6 Manfaat Pohon Benalu untuk Kesehatan

Pohon benalu memiliki nama latin branthus, dan pohon ini dikenal juga sebagai parasit. Benalu disebut sebagai parasit karena hidup dan mengantungkan hidup pada inangnya. Sehingga kehadiran benalu dapat menjadi kerugian bagi pohon inang tersebut. Benalu memiliki bentuk daun yang kecil – kecil dan panjang. Untuk ukurannya sendiri benalu bervariasi ada yang kecil dan ada juga yang besar tergantun dari makanan yang mereka dapat dari inangnya.

Namun dibalik kehidupannya yang banyak bergantung pada inang, tenyata pohon benalu jika memiliki beragam manfaat. Manfaat pohon benalu telah lama digunakan dala bidang kesehatan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Nah, berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan pohon benalu antara lain :

1.Mencegah kanker

Manfaat pohon benalu yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Kanker merupakan sel dalam tubuh yang mengalami pembelahan secara tidak terkendali sehingga dapat mengakibatkan komplikasi penyakit pada tubuh. Kanker termasuk kedalam salah satu penyakit paling mematikan nomor dua. Dan kanker sama sekali tidak pandang bulu untuk diidap oleh seseorang baik itu laki – laki dan perempuan. Begitu juga dengan rentang umur yang tidak ditentukan. Kanker banyak disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Ada juga manfaat daun kelor untuk kanker dan Manfaat sari buah merah untuk kanker bagi kesehatan.

2. Sumber antioksidan

Sumber antioksidan banyak terdapat pada buah – buahan dan sayur – sayuran. Selain itu sumber antioksidan berikutnya juga banyak terdapat pada pohon benalu. Manfaat antioksidan adalah untuk melawan penuaan dini yang terjadi akibat serangan radikal bebas. Dimana penuaan dini dapat mengakibatkan seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Dan biasanya bagian yang paling tampak adalah kulit yang mulai terlihat garis – garsi halus dan kusam.

3. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah memiliki fungsi untuk mengaktifkan organ – organ dalam tubuh untuk bekerja dengan maksimal. Itu kenapa peredaran darah yang lancar diperlukan untuk menunjang kesehatan kita. Peredaran darah dapat tidak lancar karena beberapa sebab salah satunya adalah lemak yang menumpuk pada jalur peredaran darah. Dalam melancarkan peredaran darah maka diperlukan pergerakkan seperti olahraga untuk menghilangkan lemak yang menempel pada pembuluh darah. Berikut ini juga manfaat aspirin untuk jantung dan manfaat roamnesco.

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting bagi tubuh. Jantung memiliki ukuran sekepal tangan pemiliknya. Fungsi dari jantung adalah untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga seluruh organ dapat bekerja secara optimal. Dan manfaat pohon benalu dapat menjaga kesehatan jantung. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun benalu kemudian bersihkan. Setelah itu rebus daun benalu dengan air dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih baru kemudian di saring dan diminum untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Mengontrol tekanan darah

Manfaat pohon benalu berikutnya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Mengontrol tekanan darah penting untuk mencegah hipertensi. Hipertensi dapat mengakibatkan stroke jika tekanan darah dibiarkan tinggi. Untuk itu penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dalam mengontrol tekanan darah. Sebaliknya tekanan darah yang rendah juga tidak baik untuk kesehatan. Karena tekanan darah yang rendah dapat mengakibatkan pusing dan pingsan pda penderita. Cara untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan menggunakan daun dari pohon benalu. Dimana caranya adalah ambil beberapa lembar daun pohon benalu. Kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih baru kemudian biarkan hingga dingin dan saring. Rebusan dari  daun pohon benalu ini dapat Anda gunakan satu bulan sekali untuk mengontrol tekanan darah. Ada juga manfaat daun beluntas untuk hipertensi.

6. Tumor

Tumor memiliki ciri seperti benjolan yang tumbuh paa permukaan kulit yang dapat menjadi besar. Namun pembesaran dan keganasan tumor masih tergolong di bawah sel kanker. Tumor tetap harus diobati baik itu dengan tindakan medis maupun dengan menggunakan pengobatan herbal. Karena bagaimanapun juga tumor juga termasuk penyakit yang berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa. Jika Anda ingi menggunakan pengobatan herbal maka menggunakan daun benalu dapat menjadi pilihan Anda. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun benalu dan bersihkan. Setelah itu rebuskan dengan menggunakan air yang mendidih. Dan setelah mendidih baru kemudian di saring dan diminum. Ada juga manfaat daun sirsak untuk tumor yang dapat menjadi pilihan Anda untuk obat herbal dalam mencegah dan mengobati tumor. Tumor juga terbagi menjadi dua jenis yaitu ada tumor jinak dan tumor ganas.

Nah, itulah beberapa manfaat dari pohon benalu dalam bidang kesehatan. Bahan alami ini terbukti aman untuk diminum dan tidak menimbulkan efek samping apapun jika diminum. Semoga dengan rajin meminum air rebusan daun benalu dapat membantu Anda untuk mengobati penyakit yang Anda alami.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan