6 Manfaat Membaca Cepat, Hambatan, dan Cara Mudahnya

Manfaat Membaca CepatMembaca cepat adalah sebuah teknik membaca dengan kecepatan tinggi atau diatas rata-rata dan dibarengi dengan pemahaman bacaan yang tinggi juga. Mungkin dari anda masih banyak yang heran apakah membaca super cepat ini hanya untuk gaya-gayaan, hobi, atau bawaan dari lahir?

Perlu anda ketahui membaca super cepat dapat kita pelajari tekniknya. Tentu saja sekali lagi, ini memiliki manfaat yang cukup luar biasa, yang mungkin disadari atau tidak di sadari.

Tentu saja manfaat membaca cepat bagi kita sangat banyak. Apa sajakah itu? Mari kita simak satu per satu:

Manfaat Membaca Cepat


Mudah Mengenali Topik Bacaan

Banyak bacaan yang tidak dapat hanya dilihat dari cover atau tampilannya saja oleh karena itu sebaiknya dalam hal memilih bacaan baik itu sifatnya buku/majalah/artikel di internet memakai teknik membaca cepat untuk mengetahui sekilas apa topik bacaan tersebut apakah cocok dengan anda atau tidak sehingga meminimalisir kesalahan pemilihan bahan bacaan dan informasi yang diperlukan.


Mengetahui Pendapat dan Pemikiran Orang Lain Dengan Singkat

Tentu sebagai manusia kita sangat membutuhkan informasi namun terkadang kita dihadapkan kepada terbatasnya waktu untuk membaca. Oleh sebab itu, dengan teknik membaca cepat anda tentu dapat mengetahui pendapat atau isi dari bacaan tersebut dengan waktu singkat. Cara membaca cepat sangat mudah yaitu anda hanya perlu membaca awal paragraf dan akhir paragraf yang umumnya memuat kesimpulan atas apa isi bacaan tersebut.


Mendapatkan Bagian Penting

Untuk mendapatkan bagian penting dalam bacaan yang kalian sedang perlukan tidak harus dengan membaca secara detail keseluruhan dari bacaan namun dapat dengan menggunakan teknik membaca cepat.

Mengetahui Organisasi Tulisan

Dengan membaca cepat anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana ide pokok dan pikiran yang terkandung dalam tulisan. Apabila dengan mudah kita mengetahui ide pokok dan pikiran yang ada pada bacaan tentu kita akan lebih mudah memahami keterkaitan satu sama lain.


Mengingat Kembali Apa yang Sudah Pernah Dibaca

Biasanya membaca cepat juga dilakukan saat menjelang ujian atau menyampaikan ceramah dengan tujuan agar kita kembali mengingat lagi mengenai apa yang mau kita sampaikan dari bacaan yang sudah kita baca.

Menghemat Waktu

Tentu saja dengan membaca cepat kita akan menghemat waktu yang ada karena kita membaca dan menyerap makna kata per kata yang ada dengan singkat dan tepat. Selain itu kita juga dapat mengehemat waktu karena kita dapat melewati bagian-bagian yang tidak memiliki manfaat atau yang diperlukan dalam bacaan.


Hambatan Membaca Cepat

Hal yang sifatnya baik tentu tidak akan secara mudah didapatkan, sama halnya dengan teknik membaca cepat. Banyak sekali hambatan-hambatan yang harus kita lewati agar kemampuan membaca cepat kita terus mengalami perbaikan. Berikut hambatan-hambatan yang sering terjadi saat ingin membaca cepat :


Sulit Untuk Konsentrasi

Adanya kesulitan dalam berkonsentrasi saat membaca disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekelahan fisik baik secara mental atau fisik, bosan, atau pikiran sedang terdistraksi oleh beberapa hal. Konsentrasi sendiri juga bisa sulit apabila kalian terganggu dengan kondisi seperti adanya suara musik yang terlalu keras, suara TV yang sedang menyala, bunyi orang lalu lalang, dll. Tentu saja apabila kalian tidak bisa berkonsentrasi anda tidak dapat membaca dan memahami betul  apa yang sedang dibaca.

Motivasi Membaca yang Rendah

Umumnya seseorang sulit menguasai teknik membaca cepat karena motivasi yang ada di dalam dirinya sangat rendah. Umumnya ini dialami oleh siswa atau mahasiswa saat diharuskan membaca sebuah text book yang tebal. Apabila motivasi kalian saat membaca rendah maka hasil akhirnya adalah kalian sudah membaca buku atau bacaan namun tidak paham apa isi dari yang sudah kalian baca.

Khawatir Tidak Memahami Bahan Bacaan

Banyak orang yang di awal sudah merasa minder saat melihat buku yang ingin dibaca, kekhawatiran itu biasanya seperti isi buku yang terlalu berat isinya sehingga tidak dapat dipahami dengan mudah. Tentu rasa khawatir ini akan membuat kita semakin malas membaca dan pada akhirnya saat membaca pun kita sudah diliputi perasaan malas sehingga membuat kita tidak dapat menyerap makna yang terkandung secara baik.

Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Dalam Membaca

Ada beberapa kebiasaan buruk yang merupakan hambatan besar dalam membaca cepat, yaitu :

  • Vokalisasi
  • Vokalisasi adalah kondisi dimana anda membaca dengan cara dilafalkan yang akhirnya mengurangi kecepatan membaca. Saat anda memiliki kebiasaan Vokalisasi itu berarti kecepatan membaca anda sangat lambat dibandingkan orang umumnya karena hanya mempunyai kecepatan 120 kata/menit.
  • Sub Vokalisasi
    Kondisi dimana membaca tanpa suara di bibir namun di hati. Dampaknya kurang lebih sama dengan Vokalisasi.
  • Gerakan Bibir
  • Banyak orang yang tidak mempunyai kebiasaan Vokalisasi dan Sub Vokalisasi namun saat membaca bibirnya bergerak tanpa suara, hal ini juga dapat menghambat membaca cepat sama halnya dengan Vokalisasi dan Sub Vokalisasi.
  • Gerakan Kepala
    Kepala yang bergerak terus menerus dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri akan menghambat dalam membaca karena pegerakan kepala sebenarnya kalah jauh dengan pergerakan mata. Oleh sebab itu saat membaca , gerakkan mata saja jangan kepala.
  • Regresi (Pengulangan ke belakang)
  • Umumnya saat tidak memahami sebuah kalimat atau paragraf orang-orang akan mengulang untuk membaca. Coba bayangkan apabila ini terjadi lebih dari sepuluh kali tentu waktu banyak yang terbuang-buang.



Cara Mudah Membaca Cepat


Terus berlatih tentu adalah solusi yang paling ampuh dalam meningkatkan kemampuan dalam diri kita, begitupun juga dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat. Oleh karena itu, apabila ingin meningkatkan kemampuan membaca cepat maka anda harus secara rutin membaca buku/majalah/ apapun yang bisa menjadi bahan bacaan.


Segala sesuatu akan terasa mudah apabila kita menyukainya maka mulailah meningkatkan skill membaca anda dengan memilih buku atau bahan bacaan dengan topik yang anda sukai. Misalnya, kalian menyukai otomotif maka mulailah dengan membaca buku yang membahas otomotif.

Mengenal kosa kata dengan baik sangat membantu dalam hal membaca cepat karena dengan anda memahami kosa kata yang ada pada bacaan makan semakin mempermudah diri anda untuk mengerti apa isi dari bacaan tersebut.

Fakta Mengenai Membaca Cepat

  • Kalian baru boleh dikatakan mempunyai kemampuan membaca cepat apabila ketika disodorkan pertanyaan atau soal mengenai bacaan yang kalian baca, kalian dapat menjawab sekurang-kurangnya 60% dari soal yang ada.
  • Seseorang yang memiliki kemampuan membaca cepat harus dapat berpikir kritis dan efektif yang ditandai dapat mengetahui bagian mana yang penting atau tidak di dalam bacaan.
  • Ukuran kemampuan membaca cepat :
  1. 110 kata/menit 50 persen Kemampuan kurang
  2. 240 kata/menit 60 persen Kemampuan rata-rata
  3. 400 kata/menit 80 persen Kemampuan baik
  4. 1000 kata/menit 85 persen Sempurna
  • Kemampuan membaca cepat akan berkembang pesat apabila anda menaruh fokus dalam kegiatan itu, disini artinya kegiatan membaca anda sebaiknya tidak diganggu oleh kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan gadget seperti komputer, televisi, tablet, dll.

Manfaat membaca cepat sangat penting untuk kita ketahui dan yakinlah bahwa kemampuan membaca super cepat dapat anda peroleh jika rajin dan terus berlatih.

Baca Juga : Manfaat membaca komik

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan