5 Manfaat Buah Plum untuk Perut Buncit

Anda punya masalah dengan kesehatan pencernaan yang membuat perut anda terlihat buncit ? tak usah khawatir kini ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi perut buncit dan berbagai masalah pencernaan dalam tubuh. Salah satu buah yang bisa anda manfaatkan adalah buah plum.

Buah plum merupakan buah impor yang berasal dari daratan eropa. Buah plum memiliki berbagai kandungan vitamin, serat dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin yang ada pada buah plum antara lain vitamin A dan vitamin C. Buah plum sering digunakan sebagai konsumsi makanan untuk diet dan tentunya membantu mengurangi perut buncit anda. Berikut adalah 5 manfaat buah plum untuk perut buncit dan kesehatan pencernaan lainnya yang wajib anda ketahui.

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Manfaat buah plum yang pertama adalah mampu membantu mengurangi berat badan. Buah plum memiliki berbagai kandungan zat yang berfungsi sebagai anti obesitas. Zat anti obesitas berguna untuk mencegah tubuh mengalami obesitas berlebih. Bagi anda yang mengalami perut buncit buah ini sangat cocok sekali untuk di konsumsi karena dapat membantu mencegah bertambahnya obesitas dan mengurangi obesitas pada tubuh.

  1. Efektif Mencerna Lemak

Manfaat buah plum berikutnya adalah mampu membantu pencernaan lemak lebih efektif. Buah plum mempunyai kandungan asam propionate yang mampu membantu fungsi kerja dari asam empedu. Asam empedu adalah senyawa yang bekerja mencerna lemak yang dihasilkan oleh hati dan kolesterol. Kandungan asam propionate yang ada pada buah plum mampu membantu membentuk asam empedu baru sehingga lebih banyak lagi untuk mencerna lemak. Manfaat ini tentu bisa membuat perut buncit akibat kelebihan lemak bisa teratasi selain itu anda juga akan terbebas dari penyakit kolesterol yang mengancam kesehatan anda.

  1. Jadikan Perut Terasa Lebih Kenyang

Apabila anda mengkonsumsi buah plum perut akan terasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena buah plum memiliki kandungan serat yang lebih padat, serat yang padat ini akan lambat dicerna oleh sistem pencernaan sehingga anda akan merasakan perut terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Apabila perut terasa kenyang tentu membuat anda lebih sedikit untuk mengkonsumsi makanan yang berdampak berkurangnya asupan makanan untuk tubuh dan membuat tubuh tetap terjaga dari obesitas. Selain itu buah plum juga mengandung sorbitol yang diserap oleh tubuh dengan lambat dan membawa dampak positif bagi tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah plum banyak mengandung berbagai zat yang membuat pencernaan anda tetap terjaga fungsi dan kesehatannya. Kandungan buah plum yang tinggi dan padat serat membuat fungsi kerja berjalan dengan maksimal yang berdampak pada kesehatan pencernaan. Manfaat serat yang ada pada buah plum juga membantu mengatasi gangguan pencernaan lain seperti mencegah sembelit, mengatasi konstipasi dan membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu mengkonsumsi buah plum yang dikeringkan mampu meningkatkan bakteri baik pada usus besar sehingga kesehatan usus besar lebih terjaga optimal.

  1. Mencegah Berbagai Penyakit Lain

Manfaat buah plum yang terakhir adalah mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya lain dalam tubuh. Buah plum memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk meningkatkan sensitivitas kadar insulin dalam darah. Hal ini tentu membantu mengurangi penyakit diabetes. Selain itu serat yang tinggi juga memperlambat pencernaan karbohidrat menjadi gula. Buah plum merupakan salah satu sumber antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat antioksidan sangat besar untuk kesehatan antara lain mencegah efek radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh. Buah plum juga memiliki kandungan epicatechin yang bereperan membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat buah plum untuk perut buncit dan kesehatan pencernaan cukup besar. Bagi anda yang mempunyai masalah perut buncit dapat mulai mengkonsumsi buah ini sebagai salah satu menu diet sehat yang mampu mengurangi lemak dalam perut. Selain bisa digunakan untuk diet buah plum juga memiliki banyak kandungan nutrisi bagi tubuh untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan mencegah penyakit berbahaya.

Buah plum dapat anda olah menjadi berbagai hidangan sehat seperti selai, jus hingga dikeringkan. Olahan buah plum tentu membuat anda tidak bosan mengkonsumsinya. Namun perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi buah plum secara berlebihan juga menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Konsumsi buah plum sesuai porsi dan ukuran yang pas untuk kebutuhan tubuh.

Buah plum memiliki harga yang cukup mahal di pasaran karena memang buah plum ini termasuk buah impor yang masih belum banyak dibudidayakan di negara kita. Walaupun mahal, dengan kandungan nutrisi yang cukup besar serta rasa yang enak tak akan menjadi masalah demi mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal.