Manfaat Behel Lepas Pasang

behel lepas pasangBehel saat ini sedang trend di kalangan kaum muda, baik cewek maupun cowok. Manfaat behel lepas pasang bisa dirasakan oleh orang yang memakainya. Behel ada yang dipasang karena mengikuti trend atau juga karena memiliki gigi yang tidak beraturan. Behel lepas pasang bisa membuat penampilan menjadi lebih cantik dan fresh. Selain itu behel lepas pasang bisa membuat pemakainya lebih fashionable.

Banyak sekali yang akan didapatkan ketika menggunakan behel lepas pasang. Tidak hanya behel permanen saja yang memiliki manfaat, namun behel lepas pasang juga memiliki banyak manfaat. Manfaat behel lepas pasang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini berbagai manfaat dari behel yang lepas pasang :

  1. Lebih Fashionable. Behel lepas pasang memiliki manfaat menunjang fashion dan penampilan seseorang. Saat seseorang menggunakan behel, ada kesan berupa dia seseorang yang fashionable. Kesan elegan dan mewah juga akan melekat padanya. Behel lepas pasang yang dilengkapi dengan motif beraneka warna dan beraneka motif bisa menunjang penampilan seseorang.
  2. Memiliki Gigi Rapi Dan Lurus. Pernahkah Anda melihat gigi yang tongos? baik laki-laki maupun perempuan. Gigi yang tongos akan sangat mengganggu penampilan dan juga penglihatan orang. Orang dengan gigi tongos memiliki rasa kurang percaya diri. Menggunakan behel lepas pasang bisa merapikan gigi seseorang. Asalkan sebentar-sebentar tidak melepas behelnya. Melepas behel usahakan minimal seminggu sekali. Hal itu dimaksudkan agar gigi bisa ketarik ke belakang. Jika gigi sudah ketarik ke belakang, tongos akan sedikit berkurang. Pemakai behel harus ke dokter gigi untuk memperbarui cetakan behelnya.
  3. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. Orang yang memakai kawat gigi atau behel lepas pasang akan semakin percaya diri. Hal itu dikarenakan giginya bisa rapi dan teratur.
  4. Mengatasi Masalah Gigi Saat seseorang menggunakan behel lepas pasang,banyak manfaat yang akan didapatkannya. Manfaat tersebut antara lain mengatasi masalah gigi. Memang dengan pemasangan behel lepas pasang bisa mengatasi berbagai masalah gigi diantaranya adalah sebagai berikut ini :
    • Gigi yang berlubang dan rusak akan teratasi. Hal itu dikarenakan saat akan melakukan pemasangan behel, dokter gigi akan memperbaiki kondisi gigi di dalam mulut seseorang.
    • Gigi lebih bersih. Hal itu dikarenakan sebelum pemasangan behel lepas pasang, dokter gigi akan membersihkan karang gigi yang mengganggu pemasangan kawat gigi.
    • Gigi yang tumpang tindih akan teratasi dengan pemasangan behel gigi. Gigi yang tumpang tindih ini terjadi saat gigi susu belum copot, namun gigi tetap sudah muncul ke permukaan gusi.
  1. Tidak Ada Rasa Sakit. Manfaat lainnya adalah saat pemasangan behel lepas pasang, tidak ada rasa sakit. Jika ada rasa sakit, paling hanya sedikit saja. Rasa sakit itu tidak akan sesakit jika melakukan pemasangan behel gigi permanen.
  2. Mengatasi Masalah Rahang. Banyak orang yang mengalami penyakit TMJ. Penyakit TMJ merupakan penyakit rahang yang diakibatkan oleh stress yang berlebihan, sehingga rahang akan memiliki pola yang salah. Kebiasaan menggigit yang salah juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kelainan rahang.
  3. Gusi Lebih Sehat. Gigi yang telah rapi dan lurus memiliki kelebihan, yaitu akan membuat gusi lebih sehat. Manfaat asam jawa dan manfaat sirih juga dapat digunakan untuk menjaga gusi lebih sehat.
  4. Mengunyah Dengan Nyaman. Manfaat dan kelebihan dari behel lepas pasang adalah saat mengunyah akan menimbulkan rasa nyaman, tidak seperti behel permanen yang membuat rasa tidak nyaman ketika mengunyah.
  5. Terhindar Dari Penyakit Gigi Berlubang. Manfaat ini bisa diperoleh karena makanan yang dikunyah tidak akan langsung menempel pada lapisan luar gigi atau imel gigi. Sehingga hal tersebut akan melindungi gigi dari kuman penyakit yang akan merusak imel gigi dan menyebabkannya berlubang.
  6. Memiliki Senyum Yang Sempurna. Setelah program behel lepas pasang berhasil,orang yang menggunakannya akan memiliki senyum indah yang sempurna. Hal itu dikarenakan saat dia tersenyum, orang lain bisa melihat deretan giginya yang rapi, bersih dan juga terbebas dari berbagai masalah gigi.

Nah setelah mengetahui manfaat behel lepas pasang untuk gigi, ada baiknya kita menyimak beberapa fakta dan tips seputar behel jenis ini yang wajib diketahui agar tidak salah persepsi dan tidak berbahaya.

Perbedaan Behel Lepas Pasang dan Behel Permanen

Banyak perbedaan yang akan terjadi jika kita menggunakan behel lepas pasang maupun dengan behel permanen. Sesuai dengan jenisnya, behel lepas pasang bisa mudah dilepaskan begitu saja tanpa harus ke dokter gigi. Berikut ini perbedaan behel lepas pasang dengan behel permanen :

  1. Behel permanen merupakan behel yang tidak boleh dilepas begitu saja tanpa bantuan dari dokter gigi. Behel lepas pasang bisa dilepas tanpa bantuan dokter.
  2. Pelepasan behel permanen baru bisa dilakukan jika behel yang dipasang minimal pemakaian selama 3 bulan, kurang dari waktu itu belum bisa dilepas. Behel lepas pasang untuk membuat gigi rapi hanya boleh dilepas selama seminggu sekali.
  3. Sebulan sekali harus melakukan kontrol rutin ke dokter gigi. Tujuannya melihat apakah ada infeksi atau untuk melihat perkembangan dari gigi yang dibehel. Behel lepas pasang tidak harus kontrol. Namun jika melakukan kontrol hasilnya akan lebih baik.
  4. Harga dari behel gigi permanen biasanya lebih mahal dibandingkan dengan behel gigi yang sifatnya lepas pasang. Fungsi dari behel gigi adalah untuk menahan pergerakan gigi agar tidak maju atau bergeser. Pergerakan gigi bisa membuat gigi menjadi tidak rapi.

Kesalahan dalam menggunakan behel lepas pasang

Meskipun sifatnya lepas pasang, kita harus meminta bantuan kepada dokter gigi untuk melakukan pemasangan behel. Kesalahan fatal yang sering dilakukan muda-mudi dengan behel lepas pasang adalah sebagai berikut :

  1. Banyak muda-mudi yang memasang behel lepas pasang di salon kecantikan. Memang behel lepas pasang saat ini banyak dijual di berbagai agen alat kecantikan dan juga salon kecantikan.
  2. Melakukan pemasangan behel di tempat yang tidak sebagaimana mestinya mengakibatkan behel yang digunakan hanya sebagai fashion saja.
  3. Behel yang dipasang di salon kecantikan tidak akan bisa memperbaiki struktur gigi. Alasannya adalah di salon kecantikan tidak akan melakukan tahapan-tahapan seperti yang dilakukan oleh dokter gigi.
  4. Behel yang digunakan pun banyak yang tidak pas dan tidak sesuai struktur gigi. Struktur gigi pun tidak bisa diperbaiki.

Kesalahan tersebut harus dihindari dengan melakukan pemasangan dan memilih behel lepas pasang di dokter gigi yang berpengalaman dan profesional. Dengan melakukan hal tersebut, manfaat behel lepas pasang pun lebih banyak dan dapat dirasakan oleh pemakainya.

Tahapan Dalam Memasang Behel Lepas Pasang

Dokter gigi akan melakukan berbagai tahapan sesuai dengan prosedur pemasangan behel lepas pasang. Tahapan ini tidak akan kita temukan saat melakukan pemasangan behel lepas pasang di salon kecantikan. Berikut ini tahapan-tahapan yang akan anda lalui saat akan melakukan pemasangan behel lepas pasang :

  1. Di salon kecantikan, kita hanya langsung disodorkan dengan berbagai merk behel lepas pasang yang mereka miliki tanpa melihat struktur gigi dari calon pemakainya. Sedangkan di dokter gigi, dokter akan melihat struktur gigi kita terlebih dahulu.
  2. Dokter akan melihat apakah gigi kita ada yang berlubang, ompong dan terdapat berbagai macam kerusakan di dalamnya. Sebelum melakukan pemasangan, dokter akan melakukan tambal gigi terlebih dahulu serta memperbaiki gigi yang rusak.
  3. Dokter akan membuat cetakan model gigi sesuai dengan struktur gigi pasien.
  4. Melakukan rontgen mulai dari rontgen gigi, kepala dan wajah pasien.
  5. Wajah pasien diperlukan karena banyak bentuk behel gigi yang disesuaikan dengan wajah pasien agar behel gigi lebih akurat dan maksimal.

Itulah berbagai tahapan yang akan dilalui ketika melakukan pemasangan behel gigi.

Hal Penting Ketika Memilih Behel Lepas Pasang

Hal terpenting dalam memilih behel lepas pasang adalah bagian kawatnya. Kawat dalam behel lepas pasang memiliki peran yang sangat penting. Karena jenis kawat yang digunakan dapat mempengaruhi kualitas dari behel yang kita pakai. Salah dalam memilih kawat gigi justru akan merusak gigi dan warna gigi. Oleh sebab itu pilihlah kawat gigi yang berkualitas agar bisa mendapatkan manfaat behel lepas pasang.

Baca juga : manfaat facial wajah