18 Manfaat Otonomi Daerah dalam Negara dan Masyarakat

Apakah anda tahu tentang otonomi daerah ? hal ini mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Pasalnya yang berhubungan dengan pemerintah banyak masyarakat sipil yang tidak mau tahu atau tidak mau mencari tahu. Otonomi daerah adalah sesuatu hal yang penting bagi suatu daerah, tanpa otonomi, daerah jadi terbengkalai dan tidak bisa menjalankan aspeknya atau fungsinya dengan baik.

Pengertian Otonomi Daerah

Daerah yang menjalankan otonomi daerah disebut dengan daerah otonom, daerah otonom memiliki kewenanangan untuk bisa mengatur dan menjalankan pemerintahannya sendiri namun sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

manfaat otonomi daerahSetiap daerah otonom memiliki pemimpin, dimana pemimpinnya tersebut telah disepakati bersama DPRD di daerahnya masing-masing. Kepala daerah otonom di daerah tingkat satu atau tingkat provinsi maupun dengan daetah tingkat dua ( kota maupun kabupaten ) akan dipilih oleh DPRD setempat dengan sedikitnya 3 orang calon dan maksimal sebanyak 5 calon. Masa pengangkatannya hanya bisa dilakukan sebanyak dua kali, jika calon pertama mendapatkan suara terbanyak maka dia hanya bisa diangkat sebanyak dua kali jabatan saja.

Peraturan Tentang Otonomi Daerah

 

Meski pemerintah daerah otonom berhak untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri, bukan berarti dia boleh menyalahi undang-undang yang berlaku di Indonesia. Pemerintah daerah otonom tidak boleh menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam UUD 1945 ada dua jenis nilai dasar yang tidak boleh dilanggar saat menjalankan asas desentralisasi otonomi daerah, dua nilai tersebut adalah :

  • Nilai Unitaris

Nilai ini mewujudkan pandangan Indonesia bahwa tidak memiliki kesatuan dalam pemerintahan lain, kedaulatan melekat di tangan rakyat, bangsa dan juga negara. Pemerintah Indonesia tidak terbagi antara kesatuan-kesatuan yang lainnya.

  • Nilai Dasar Desentralisasi Teritorial

Menurut isi dan jiwa dari pasal 18 UUD 1945 pemerintah diwajibkan dalam melaksanakan politik desentralisasi dan juga dekonsentrasi di bidang ketatanegaraan.

Masyarakat khususnya daerah otonom harus tahu apa itu arti otonomi daerah. Otonomi daerah merupakan hak dan juga kewajiban bagi daerah otonom untuk bisa mengatur dan mengurus kepentingannya sendiri, baik dalam pemerintahan maupun dengan kepentingan masyarakat setempat dijalankan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Banyak orang yang tidak tahu apa saja kegunaan dari otonomi daerah. Sebagai warga Indonesia yang baik alangkah baiknya jika kita tahu apa yang menjadi manfaat dari otonomi daerah. Berikut ini berbagai macam manfaat otonomi daerah yang harus diketahui oleh masyarakat luas :

1. Pelaksanaan Otonomi Daerah Bisa Disesuaikan Dengan Kepentingan Masyarakat Daerah

Itulah manfaat terpenting dalam otonomi daerah, masyarakat yang terlibat dalam otonomi daerah bisa disesuaikan kepentingannya. Mengingat masyarakat dalam otonomi daerah sifatnya adalah heterogen atau bermacam-macam jenis dan memiliki kepentingan yang berbeda pula. Melalui otonomi daerah ini kepentingannya bisa disesuaikan.

2. Pemotongan Jalur Birokrasi

Manfaat otonomi daerah bagi negara akan meotonh jalur birokrasi yang rumit dari pemerintah pusat. Pelaksanaan pemerintahannya juga bisa lebih terpusat dibandingkan dengan yang lainnya.

3. Lebih Realistik

Berbagai macam keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah pelaksanaannya akan lebih ralistik atau nyata dibandingkan dengan keputusan pemerintah pusat, yang tidak menganut otonomi daerah. Pelaksanaannya akan lebih sulit.

4. Penetrasi Yang Lebih Baik Di Daerah Terpencil

Dengan adanya otonomi daerah, asas desentralisasi bisa membuat penetrasi yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah terpencil yang letaknya jauh dari pemerintah pusat. Karena hal tersebut, sering membuat masyarakat yang jauh dari pemerintah pusat tersebut tidak memahami apa saja kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Hambatan pemahaman masyarakat daerah terpencil tersebut adalah elite lokal dan juga sedikitnya dukungan terhadap program yang dibuat oleh pemerintah pusat.

5. Presentasi Ke Kelompok Yang Lebih Luas

Peraturan pemerintah yang dibuat akan dipresentasikan kembali ke kelompok yang lebih luas. Terdapat kesamaan ketika akan mengalirkan sumber daya dan juga modal yang dimiliki pemerintah. Presentasi itu akan dilakukan kepada kelompok politik, kelompok etnis dan juga berbagai kelompok keagamaan.

6. Peningkatan Kapasitas Teknis

Manfaat Otonomi daerah berguna dalam peningkatan kapasitas teknis yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Sehingga pemerintah pusat berfungsi sebagai lembaga yang melakukan privat terhadap masyarakat yang ada di daerah.

7. Meningkatkan Efisiensi Pemerintah Pusat

Otonomi daerah bisa meningkatkan efisiensi dari pemerintah pusat, karena pemerintah pusat bukanlah puncak kepemimpinan melainkan pemerintahan di daerah otonom diserahkan kepada pejabat-pejabat yang ada di daerah otonom itu sendiri.

8. Masyarakat Otonom Ikut Berpasrtisipasi Dalam Kebijakan Pemerintah

Dalam daerah otonom, masyarakat otonomnya tidak hanya diam saja mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Manfaat otonomi daerah bagi masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam perencanaan dan juga pelaksanaan berbagai macam program yang dilakukan dan dikeluarkan oleh pemerintah sehingga masyarakat otonomnya lebih aktif.

9. Meningkatkan Pengawasan

Otonomi daerah memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh elite lokal. Elite lokal tersebut kadang tidak memiliki simpati terhadap program dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, sehingga kelompok tersebut tidak mau turut andil dalam pembangunan nasional.

Akibatnya adalah kelompok elite lokal tersebut memandang rendah masyarakat yang ada di pedesaan. Untuk status sosial jelas masyarakat pedesaan kalah jauh dengan kelompok elite tersebut sedangkan untuk kesejahteraannya pun juga kalah jauh dengan kelompok tersebut.

10. Mudah Dalam Pengaturan Administrasi Pemerintahan

Otonomi daerah bisa menyesuaikan dan memudahkan dalam penataan administrasi pemerintahan, sehingga jika dareah tersebut telah berhasil dalam melakukan administrasi pemerintahan. Daerah itu bisa ditiru atau jejaknya akan diikuti oleh daerah yang lainnya.

11. Pemantapan Stabilitas Politik

Stabilitas di bidang politik bisa dimantapkan sehingga stabilitas tersebut bisa memberikan banyak peluang kepada kelompok masyarakat yang ada di daerah otonom untuk ikut terjun secara langsung dalam pembuatan kebijaksanaan. Saat masyarakat dilibatkan dalam pembuatan kebijaksanaan, peningkatan kepentingan masyarakat daerah otonom bisa ditingkatkan terutama peran mereka dalam sistem politik yang ada di Indonesia.

12. Peningkatan Barang Dan Jasa

Manfaat otonomi daerah dalam kehidupan masyarakat dapat meningkatkan barang dan jasa, terutama barang dan jasa yang ada di tingkat lokal. Barang dan jasa yang ada di tingkat lokal akan memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan barang dan jasa di luar lokal. Biaya yang rendah tidak akan membebani pemerintah pusat dalam memberikan anggaran karena beban tersebut sudah diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah yang ada di daerah otonom tersebut.

 13.Tidak Ada Pemusatan Kekuasaan

Dengan adanya otonomi daerah, kekuasaan tidak dipusatkan. Artinya adalah tidak semua kekuasaan diserahkan kepada pemerintah pusat namun kekuasaan itu ada yang dilimpahkan kepada pemerintah daerah sehingga penyelenggaraan pemerintahan yang ada di Indonesia lebih berjalan lancar.

14. Pemerintahan Di Pemerintah Daerah

Adanya otonomi daerah, pemerintahan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat saja, namun pemerintah daerah juga memegang andil terhadap jalannya pemerintahan di daerah otonom.

15. Kesejahteraan Meningkat

Masyarakat otonom akan memiliki kesejahteraan yang meningkat, hal itu dikarenakan pembangunan yang ada di berbagai daerah otonom disesuaikan dengan kebutuhannya. Hal itu akan berbanding terbalik jika pemerintahan diserahkan oleh pemerintah pusat bukan pemerintah daerah, pemerintah pusat tidak akan jeli terhadap berbagai macam kebutuhan yang ada di masing-masing daerah.

Hal itu disebabkan banyaknya daerah yang ada di Indonesia dan belum ada pemerintah yang mengaturnya. Tentu pemerintah pusat tidak akan jeli melihatnya satu persatu.

16. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat otonomi daerah bagi masyarakat bisa meningkatkan kreativitasnya. Sebab masyarakat di daerah otonom di tuntut untuk bisa menunjukkan kelebihan dan keunggulannya masing-masing dibandingkan dengan daerah otonom yang lainnya.

17. Melatih Inovasi

Tidak hanya kreativitas saja yang meningkat namun inovasi masyarakat otonom pun akan meningkat hal itu dikarenakan tiap hari masyarakat otonom berusaha mempertahankan kesejahteraannya dengan menampilkan keunggulan dan potensi yang ada di daerahnya tersebut.

18. Peningkatan Lembaga Masyarakat

Lembaga yang membawahi masyarakat akan mengalami peningkatan pemberdayaannya terutama dalam hal partisipasi di otonomi daerah yang sedang dijalankan oleh daerahnya. Lembaga itu menaungi dan membawahi masyarakat di daerah otonom.

Tujuan Otonomi Daerah

Setelah mengetahui manfaat otonomi daerah, tidak akan lengkap rasanya jika kita tidak tahu apa itu tujuan dari otonomi daerah. Berikut ini tujuan dari terselenggaranya otonomi daerah :

Peningkatan Pelayanan Umum

Adanya otonomi daerah ditujukan untuk meningkatkan pelayanan umum lebih maksimal. Pelayanan umum ada di lembaga pemerintah pada tiap-tiap daerah. Pelayanan umum yang lebih maksimal membuat masyarakat bisa mampu merasakan secara langsung dari manfaat terselenggaranya otonomi daerah.

Peningkatan Daya Saing Daerah

Terselenggaranya otonomi daerah diharapkan bisa mampu menimbulkan terjadinya peningkatan daya saing daerah namun harus tetap memperhatikan adanya keanekaragaman dalam suatu daerah. Keanekaragaman itu harus melihat kekhususan dan juga keistimewaan pada suatu daerah tertentu serta diharapkan tetap menjaga keutuhan Bhineka Tunggal Ika.

Meski daerah di negara Indonesia memiliki keanekargaman, kekhususan dan keistimewaan tertentu diharapkan bisa menjaga keutuhan Bhineka Tunggal Ika.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Jika pelayanan umum lebih maksimal dan juga lebih memadai, peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah otonom diharapkan bisa terjadi. Dengan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat diharapkan masyarakat di daerah otonom bisa menggunakan hak dan juga kewajibannya secara tepat dan juga secara bertanggung jawab.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat juga bisa dijadikan bukti sebagai keberhasilan daerah otonom dalam menyelenggarakan otonomi daerah, sehingga diharapkan daerah otonom lainnya mampu meniru daerah otonom tersebut.