11 Manfaat Daun Andong untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Bagi anda penggemar tanaman hias dan bercocok tanam berbeda jika anda melihat manfaat sayur tunas bambu, mungkin jenis tanaman yang satu ini sangat familiar. Harganya yang terjangkau di pasaran serta cara menanam dan perawatan yang mudah, membuat tanaman ini punya banyak sekali penggemar. Yaitu tanaman andong atau biasa dikenal dengan nama hanjuang di pasar tanaman hias. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang dikelompokkan dalam jenis tumbuhan monokotil berbatang. Ciri khas dari tanaman andong yaitu memiliki daun berbentuk lanset dengan ukuran yang cukup besar dan berwarna hijau kemerahan.

Dan salah satu keunikan pada andong yaitu warna daun yang bisa berubah menjadi merah keunguan jika terkena sinar matahari. Sepeti tanaman pada umumnya, andong memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Secara ilmiah andong memiliki nama Cordyline, dan biasa digunakan sebagai tanaman pelindung ataupun pembatas blok sawah, ladang, hingga perkebunan teh ataupun kina. Selain itu andong juga sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Sedangkan di dunia boga sendiri, andong biasa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan agar tampilan makanan jadi lebih menarik dan memiliki nilai artistik tersendiri.

Selain itu andong juga memiliki banyak manfaat terutama di bidang kesehatan berbeda jika anda melihat manfaat cengkeh untuk diet, hal ini tentunya terkait dengan segudang kandungan nutrisi yang ada pada hanjuang. Kandungan nutrisi serta zat tersebut tentunya tidak hanya baik untuk menutrisi tubuh anda agar lebih sehat. Ada beberapa manfaat khusus pada tanaman andong yang bisa anda dapatkan. Dan untuk menjawab penasaran anda mengenai apa saja kandungan nutrisi pada tanaman andong, berikut kami sampaikan secara rinci.

Kandungan Nutrisi Andong

  • Flavonoid
  • Tannin
  • Saponin
  • Zat besi
  • Timidine
  • Kalsium oksalat
  • Steroida
  • Polisakarida
  • Polifenol
  • Antibakteri
  • Antikoagulan
  • Antiproliferatif

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di atas, ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Mengingat tanaman andong juga termasuk salah satu jenis tanaman toga, tak heran juga banyak sekali obat tradisional maupun herbal berbahan dasar andong. Dari tanaman andong sendiri yang dimanfaatkan yaitu daunnya, bukan hanya pucuk daun mudanya saja begitupun dengan daun yang sudah tua. Cara pengolahannya sendiri bermacam- macam sesuai dengan manfaat yang ingin anda dapatkan. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai apa saja manfaat dari andong yang bisa anda dapatkan.

Manfaat Andong

  1. Obat Disentri

Disentri merupakan salah satu gangguan atau penyakit pada pencernaan,biasanya orang yang mengalami disentri akan merasa sakit pada perut dan disertai diare berlebih. Tentunya ini sangat tidak baik, diare yang berlebih dapat menyebabkan dehidrasi akut yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu anda harus mengatasinya, salah satu caranya yaitu dengan minum air rebusan daun dan akar andong. Minumlah selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Obat Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan salah satu gangguan pencernaan yang ditandai dengan adanya pembengkakan hingga pecahnya pembuluh darah pada anus. Jika anda mengalami ambeien, ini tidak hanya dapat mengganggu penampilan tetapi juga aktivitas. Anda biasanya akan mengalami nyeri saat duduk ataupun BAB. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan cara membuat air rebusan pucuk daun andong. Caranya sangat mudah, anda bisa mendidihkan air dan memasukkan pucuk daun andong. Minumlah setiap hari sebanyak 3 gelas untuk mengobati ambeien anda.

  1. Obat Radang Gusi

Selain dapat mengobati ambeien, andong memiliki kandungan zat serta nutrisi yang baik untuk mengobati radang gusi. Biasanya radang gusi membuat anda sulit untuk mengunyah dan terasa nyeri. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan kulit batang andong. Caranya sayatlah kulit batang andong dan ambil lapisan ke dua dari kulitnya lalu cuci bersih. Tumbuklah kulit batang andong dan campur dengan sedikit garam. Setelah halus, oleskan pada bagian gusi yang meradang.

  1. Melancarkan Haid

Bagi seorang wanita, memiliki siklus haid yang normal dan teratur merupakan hal yang penting. Ini terkait dengan kesehatan tubuh juga, namun beberapa wanita sering kali mengalami ketidak lancaran haid yang berdampak pada siklus haid mereka. Biasanya orang yang mengalami siklus haid berantakan, haidnya tidak lancar. Untuk mengatasinya anda bisa minum air rebusan akar andong.


  1. Obat Batuk Berdarah

Kandungan nutrisi serta zat yang ada pada andong juga mampu mengatasi serta mengobati batuk berdarah.

  1. Obat TBC

Selain sebagai obat batuk berdarah berbeda dengan manfaat rimbang untuk asam urat, andong juga sangat baik untuk mengobati TBC. Caranya anda bisa minum air rebusan andong setiap hari sebanyak 3 kali.

  1. Obat Maag

Untuk mengatasi serta mengobati maag, anda bisa mengkonsumsi air rebusan andong saat maag anda kambuh.

  1. Obat Liver

Bagi anda yang memiliki riwayat liver berbeda dengan manfaat daun salam dan sereh, untuk menyembuhkannya secara alami anda bisa minum air rebusan andong setiap pagi dan sore.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu hal yang lumrah dan kebanyakan dialami oleh wanita. Namun jika keputihan terasa gatal dan berbau, anda perlu  waspada. Untuk mengatasinya anda bisa minum air rebusan andong.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Tidak hanya dapat melancarkan haid saja, air rebusan andong yang diminum saat nyeri haid terasa juga mampu mengatasinya dengan efektif.

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan andong juga mampu melancarkan saluran kemih berbeda dengan manfaat kunyit dicampur kayu manis, ini bermanfaat bagi anda yang memiliki gangguan pada saluran kemih.

Itulah berbagai manfaat dari daun andong yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan