Manfaat Ekor Ikan Pari Bagi Manusia Paling Mengejutkan

Sebagai negara yang kaya akan hasil laut ada banyak pilihan jenis ikan di negara kita yang dapat dikonsumsi diantaranya manfaat ikan haruan, manfaat ikan kaneke, manfaat ikan nila, manfaat ikan salmon, manfaat ikan bogo, manfaat ikan baronang, manfaat ikan gindara, serta ikan pari. Ya, meskipun ikan yang dikenal bertubuh lebar dan pipih ini sering dijadikan hewan pajangan di sarana rekreasi air namun ternyata dagingnya yang lembut dan gurih aman dan baik dikonsumsi. Bahkan ada banyak manfaat ikan pari bagi kesehatan manusia.

Seperti jenis ikan konsumsi lainnya ikan pari dapat diolah dengan berbagai cara. Bisa digoreng, digulai, dan lain sebagainya menjadi masakan yang lezat dan bermanfaat. Tidak hanya dagingnya tulang ikan pari juga dapat dikonsumsi karena merupakan jenis tulang rawan. Mirip seperti kikil pada sapi yang juga dapat dikonsumsi. Ini menjadikan hampir semua bagian tubuh ikan pari dapat dikonsumsi. Ikan pari dapat ditemui berbagai belahan dunia di perairan laut tropis dan subtropis.

Bentuk Ikan Pari

Ikan pari dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang melebar. Ia memiliki sirip yang menyatu dengan bagian kepala dan melebar pula sehingga jika dilihat dari atas atau bawah akan terlihat oval atau bundar. Ikan ini termasuk predator dan bersifat vivipar atau melahirkan anak. Umumnya memiliki mata di bagian samping dan bernapas menggunakan celah insang. Ukuran ikan ini cukup bervariasi mulai dari panjang dan lebar 10 x 5 cm hingga panjang dan lebar 700 x 610 cm.

Selain tubuhnya yang lebar ikan pari juga memiliki ekor yang kecil dan panjang seperti cambuk. Pada beberapa spesies ekornya memiliki duri tajam dan beracun sehingga patut diwaspadai oleh para nelayan atau penangkap ikan. Namun biasanya ikan pari yang dijual di pasaran telah dibuang ekornya sehingga lebih aman. Ekor ikan pari bisa mencapai panjang hingga 35 cm. Pada ikan pari dengan ekor beracun terdapat 2 buah taring dengan kelenjar racun yang bisa mengenai dan meracuni musuhnya.

Manfaat Ekor Ikan Pari

Manfaat ekor ikan pari merupakan senjata atau pertahanan diri dari ancaman musuh. Ketika ada musuh yang mendekatinya ikan pari akan menggerak-gerakkan ekornya ke segala arah, naik, turun, ke kanan, atau ke kiri sehingga musuhnya bisa terkena ekornya yang memiliki duri tajam dan beracun. Cambukan ekor ikan pari dapat membuat musuhnya terluka bahkan mati.

Selain sangat berbahaya dan sebagian beracun ekor ikan pari ternyata juga memiliki manfaat bagi manusia. Manfaat ekor ikan pari didapatkan dengan memotong ekornya dan mengeringkannya. Ekor ikan pari yang dikeringkan ini dipercayai oleh sebagian orang sebagai jimat untuk menolak segala gangguan sihir dari luar rumah. Biasanya ekor ikan pari dipasang di bagian paling depan dan atas rumah sehingga pemilik dan penghuni rumah terlindungi dari berbagai “kiriman” gaib yang tidak baik. Selain itu ada pula benda-benda lain yang kerap dijadikan jimat diantaranya manfaat ekor cicak bercabang, manfaat bunga serai, manfaat batu black onyx, manfaat batu jahe, manfaat getah katilayu, manfaat gading gajah, manfaat ikan tempel, manfaat batu jarum emas, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian harus disadari bahwa penggunaan manfaat ekor ikan pari sebagai jimat bukanlah hal yang baik karena dapat berujung pada kesyirikan terutama pada orang beragama. Lebih baik meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbuat baik kepada sesama. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan dan makhluk Tuhan maka hati akan merasa tenang dan terlindungi dari gangguan jin, syetan, dan manusia.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan