5 Manfaat Bunga Lengkuas Bagi Kesehatan

Manfaat bunga lengkuas tentunya sudah banyak diketahui. Bunga lengkuas merupakan salah satu bagian dari tanaman lengkuas yang dalam bahasa latin disebut sebagai Alpinia galaga. Lengkuas atau yang sering disebut sebagai laos ini adalah salah satu jenis bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Berbeda dengan manfaat makanan sehat lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang biasanya hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi, tanaman ini juga cukup mudah untuk ditanam dan di budidayakan oleh masyarakat.

Berbeda dengan manfaat bunga air mata ibu Bagian-bagian lengkuas terdiri dari rimpang, batang, daun, dan bunga. Rimpang mempunyai ukuran yang agak besar sekitar diameter 2-5 cm, berbentuk silindris, dan mempunyai banyak ruas, bagian luar rimpang mempunyai warna agak kecoklatan dengan kulit yang mengkilap dan bagian dalam berwarna putih, bagian rimpang ini memiliki rasa yang agak sedikit pedas dan sedikit berbau harum. Pada bagian batang, batang berdiri tegak dan ditutupi dengan pelepah daun, batang yang muda muncul dari ruas rias rimpang lengkuas. Struktur daun tersusun dari daun tunggal yang saling berselang seling, memiliki bentuk daun yang memanjang dengan pangkal daun berbentuk tumpul, pada ujung daun berbentuk runcing atau lancip sedangkan samping atau pinggir daun bentuknya rata, pertulangan daun berbentuk menyirip. Bagian bunga, bunga laos merupakan jenis bunga majemukdengan kuntum bunga yang terangkai pada ibu tangkai bunga atau pada susunan bunga yang lebih rumit, memiliki bunga berbentuk seperti lonceng, dengan bau yang harum karena di dalamnya terdapat minyak atsiri.

Lengkuas sudah dijadikan untuk obat tradisional sejak zaman nenek moyang dahulu namun jenis lengkuas yang digunakan untuk penyedap makanan dan untuk obat tradisional berbeda, pada umumnya lengkuas yang berwarna putih  digunakan untuk penyedap makanan sedangkan lengkuas yang berwarna merah biasa digunakan untuk obat tradisional. Lengkuas merah biasanya digunakan untuk obat karena lebih agak pedas jika dibandingkan dengan lengkuas putih. Semua bagian lengkuas dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, baik dari rimpang lengkuas, batang, daun bahkan bunga laos itu sendiri.

Kandungan bahan kimia yang terdapat pada lengkuas diantaranya minyak atsiri yang berwarna kuning kehijauan, resin yang biasa disebut dengan galangol, kaemferida dan galangan disebut kristal berwarna kuning, kadinen, kuersetin, amilum, beberapa senyawa flavonoid, diarilheptanoid, kariofilen oksida, kario firenol, isoramnetin, ramnosritrin, dan senyawa yang lain lain. Bunga lengkuas memiliki kandungan minyak asiri, anti oksidan, dan anti mikroba.

Beberapa manfaat bunga Lengkuas diantaranya sebagai berikut:

1. Penyedap Rasa Pada Masakan

Tidak seperti manfaat makanan pahit bunga lengkuas tersebut dapat ditambahkan untuk makanan agar lebih enak, bunga tersebut dapat ditambahkan dalam beberapa masakan seperti sayur asam, sambal, sayur tumis dan lain sebagainya.

2. Mencegah Kanker serta Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terdapat pada bunga lengkuas dapat digunakan sebagai zat anti kanker. Zat tersebut berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang ada pada tubuh manusia yang diakibatkan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara, debu dan lain sebagainya. Selain untuk mencegah kanker, antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini akibat lingkungan udara kotor yang dapat mempercepat kulit mengalami flek hitam, kering dan keriput hal ini dapat dicegah dengan menggunakan bunga lengkuas.

3. Mencegah Bau Badan

Berbeda dengan manfaat belimbing madu kandungan minyak atsiri yang ada pada bunga lengkuas dapat membantu mengurangi bau badan yang ada pada tubuh kita, hampir sama dengan minyak atsiri yang terkandung dalam kemangi. Dengan rajin mengkonsumsi bunga lengkuas akan mengurangi bau badan seseorang.


4. Mengobati Penyakit Kulit

Kandungan anti mikroba yang terdapat pada bunga lengkuas dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi bakteri, namun keefektifan bunga lengkuas ini dapat dibantu dengan bahan tambahan yang lain agar dapat mengobati penyakit kulit, akibat kutu air, atau penyakit gatal yang lainnya. Berbeda dengan manfaat daun nangka landa penggunaan bunga lengkuas cukup mudah yakni mengambil bunga lengkuas kemudian cuci bersih dan bunga tersebut digosok  pada bagian kulit yang terkena penyakit.

5. Mengatasi Gangguan Lambung

Di dalam laos atau lengkuas, pada bagian bunga terdapat zat yang dapat mengurangi gangguan yang terdapat di dalam lambung, seperti mengeluarkan ingin yang ada di dalam lambung, kolik seperti keadaan bayi yang secara terus menerus menangis tanpa sebab dan keadaan yang jelas, bayi tersebut biasanya menangis hingga tiga hari berturut turut.

Itulah beberapa manfaat bunga lengkuas dna dapat anda gunakan sebagai referensi pengobatan tradisional.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan