18 Manfaat Daging Tupai Bagi Kesehatan dan Obat

Daging tupai mungkin masih terdengar asing untuk masyarakat Indonesia, sebab merupakan daging yang tidak umum untuk dikonsumsi setiap hari. Namun kandungan gizi yang terdapat dalam daging tupai ternyata cukup banyak dan sangat dibutuhkan dalam tubuh anda. Dalam daging tupai mengandung protein sebanyak 21.4 gram, lemak, beberapa jenis mineral dan juga vitamin. Sementara cara pengolahan daging tupai sendiri umumnya dibuat menjadi sate, gulai, goreng, tongseng, abon, dendeng dan juga jenis masakan lainnya. Tidak hanya bagian daging, namun otak tupai juga seringkali diolah menjadi serbuk atau bubuk yang kemudian dikemas dalam kapsul untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk mengetahui manfaat daging tupai untuk kesehatan dan berbagai macam penyakit, bisa anda lihat selengkapnya dalam ulasan dibawah ini.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Penyakit Rematik

Sakit rematik yang biasanya menyerang area persendian dan juga otot akan menimbulka rasa sakit dari yang biasa sampai tak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Dari beberapa orang yang sudah secara rutin mengkonsumsi daging tupai mengatakan jika terapi daging tupai ini bisa mengurangi rasa sakit saat rematik sedang kambuh bahkan membaik sebab kandungan tinggi protein dalam daging tupai tersebut sekaligus berguna untuk menyembuhkan jaringan otot yang mengalami kerusakan.

  1. Mengobati Kencing Manis

Kencing manis bisa terjadi apabila kadar gula darah dalam tubuh seseorang terlalu tinggi sebab kadar insulin yang dibutuhkan untuk menjaga gula darah terlalu sedikit. Mengkonsumsi daging tupai menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan insulin dalam tubuh sehingga bisa mengobati kencing manis. Caranya adalah dengan merendam daging tupai yang sudah dipotong-potong bersama dengan air asam jawa sekitar 1 jam lalu diolah secara digoreng dan dikonsumsi secara rutin sampai kencing manis bisa diatasi.

  1. Mengobati Sakit Ginjal

Daging tupai juga berguna untuk mengobati sakit ginjal. Sementara cara memanfaatkan daging tupai sebagai obat sakit ginjal juga sangat bervariasi seperti merebus daging tupai dan diminum atau bisa juga digoreng atau dipanggang dan dimakan secara teratur sampai sakit ginjal membaik serta sembuh seluruhnya.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam daging tupai tidak memiliki kandungan kolesterol yang terlalu tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi sebanyak mungkin. Namun, bagian daging tupai yang baik untuk dikonsumsi adalah hanya bagian tengah tubuh saja. Dengan mengkonsumsi daging tupai secara rutin, maka kadar kolesterol dalam darah akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

  1. Menambah Stamina Tubuh

Daging tupai juga bisa dikonsumsi untuk menambah stamina tubuh yakni dengan cara minum air rebusan daging tupai atau menyantap daging tupai goreng atau panggang secara rutin. Berbagai masalah seperti mudah lesu, lemah, lesu dan kurang bersemangat akan diatasi dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi hewan pengerat yang satu ini.

Artikel terkait:

  1. Membentuk Enzim

Tubuh membutuhkan berbagai macam enzim untuk sumber metabolisme dalam tubuh. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam daging tupai ini sangat berguna untuk membentuk berbagai jenis enzim yang dibutuhkan sebagai sumber metabolisme tubuh sehingga bagus dikonsumsi setiap hari.

  1. Menyembuhkan Kelainan Poligenik

Kelainan poligenik bisa terjadi karena bergabungnya banyak sel dalan datu gen. Kelainan poligenik ini bisa terjadi karena stimulan beberapa gen . Beberapa contoh kelainan poligenik diantaranya adalah hipertensi, penyakit jantung koroner dan juga diabetes. Nutrisi yang terdapat di dalam daging tupai ini terbukti bisa menyembuhkan berbagai kelainan poligenik tersebut apabila dikonsumsi secara teratur.

  1. Melancarkan Impuls Saraf

Impuls saraf adalah rangsangan atau pesan yang diterima reseptor dari luar tubuh uang kemudian akan dibawa neuron sehingga bisa dikatakan juga sebagai rangkaian pulsa elektrik yang menjalar serabut saraf. Beberapa fungsi dari impuls saraf adalah untuk merasakan perubahan suhu panas dan dingin, perubahan tekanan pada permukaan kulit, aroma yang tercium oleh indera penciuman yakni hidung, suara, rasa seperti manis, asam, pahit dan sebagainya. Supaya impuls saraf ini bisa bekerja dengan lancar, maka mengkonsumsi daging tupai bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan impuls saraf di dalam tubuh.

  1. Meredakan Stress Berlebih

Stress merupakan bentuk dari ketegangan yang terjadi pada fisik, psikis, emosi dan juga mental yang akan mempengaruhi kinerja seseorang dan bahkan bisa membuat produktivitas menjadi turun sekaligus timbul rasa sakit dan berbagai gangguan mental. Untuk meredakan stress berlebih, caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi daging tupai yang sangat menyehatkan ini secara teratur.

  1. Menjaga Keseimbangan Osmosis

Osmosis merupakan perpindahan molekul air lewat selaput semipermiabel dari bagian yang lebih cair ke bagian yang lebih pekat atau kental. Membran semipermeabel ini haruslah bisa ditembus pelarut akan tetapi harus tidak bisa ditembus oleh zat pelarut karena bisa mengakibatkan gradien tekanan di sepanjang membran. Daging tupai yang dikonsumsi secara teratur sangat baik untuk menjaga keseimbangan osmosis ini agar tidak timbul masalah tekanan pada membran tersebut.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Untuk anda para wanita yang sedang merencanakan kehamilan, maka mengkonsumsi daging tupai juga bisa dilakukan secara rutin supaya nantinya bisa memperoleh keturunan lebih cepat karena kandungan gizi yang terdapat dalam daging tupai tersebut.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan pertukaran zat antara suatu sel atau pun suatu organisme secara menyeluruh dengan zat dari suatu sel atau organisme dari lingkungan. Supaya reaksi merangkai senyawa organik dari beberapa molekul tersebut bisa lancar, maka perbanyak mengkonsumsi daging tupai dalam menu makanan anda sehari-hari.

  1. Mengatasi Keterbelakangan Mental

Daging tupai juga baik dikonsumsi untuk mencegah keterbelakangan mental atau retardasi mental yang merupakan kondisi dengan fungsi kecerdasan umum dibawah rata – rata dan juga berkurangnya kemampuan diri seseorang untuk menyesuaikan diri atau berperilaku adaptif dan biasanya terjadi sebelum usia 18 tahun.

  1. Pengobatan Sakit Liver

Sakit liver bisa terjadi karena adanya infeksi kronis yang di ada pada penderita hepatitis akut. Sering mengkonsumsi alkohol dan juga berbagai jenis obat terlarang juga akan meningkatkan resiko penyakit liver tersebut. Penderita liver yang sudah mengkonsumsi daging tupai memiliki efek penyembuhan seperti frekuensi rasa sakit liver yang mulai berkurang dan juga jumlah sel parut yang semakin berkurang.

  1. Pencegahan Kanker

Dalam daging tupai ternyata juga mengandung antioksidan yang tinggi dan antioksidan ini berfungsi untuk menyaring radikal bebas dalam tubuh yang selanjutnya akan dinetralisir menjadi senyawa tidak berbahaya sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Mencegah Sakit Jantung

Penyebab paling umum dari serangan jantung adalah karena penyumbatan pada pembuluh darah. Serangan jantung ini disebabkan oleh penyakit jantung koroner dimana sejenis lilin yang dinamakan plak akan terbentuk pada bagian dlam arteri jantung dan plak sendiri bisa terbentuk karena kolesterol dan berbagai zat lainnya. Kandungan rendah kolesterol dalam daging tupai ini membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi sehingga sakit jantung bisa dicegah.

  1. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan penyakit yang bisa mengakibatkan rasa sakit karena otot dan persendian mengalami radang atau pembengkakan. Rematik sendiri juga terdiri dari berbagai jenis dan bisa terjadi pada semua sendi yang tersebar dalam tubuh manusia. Kandungan bermanfaat dalam daging tupai juga dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit rematik tersebut.

  1. Mengobati Diabetes

Dari beberapa penderita diabetes yang sudah mengkonsumsi daging tupai secara rutin ditemukan jika penyakit diabetes bisa diatasi atau setidaknya dikurangi. Ini yang membuat daging tupai saat ini banyak digunakan untuk program pengobatan penderita diabetes untuk dikonsumsi setiap hari.

Artikel terkait:

Daging tupai yang merupakan hewan berdarah panas ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang berat. Hal yang disarankan adalah hanya mengkonsumsi daging tupai di bagian tengahnya saja karena mengandung jumlah nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh.