8 Manfaat Makan Lidah Buaya Mentah

Manfaat makan lidah buaya mentah sudah menjadi rahasia umum masyarakat. Lidah buaya terdiri dari bagian kulit yang disebut latex dan bagian isi yaitu gel. Lidah buaya sudah terbukti dapat menguangi gejala konstipasi atau susah buang air besar.

Lidah buaya (Aloe vera) sendiri mengandung bahan alami yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan diantaranya: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Olahan gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, losion, krim, dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen.

Manfaat mengkonsumsi lidah buaya mentah diantaranya:

1. Membantu Program Diet

Selain manfaat cengkeh dan kayu manis lidah buaya mampu membantu dalam detoksifikasi racun dimana hal ini akan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh dan menyebabkan tidak terjadinya tumpukan lemak dalam tubuh serta melancarkan sistem pencernaan.

2. Sumber Asam Amino

Lidah buaya mengandung protein dan menjadi sumber alami  asam amino bagi tubuh berbeda jika anda melihat manfaat madu untuk mengobati luka, anda dapat mengkonsumsi lidah buaya sebagai jus.

3. Menyeimbangkan Kadar Asam dalam Tubuh

Sifat alkali yang dimiliki lidah buaya mampu menjaga kadar asam dalam tubuh dan menyeimbangkannya berbeda jika melihat manfaat bunga air mata ibu. Konsumsi lidah buaya sebagai jus secara rutin.

4. Membasmi Plak Gigi

Berbagai sisa makanan yang tertinggal di gigi akan menyebabkan timbulnya bakteri. Hal ini disebut dengan plak gigi. Plak gigi terlihat seperti lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih yang umumnya ada di antara gigi dan sepanjang batas gusi pada gigi. Perawatan rutin yakni menyikat gigi harus dilakukan untuk menghindari efek berkelanjutan , karena plak gigi dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang, kalkulus, gingvitis, periodontitis. Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi dimana manfaatnya hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Lidah buaya juga berfungsi  untuk menyerap vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, hal ini mengakibatkan sistem kekebalan tubuh akan meningkat, lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen ataupun minuman jus lidah buaya.

6. Sumber Vitamin dan Mineral

Adanya kandungan alami yang terdapat pada lidah buaya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C menyebabkan lidah buaya menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat bunga krisan dan lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

8. Konstipasi

Gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sulit buang air besar dapat diatasi dengan lidah buaya berbeda jika anda melihat manfaat batang anggrek  . Lidah buaya mampu melancarkan saluran pencernaan dan menyembuhkan konstipasi.

 

Mengkonsumsi lidah buaya mentah memang memiliki banyak manfaat tetapi hindari untuk anak usia dibawah 12 tahun, ibu hamil, Menjelang operasi, Penderita wasir,  Ginjal, dan Maslah Usus. Mengkonsumsi lateks lidah buaya secara berlebihan juga memiliki efek samping yaitu diare. Penting untuk bersikap hati-hati sebelum mengaplikasikan atau mengonsumsi bahan-bahan alami, termasuk lidah buaya. Utamakan untuk selalu menggunakan produk yang telah terdaftar di BPOM RI. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya atau konsultasi ke dokter sebelumnya.