4 Manfaat Cacing Beku Untuk Louhan Agar Tetap Terjaga Keindahannya

Berbicara mengenai cacing berbeda dengan artikel manfaat cacing sonari, kali ini berbeda dengan jenis cacing lainnya. Tentunya ini merupakan salah satu jenis cacing yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak. Yaitu cacing beku, bagi anda para pemelihara hewan khususnya ikan louhan pasti mengetahui jenis pakan yang satu ini. Cacing beku sendiri sebenarnya merupakan jenis cacing yang seringkali ditemui di alam. Bahan dasarnya yaitu cacing darah atau biasanya disebut blood worm yang dapat ditemui di berbagai sumber air berlumpur seperti area persawahan, pinggir sungai hingga di pinggir danau. Karena kandungannya yang sangat baik bagi ikan louhan dan berbeda jika anda melihat manfaat ulat sagu, banyak sekali orang yang rela berenang dan mencari cacing dara untuk dijadikan sebagai bahan olahan pakan.

Kandungan Gizi Cacing Beku

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat

Berbeda pula jika anda melihat artikel manfaat cacing kalung, dengan ke tiga kandungan yang ada di dalam cacing beku inilah yang membuat pakan ikan yang satu ini banyak sekali dicari orang. Adapun langkah dalam memproses cacing darah menjadi cacing beku. Pertamanya setelah proses pengumpulan cacing dara, cacing dara akan dibersihkan dengan didiamkan di air yang bersih selama beberapa hari untuk menghilangkan berbagai macam kotoran serta zat berbahaya yang ada di dalam cacing. Setelah itu cacing akan dikumpulkan kembali dan ditimbang sesuai dengan takaran lalu dimasukkan ke dalam sebuah plastik yang kemudian di press menggunakan alat untuk di hilangkan udara serta untuk mencegah adanya bakteri yang masuk dan berkembang. Setelah itu barulah cacing dibekukan dan siap untuk digunakan sebagai pakan ikan louhan. Dan berbeda jika anda melihat manfaat burung jalak bali, untuk penyimpanannya sendiri, anda harus menyimpannya di lemari es agar kebekuan cacing tetap terjaga. Adapun manfaat cacing beku untuk peliharaan ikan louhan anda.

Manfaat Cacing Beku

  1. Mencegah Penyakit

Bagi anda pecinta louhan, anda pastinya ingin agar ikan anda tidak mudah terserang penyakit dari virus ataupun bakteri hingga jamur ikan. Untuk mencegah hal tersebut dan menjaga kesehatan ikan louhan sama halnya jika anda melihat manfaat burung kenari, anda bisa menjadikan cacing beku sebagai pakan utamanya. Kandungan gizi pada cacing beku seperti protein mampu meningkatkan kekebalan tubuh louhan sehingga akan sulit terkena penyakit. Anda bisa memberikan pakan ini secara rutin ataupun berkala.

  1. Baik Untuk Pertumbuhan

Kandungan gizi pada cacing beku sangat baik untuk pertumbuhan ikan louhan anda terutama jika anda berniat untuk membudidayakan ikan louhan. Apalagi untuk anakan ikan louhan yang membutuhkan bahan pakan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Perlu anda ketahui bahwa kandungan protein pada cacing beku lebih tinggi dibanding dengan kandungan protein pada bahan pakan lainnya. Hal ini karena cacing beku mengandung 100% cacing darah tanpa adanya campuran apapun.

  1. Menajamkan Warna

Ikan louhan banyak dipelihara orang karena keindahan warna serta bentuk tubuh yang unik. Warna juga merupakan salah satu faktor nilai jual pada ikan louhan, semakin bagus dan tajam warna pada ikan, maka harganya pun semakin mahal. Untuk anda yang ingin memiliki ikan louhan dengan ketajaman warna yang selalu terjaga keindahannya, anda bisa memberikan cacing beku setiap satu kali dalam sehari untuk pakannya. Anda bisa memberikannya saat sore hari ataupun menjelang malam, ini sangat efektif bagi warna ikan louhan anda agar tetap indah dan tajam.


  1. Sumber Tenaga

Kandungan karbohidrat pada cacing beku merupakan jenis karbohidrat yang sangat baik untuk sumber tenaga ikan louhan anda. Berbeda dengan bahan pakan lainnya, kandungan karbohidrat pada cacing beku mampu menjadi sumber tenaga yang banyak dan tahan lama, sehingga ikan louhan anda akan selalu lincah dalam berenang.

Itulah berbagai manfaat dari cacing beku yang sangat baik bagi kesehatan serta kaindahan ikan louhan anda. Dengan memberikan cacing beku secara rutin ataupun berkala, keindahan serta kelincahan pada ikan louhan anda akan selalu terjaga. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan