10 Manfaat Buah Rambai Pada Kesehatan

Buah rambai berasal dari pohon rambai atau jenis tumbuhan yang memiliki nama latin Baccaurea motleyana. Tumbuhan rambai banyak tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia dan juga Thailand. Tumbuhan rambai menghasilkan buah berwarna kuning beludru terkadang juga coklat seperti manfaat buah duku untuk kesehatan. Meskipun buah rambai banyak tumbuh di Indonesia, namun banyak juga yang tidak mengetahui jenis buah ini. Buah rambai dapat dimakan secara langsung dalam keadaan mentah, maupun dapat diolah terlebih dahulu dengan direbus atau bisa juga dijadikan selai. Pastinya, buah rambai memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Rambai

Setiap jenis buah yang dapat dikonsumsi memiliki berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti semua jenis buah pada umumnya, buah rambai juga memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah rambai memiliki kandungan air, protein, sakarosa, serat,dan juga abu. Tidak hanya kaya akan nutrisi, buah rambai juga memiliki kandungan vitamin yang dapat mencukupi sebagian dari kebutuhan vitamin harian tubuh. Nutrisi dan kandungan vitamin di dalam buah rambai memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia seperti manfaat buah langsat dan 12 manfaat buah duku untuk tubuh dan nutrisinya.

Manfaat Buah Rambai

Memakan buah rambai akan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini disebabkan, karena kandungan nutrisi pada buah rambai yang baik untuk tubuh. Buah yang berbentuk seperti buah duku ini memiliki rasa yang sedikit asam, walau terkadang juga manis. Meskipun begitu, buah rambai memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah rambai tidak hanya dapat dimakan, tetapi juga dapat digunakan untuk pengobatan luar seperti mengatasi masalah kulit. Tetapi bukan dengan buahnya, melainkan dengan kulit buahnya. Menggosokkan kulit buah rambai pada bagian kulit yang terkena bakteri seperti panu dan masalah kulit lainnya, akan membantu mengatasi masalah kulit tersebut. Selain itu anda bisa memanfaatkan manfaat daun sambiloto untuk gatal supaya hasilnya optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat buah rambai sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat serat dapat membantu melancarkan buan air besar sehingga dapat terhindar dari sembelit.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil Pasca Melahirkan

Masa penyembuhan ibu hamil pasca melahirkan biasanya memakan waktu lama. Terlebih lagi jika kondisi tubuh sang ibu lemah. Meminum air rebusan buah rambai dua kali sehari, dapat membantu mengembalikan kondisi ibu hamil pasca melahirkan menjadi lebih bugar. Manfaat apel anna juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan lho.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah dalam tubuh sangatlah penting, karena kelebihan gula darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah rambai. Buah rambai merupakan salah satu jenis buah yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh seperti manfaat jus pare mentah.

  1. Mengatasi Dehidrasi

Melakukan banyak aktivitas dapat menyebabkan tubuh mengelurkan banyak cairan. Jika tidak diimbangi dengan minum yang banyak dan mengkonsumsi banyak cairan, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi buah-buahan seperti buah rambai dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena mengandung banyak air. Anda pun dapat mengambil manfaat jamu akar sari supaya terhindar dari dehidrasi.

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, buah rambai memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain manfaat buah rambai yang telah diuraikan tersebut, buah rambai juga masih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Menghilangkan Bekas Luka
  2. Membantu Mencerahkan Kulit
  3. Sebagai Sumber Energi
  4. Menangkal Radikal Bebas
  5. Solusi Kanker
  6. Sebagai Sumber Tenaga
  7. Mengatasi Mata Merah
  8. Sebagai Antioksidan
  9. Mengatasi Sembelit
  10. Bersifat Anti Inflamasi

Memiliki bentuk buah yang kecil, bukan berarti memiliki sedikit manfaat. Meskipun buah rambai tergolong buah yang kecil, namun buah rambai memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mecoba mengkonsumsi buah rambai sebagai salah satu cara untuk menjadikan tubuh sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan