5 Manfaat Akar Sagu Pada Kesehatan

Berbeda dengan manfaat tepung beras merah, Sagu atau tanaman dengan nama latin Merxylon sagumerupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia bagian timur. Sagu banyak dimanfaatkan mulai dari daunnya, kayunya, tepungnya, bahkan ulat pada batang sagu juga dikonsumsi. Selain itu, seperti halnya manfaat akar angin bagian lain yang dapat dimanfaatkan dari tanaman sagu adalah akarnya. Akar sagu tidak hanya menopang pohon sagu dan menjadi media untukmencari makanan, akan tetapi juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

Manfaat Akar Sagu

Akar Sagu memiliki beberapa manfaat, tidak hanya untuk kesehatan manusia, akan tetapi manfaat lainnya untuk kehidupan manusia. Adapun beberapa manfaat yang dihasilkan dari akar sagu kesehatan diantaranya:

  1. Mengatasi Ambeien

Ambeien merupakan jenis penyakit yang bisa timbul kapan saja. Ambeien sering sekali dialami oleh ibu hamil pasca melahirkan. Efek melahirkan yang memberikan tekanan keras pada bagian perut juga dapat memicu timbulnya ambeien. Ambeien dapat diatasi dengan beberapa cara, baik secara medis maupun secara alami. secara alami, ambeien dapat diatasi dengan memanfaatkan akar sagu. selain itu untuk mengatasi ambeien juga dapat memanfaarkan manfaat kulit manggis untuk ambeien dan manfaat daun suji untuk wasir.

Cara membuat ramuan akar sagu untuk mengatasi ambeien:

  • Ambil dan bersihkan akar sagu, kurang lebih 5 buah akar sagu.
  • Siapkan juga kulit pohon jambu agung yang telah disiapkan.
  • Rebus akar sagu serta klit pohon jambu dalam 5 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih hingga tersisa 3 gelas saja.
  • Minum secara rutin pada pagi dan sore.
  1. Mengatasi Diare

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di daerah Kalimantan Selatan. Akar dari pohon sagu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diare. Dijelaskan bahwa akar dari tanaman Metroxylon sagu dapat bersifat antibakteri dan membunuh bakteri Salmonella thphi atau jenis bakteri penyebab penyakit diare. Cara yang digunakan untuk memanfaatkan akar sagu sebagai solusi diare hampir sama dengan cara menyembuhkan ambeien, hanya saja tidak perlu menambahan kulit jambu agung kedalamnya. Cukup dengan meminum air rebusan akar sagu, masalah diare dapat teratasi.

  1. Mengatasi Penyakit Yang Disebabkan Karena Bakteri

Manfaat tepung sagu dan akar sagu memiliki manfaat yang efektif untuk mengatasi masalah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Hal ini disebabkan karena kandungan antibakteri yang dimiliki oleh akar sagu. Menggunakan akar sagu untuk diseduh dan diminum, atau dengan cara lain, dapat menghambat tumbuh kembang bakteri  yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak berkembang dan menimbulkan penyakit.

  1. Mengatasi Lemah Syahwat

Berbeda dengan di wilayah Kalimantan, akar sagu juga banyak dimanfaatkan di wilayah Sulawesi. Akan tetapi, tidak dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Akar sagu digunakan untuk mengatasi lemah syahwat yang terjadi pada pria seperti manfaat kayu ulara untuk pria. Cara memanfaatkannya yakni dengan memotong akar sagu secukupnya, yang kemudian direbus tanpa dicampuri apa-apa. Meminum air rebusan akar sagu ini diercaya dapat membantu mengatasi lemah syahwat. Sehingga dapat mengembalikan gairah seks bagi pria.

  1. Mengobati Keracunan

Akar sagu memiliki kandungan antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan, seperti bakteri E.colli. Meskipun tidak semua jenis E. Colli berbahaya. Namun ada jenis E. Colli lainnya yang dapat menyebabkan keracunan yang menimbulkan rasa mual, sakit kepala dan muntah.

Tidak banyak yang tahu bahwa akar dari pohon sagu tidak hanya menopang pohon sagu dan menyimpan air. Akan tetapi, dibeberapa daerah Indonesia wilayah timur sudah mengetahui tentang manfaat akar sagu dan mempraktikannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, meskipun sebelumnya belum dilakukan penelitian tentang akar sagu ini. Mungkin kedepannya, akan banyak penelitian lagi yang dapat mengupas tentang manfaat lain dari akar sagu untuk kesehatan.