah tersebut ilmiah atau tidka ilmiah. Sehingga, seseorang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan tepat.

  1. Mencegah Terjadinya Egoisme dan Ego-sentrisme

Pandangan yang diberikan ketika mempelajari filsafat ilmu akan menjadi lebih luas. Dengan wawasan yang luas, seseorang dapat mencegah terjadinya egoisme dan ego-sentrisme atau dalam kata lain mementingkan diri sendiri. Manfaat perilaku terpuji akan lebih maksimal dengan orang yang memiliki ilmu.

  1. Menyelesaikan Masalah Dengan Bijak

Dalam memecahkan masalah, harus mengambil langkah yang bijak agar permasalahan dapat terpecahkan. Mempelajari filsafat akan membantu melihat berbagai persoalan yan ada sehingga dapat diketahui bagaimana langkah untuk menyelesaikan masalah terseut. dengan begitu, persoalan yang terjadi dapat diselesaikan dengan bijaksana.

  1. Memberikan Kesadaran Kedudukan Manusia

Mempelajari filsafat ilmu dapat membantu seseorang menyadari akan hakikatnya hidup sebagai manusia. Dimana dia juga memiliki hubungan dengan orang lain, alam sekitar dan juga kepada Tuhan. Dengan memiliki ilmu yang dalam manfaat organisasi dapat membantu menyamakan kedudukan manusia.

Filsafat ilmu memiliki bahasan yang luas. Manfaat filsafat ilmu pun juga sebenarnya sangat banyak sekali. Yang terpenting adalah, untuk tidak lupa mempelajari filsafat ilmu karena sedikit banyaknya, mempelajari filsafat ilmu daapat memberikan dukungan pada diri sendiri untuk menjadi manusia yang kebih baik dalam kehidupan.