5 Manfaat Pohon Bodhi Secara Umum

Pohon bodhi memiliki nama latin ficus eligiosa. Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon besar dan keramat. Dianggap pohon keramat oleh agama hindu dan budha. Mereka memiliki anggapan bahwa pohon bodhi ini adalah pohon suci yang dihuni oleh para dewa – dewa sehingga adanya pohon bodhi di lingkungan sekitar mereka benar – benar dirawat dengan baik.

Pohon ini memiliki tinggi yang dapat mencapai 15 sampai dengan 20 meter. Selain itu pohon bodhi juga memiliki cabang yang banyak sehingga tampak rimbun sekali. Pohon tinggi ini juga jika dilihat dari jauh seakan memiliki sesutu yang mistis persis menyerupai pohon beringin. Begitu juga dengan manfaat kayu gaharu secara mistis yang dipercayai oleh orang – orang. Namun di balik perawarakannya yang tinggi dan besar, pohon bodhi juga memiliki beragam manfaat. Nah, berikut ini penjelasan mengenai manfaat dari pohon bodhi antara lain adalah sebagai berikut ini :

1.Alat Perkakas

Manfaat pohon bodhi yang pertama adalah sebagai perkakas rumah tangga. Hal ini sesuai karena batang pohon bohi yang besar dan kuat sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perkakas. Contoh perkakas yang dibuat dari pohon bodhi adalah sendok, piring, kusi, meja dan lemari. Kegunaan perkakas sangat penting sekali untuk menunjang kegiatan sehari – hari. Perkakas merupakan salah satu bagian dari peralatan di rumah yang diperlukan. Contohnya meja yang digunakan untuk menulis atau tempat meletakkan barang – barang. Kursi yang dapat digunakan untuk duduk dan lemari untuk menyimpan berbagai jenis barang yang penting bagi Anda sehingga barang tersebut lebih aman dari jangkauan luar.

2. Pakaian

Siapa sangka pohon bodhi juga memiliki manfaat seperti pakaian. Ternyata massyarakat pedalaman masih ada yang menggunakan daun dari pohon ini sebagai pakaian yang menutupi tubuh mereka. Jadi daun dari pohon bodhi ini dipetik datu – persatu. Kemudian disatukan antara satu daun dengan daun lainnya dan digunakan untuk menutupi bagian tubuh yang vital. Itu dilakukan baik oleh laki dan perempuan dari anak – anak hingga dewasa. Hingga saat ini masih banyak dijumpai di suku pedalaman yang menggunakan daun ini sebagai pakaian khas mereka.

3. Obat – obat alami

Obat – obatan penting digunakan untuk mengobati penyakit. Pohon bodhi dapat dijadikan sebagai salah satu obat herbal yang dipercaya dapat mengobati beberapa jenis sakit. Sebagai manfaat tanaman herbal obat pohon ini tidak memiliki efek samping apapun selama diminum dalam batasan yang dianjurkan oleh dokter. Adapun bagi Anda yang sudah biasa menggunakan pohon ini sebagai pengobatan herbal dapat menjelaskan tata cara mengolah pohon ini untuk dijadikan sebagai obat alami.

4. Peneduh lingkungan sekitar

Dari bentuknya yang tinggi dan besar pohon bodhi ini juga banyak dimanfaatkan sebagai peneduh bagi tempat tumbuhnya. Peneduh dalam artian meneduhi dari terik sinar matahari. Biasanya pohon ini banyak ditanam disekitar taman. Tujuannya adalah sebagai tempat melepaskan penat bagi setiap orang yang bermain ditaman tersebut. Karena pada umumnya taman ada sebagai tempat bermain bagi anak – anak. Ditaman biasa juga ditemui berbagai arena bermain seperti ayunan, main sepeda, main lari – larian dan perosotan. Pohon ini juga memiliki cabang yang banyak sehingga dapat membantu meneduhi sebagai besar tempat dimana dia ditanam. Selain itu pohon bodhi ini memerlukan arena tempat penanaman dengan tanah yang luas untuk mendukung pertumbuhannya. Terlebih lagi keberadaan pohon bodhi ini mendukung sekali manfaat lingkungan bersih yang sering digalakkan oleh pemerintah.

5. Lambang pohon suci

Manfaat terakhir dari pohon bodhi ini adalah sebagai salah satu pohon mistis. Disebut mistis karena pohon ini dianggap suci oleh umat beragama hindu dan budha. Pohon bodhi ini termasuk pohon mistis dimana mistis biasanya berkaitan dengan alam lain seperti makhluk gaib atau kesucian dari pohon ini. Lambang pohon suci tampaknya sesuai dengan bentuk dari pohon bodhi. Pohon ini tampak seperti pohon keramat yang mengandung beribu misteri yang belum pernah terpecahkan. Untuk umat beragam hindu dan budha pohon ini kadang dijadikan sebagai tempat untuk sesajen dan meminta. Tidak sedikit yang menganggap pohon ini sebagai dewa yang dapat mengabulkan permintaan sehingga banyak sekali permintaan yang diucapkan pada pohon ini.

Nah, itulah beberapa manfaat pohon bodhi yang juga di jadikan sebagai lambang pohon suci bagi beberapa agama. Terlepas dari itu pohon ini juga dapat dijadikan sebagai pelindung dan mencegah erosi karena akarnya yang kuat dalam menyerap air. Sehingga saat musim hujan datang maka air hujan dapat diserap oleh akar pohon dengan baik. Dan ini berdampak positif sekali dalam menangkal serangan longsor dan juga banjir bandang yang biasanya dijumpai saat musim hujan. Pohon ini banyak dijumpai di pulau – pulau jawa.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan