7 Manfaat Bawang Arab Untuk Penyakit dan Ramuan Herbal

Selain ada banyak manfaat bawang bombay, bawang arab yang juga sering disebut dengan bawang sabrang merupakan salah satu tanaman herbal berasal dari Kalimantan. Sementara penamaan sabrang sendiri diambil dari orang diluar wilayah Kalimantan sebab harus menyebrang atau sabrang untuk menuju ke Kalimantan. Ciri ciri dari tanaman bawang arab ini adalah tumbuh di wilayah kaya akan belerang antara 600 sampai 2000 meter dari permukaan laut.

Bentuk dari bawang arab ini adalah berwarna merah dengan bentuk yang agak memanjang serta bunga berwarna putih. Ada banyak manfaat bawang arab ini untuk kesehatan, akan tetapi bawang arab tidak bisa dikonsumsi saat masih mentah atau belum masak. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Mengatasi Amandel

Radang amandel bisa terjadi pada anak anak dan juga orang dewasa. Peradangan ini terjadi pada tonsil atau amandel yang disebabkan karena virus. Penderita radang amandel akan merasakan sakit di bagian kepala, neri tenggorokan, demam, sakit pada telinga dan juga batuk yang tentunya sangat mengganggu penderita. Untuk mengatasi amandel secara alami, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bawang arab ini secara teratur sampai penyakit radang amandel bisa sembuh total selain juga bisa menggunakan manfaat bawang merah untuk mengatasi amandel.

  1. Mengobati Sakit Perut

Selain bisa menggunakan manfaat kunyit putih untuk menyembuhkan sakit perut, anda juga bisa mengkonsumsi bawang arab untuk mengatasi penyakit ini. Sakit perut yang sering juga dianggap dengan mulas atau melilit atau juga memiliki nama gastro oesophageal reflux yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian perut saja. Mulas yang dirasakan umumnya disebabkan karena ukuran perut yang semakin membesar dari bagian dalam sehingga mengurangi ruang gerak dalam perut. Sakit perut ini bisa diatasi dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi bawang arab secara teratur.

  1. Mengatasi Flu

Manfaat jahe saat flu juga bisa digantikan dengan mengkonsumsi bawang arab. Para masyarakat suku Dayak juga sering menggunakan bawang arab ini sebagai obat herbal menyembuhkan flu. Kandungan anti bakteri yang ada dalam bawang arab sangat baik untuk menghambat dan memberantas bakteri penyebab dari flu secara efektif dan terbilang cukup cepat.

  1. Menyembuhkan Hepatitis

Manfaat vaksin hepatitis B memang sangat penting dan harus didapatkan semenjak masih bayi. Berbagai jenis hebatitis atau sering juga disebut dengan penyakit kuning, bisa diatasi dengan mudah dengan mengkonsumsi bawang arab secara teratur sampai sembuh. Bawang arab tersebut akan bekerja secara baik dengan membuat lemah virus hepatitis tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dalam bawang arab ini juga mengandung vitamin C cukup tinggi yang apabila dikonsumsi secara teratur akan meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh secara alami. Jika tidak ingin mengkonsumsi bawang arab secara langsung, anda bisa mencampur bawang arab ini ke dalam masakan sehingga rasanya lebih sedap.


  1. Mencegah Tumor dan Kanker

dua penyakit ganas yakni tumor dan kanker juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi bawang arab. Bawang arab mengandung antioksidan tinggi dan juga memiliki kandungan naphtoquinones yang merupakan senyawa alami untuk mencegah dan menghambat sel tumor serta solusi kanker dalam tubuh manusia.

  1. Menghilangkan Bakteri Dalam Tubuh

Dalam bawang arab juga mengadung anti bakteri yang sangat bagus dikonsumsi untuk membunuh berbagai bakteri dalam tubuh yang merupakan sumber banyak macam penyakit. Kandungan anti bakteri aktiif dalam jenis bawang ini akan membersihkan berbagai bakteri dalam tubuh sehingga tubuh lebih bugar dan sehat serta terhindar dari berbagai bakteri penyebab penyakit.

Manfaat bawang arab yang sangat istimewa ini bisa anda dapatkan dengan cara mudah yakni dengan mengkonsumsinya secara teratur secara langsung atau juga bisa dicampur dengan berbagai macam masakan anda sehari hari.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran